Mengenal Decluttering dan Untuk Hidup yang Minimalis

08 Sep 2021 by Laruan

Rupanya masih banyak yang belum mengetahui tips melakukan decluttering. Decluttering berhubungan dengan konsep gaya hidup yang minimalis. Gaya hidup minimalis merupakan sebuah konsep di mana kamu menjalani hidup dengan barang yang sederhana dan sesedikit mungkin.

Gaya hidup minimalis menjadi perbincangan hangat dan banyak diterapkan saat ini. Beberapa orang meyakini bahwa gaya hidup yang minimalis dapat membuat kamu lebih percaya diri menjalani hari-hari. Ada banyak cara untuk melakukan gaya hidup minimalis salah satunya dengan menerapkan decluttering.

Konsep gaya hidup minimalis mulai menjadi viral di Indonesia berkat tersebarnya video Marie Kondo dengan metode Konmari. Selain itu, komedian kondang Raditya Dika juga mempopulerkan hidup minimalis. Keduanya memiliki cara yang sama yaitu dengan melakukan decluttering.

Banyak hal yang mendasari munculnya ide tentang gaya hidup minimalis Salah satunya yaitu terdapat pemikiran yang beranggapan bahwa hampir tiap orang mempunyai sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu mereka butuhkan.

Decluttering Dapat Membuat Kamu Merasakan Gaya Hidup Minimalis 

Sering kita jumpai bahwa orang tetap saja menyimpan barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu penting. Bahkan mungkin kamu melakukannya juga. Jika iya, kamu harus mencoba melakukan decluttering.

Padahal, jika dipikir kembali kamu sebenarnya bisa hidup tanpa hal tersebut.

Banyak orang yang tidak sadar bahwa rumah yang sesak dan penuh akan barang-barang dapat memberikan dampak negatif. Salah satunya yaitu menyebabkan stres.

Harus mulai menyingkirkan barang-barang yang tidak berguna

Ketika melakukan gaya hidup minimalis, sesuatu yang tidak terlalu kamu butuhkan perlu segera kamu ganti atau singkirkan dengan sesuatu yang lebih berguna. Namun, gaya hidup yang minimalis bukan hanya sekedar merapikan rumah dan menciptakan tempat tinggal yang rapi dan enak dilihat. Dengan menerapkan metode decluttering kamu dapat dengan mudah merapikan dan menyingkirkan barang-barang yang sekiranya tidak kamu butuhkan.

Gaya hidup minimalis juga mengharuskan kamu fokus untuk memberikan dampak yang baik kepada orang lain serta lingkungan sekitar. Inti dari menjalani gaya hidup yang minimalis yaitu tidak boros dan berlebihan sehingga hidup akan lebih simpel tapi tetap berkualitas.

Mengenal Decluttering dan Untuk Hidup yang Minimalis

Manfaat menerapkan gaya hidup minimalis

Tentu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menerapkan gaya hidup minimalis. Tak hanya dapat meningkatkan percaya diri, namun banyak manfaat yang lain yang bisa kamu terima.

Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menerapkan gaya hidup minimalis.

1. Tersedia ruangan untuk hal yang lebih penting

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, bahwa gaya hidup yang minimalis dapat mengurangi berbagai barang yang tidak terlalu kamu butuhkan.

Semisal, kamu mempunyai pakaian banyak hingga menumpuk. Nyatanya, banyak di antaranya tidak kamu pakai dan hanya sebagian yang benar-benar kamu gunakan sehari-hari.

Nah, dengan menerapkan gaya hidup minimalis kamu dapat mengurangi pakaian-pakaian yang sekiranya tidak akan kamu pakai lagi di masa depan.

Jika kamu melakukan hal tersebut, maka lemari yang sebelumnya mempunyai ruang yang sedikit akan menjadi lebih longgar. Dengan begitu, kamu dapat meletakkan barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan.

2. Beban pikiran menjadi berkurang

Kamu akan tidak terbebani lagi dengan pikiran dan merasa kehilangan sesuati. Hal tersebut disebabkan karena sekarang kamu mempunyai barang yang lebih sedikit.

Kamu juga akan lebih mudah dalam mengingat letak-letak barang karena sudah tersusun dengan rapi.

Dengan tata barang yang lebih rapi, kamu akan merasa lebih nyaman beraktivitas di rumah seperti mengerjakan pekerjaan sehingga dapat mengurangi beban pikiran.

3. Lebih berhemat

Perlu kamu catat bahwa gaya hidup minimalis bukan berarti biaya yang kamu keluarkan juga minimal.

Sebab, karena kamu hanya fokus pada barang yang mempunyai fungsi masikmal maka biaya yang kamu keluarkan lebih banyak.

Maka dari itu kamu akan lebih berhemat dan mengurangi pengeluaran dalam jangka panjang.

Tips Mudah Melakukan Decluttering untuk Gaya Hidup Minimalis

Secara bahasa, decluttering memiliki arti yaitu “merapikan”. Pengertian decluttering sendiri yaitu proses untuk menyingkirkan barang yang tidak diperlukan dan hanya menyimpan beberapa barang yang benar-benar diperlukan saja. Ada beberapa tips decluttering yang perlu kamu lakukan. Mengapa?

Sebelumnya pernahkah kamu merasa agak sumpek dan risih di rumah karena teralu banyak benda yang tidak penting? Nah, kamu bisa melakukan decluttering dengan menyimak tips decluttering yang baik dan benar.

Kegiatan decluttering tidak sama dengan kegiatan beres-beres sepeti yang biasa kamu lakukan. Kamu harus lebih pandai untuk menata ulang semua barang yang ada di rumah. Untuk melakukannya ada cara khusus serta tips decluttering yang biasanya digunakan.

Kamu harus bisa menentukan barang mana yang harus dismpan dan mana yang harus disingkirkan. Saat kamu hendak menyingkirkan barang, kamu bisa membuangnya atau diberikan ke orang lain yang membutuhkan.

Setelah mengetahui sedikit tentang apa itu decluttering, maka sekarang saatnya membahas bagaimana tips dan cara mudah melakukan decluttering.

Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan dalam decluttering.

1. Menentukan jenis-jenis dokumen yang dibutuhkan dengan cermat

Pertama, kamu harus memperhatikan dokumen mana saja yang kamu pilih dengan cermat dan teliti. Pindahkan dan simpan dokumen yang dirasa berharga yang masih kamu butuhkan.

Perlu diingat, jangan sampai dokumen dan surat-surat penting yang berceceran, terpisah, bahkan sampai terbuang.

2. Mulai merapikan kamar lebih dulu

Untuk melakukan decluttering, mulailah dengan membereskan ruangan kamar kamu sendiri. Sortir dan pilih barang-barang yang tidak terpakai dalam waktu yang lama untuk dibuang atau diberikan ke orang lain yang membutuhkan.

Kamu bisa menggunakan wadah untuk meletakkan benda-benda kecil seperti pulpen, kaca mata, gunting kuku, aksesoris dan lain-lain.

3. Memeriksa isi lemari dengan cermat dan teliti

Selanjutnya mulailah dengan barang-barang yang ada di lemari. Sortir dan singkirkan baju-baju yang sudah kamu tak ingin memakainya lagi.

Kamu bisa memisahkan isi lemari berdasarkan jenis pakaiannya. Lalu kelompokkan pakaian tersebut agar kamu bisa mengisi lemari khusus untuk pakaian dalam, pakain tidur, pakaian untuk bepergian, atau pakaian untuk santai.

4. Mulai merapikan isi dapur

Setelah selesai melakukan decluttering di kamar tidur, kamu bisa mulai mencoba merapikan isi dapur. Coba kamu cari bahan-bahan yang sekiranya sudah tersimpan lama dan sudah kadaluarsa.

Simpan barang-barang dapur di tempat yang mudah kamu jangkau. Sementara untuk barang yang jarang digunakan, simpanlah di tempat yang tertutup.

5. Menyingkirkan barang-barang yang tidak terpakai di kamar mandi

Mulai sortir barang-barang di kamar mandi seperti kemasan pasta gigi, sampo atau sabun.

Jangan lupa untuk bersihkan bagian cermin, lantai, dan kloset serta bagian lainnya di kamar mandi.

6. Mengosongkan isi laci yang tidak terpakai

Biasanya banyak laci tertutup jarang dibuka menyimpan banyak benda yang tidak terpakai. Sebaiknya kamu mulai kosongkan isi laci itu lalu isi dengan benda lain yang lebih bermanfaat seperti surat-surat atau benda kecil lainnya.

7. Membersihkan bagian rumah yang sulit dijangkau

Bagian rumah yang jarang ditempati atau sulit dijangkau biasanya dalam keaadan kotor dan penuh debu. Contohnya seperti bagian atas lemari, langit-langit rumah, dan lain-lain. 

Itulah beberapa tips dan cara mudah melakukan decluttering yang bisa kamu lakukan di rumah. Dengan melakukan decluttering kamu dapat merasakan gaya hidup yang lebih minimalis.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload