Tips Mengelola Dana Pinjaman Online Agar Tepat Sasaran

25 Feb 2019 by Edwin

Fintech yang menyediakan dana pinjaman online memang memiliki segudang manfaat.

Syarat untuk mendapatkan pinjaman dana online memang jauh lebih mudah dari sumber pinjaman lain. Namun, manfaat tersebut bisa saja jadi pisau bermata dua bagi pengguna dana pinjaman online. Pinjaman online yang cepat bisa membantu kebutuhan akan dana mendesak.

Meski demikian, Sobat Pintar sebagai peminjam nggak boleh gegabah dalam memanfaatkan kemudahan layanannya!

Salah-salah, uang pinjaman online yang harusnya untuk memenuhi kebutuhan mendesak malah digunakan untuk kebutuhan konsumtif.

Nih, bahaya menggunakan pinjaman online jika tidak berhati-hati dalam mengelola dana pinjamannya!

  • Kebutuhan yang ditargetkan tidak terpenuhi.
  • Gali lubang, tutup lubang.
  • Terjebak dalam lilitan hutang yang memberatkan.

Lalu, bagaimana cara mengelola dana pinjaman agar tepat sasaran?

Meminjam di fintech tepercaya

Sebelum meminjam uang di aplikasi fintech, ada satu hal yang wajib Sobat Pintar lakukan, yaitu memastikan kalau fintech yang digunakan bisa dipercaya.

Apa syarat fintech tepercaya?

Fintech tersebut harus sudah terdaftar di OJK. Hal ini menjamin legalitas layanan pinjaman online yang diberikan fintech tersebut.

Selain hal itu, syarat lain agar fintech bisa dipercaya adalah ketersediaan kontak yang bisa dihubungi.

Kontak tersebut bisa berupa nomor telepon kantor, nomor Customer Service, alamat kantor yang jelas, ataupun akun media sosial yang bisa jadi penghubung.

Ketersediaan kontak ini menjadi jaminan keamanan kalau Sobat Pintar sebagai pengguna fintech tersebut mengalami kendala selama menggunakan layanannya.

Pisahkan dana pinjaman dan budget pribadi

Sesudah menerima uang pinjaman, segera pisahkan dana pinjaman dan uang pribadi.

Tujuannya memisahkan dana ini untuk menghindarkan Sobat Pintar dari penyalahgunaan dana pinjaman untuk keperluan konsumtif lain.

Kalau misalnya uang pinjaman sudah dicampur dengan budget pribadi dan tidak lekas digunakan, bisa saja nanti lupa sudah mengajukan pinjaman.

Akhirnya, Sobat Pintar pun bisa telat bayar dan kena denda pinjaman.

Nggak mau kan bayar denda pinjaman?

Maka dari itu, setelah menerima uang pinjaman, segera gunakan aja pinjaman tersebut untuk memenuhi kebutuhan!

Buat rencana pengeluaran

Rencana pengeluaran dibuat sebagai pengingat agar Sobat Pintar menggunakan uang pinjaman sesuai rencana pinjaman di awal.

Buat serinci mungkin perencanaan alokasi dana pinjaman, serta ingat jumlah dana yang dipinjam. Perhatikan juga besar pinjaman pokok + bunga yang harus dibayarkan.

Setelah dana tersebut digunakan, catat pula laporan pengeluaran dari dana pinjaman tersebut.

Dengan begini, pengalokasian dana pinjaman dapat terpantau dengan baik dan bisa tepat sasaran.

Segera lunasi pinjaman

Jika sudah memiliki dana pengganti, Sobat Pintar tidak perlu menunggu hingga jatuh tempo pelunasan. Langsung lunasi pinjaman begitu mendapat uang untuk melunasinya!.

Alasannya, pelunasan sebelum jatuh tempo mengurangi risiko buruknya credit scoring yang bisa berdampak pada pengajuan pinjaman selanjutnya.

Selain itu, menunda pelunasan memperbesar risiko telat bahkan gagal bayar karena uang yang tersedia bisa saja digunakan untuk keperluan lain.

Dengan melunasi pinjaman sebelum jatuh tempo, pinjaman Sobat Pintar berikutnya akan lebih mudah disetujui. Bahkan bisa saja Sobat Pintar mendapat tambahan limit pinjaman karena riwayat pinjaman yang baik.

Dengan memanfaatkan pinjaman online secara bijak, Sobat Pintar dapat mencapai target keuangan yang diinginkan.

Nah, fintech yang bisa dipercaya untuk pinjaman di saat mendesak adalah Kredit Pintar!

Pinjaman online di Kredit Pintar mudah untuk didapatkan! Kamu hanya perlu download aplikasinya, isi data diri yang diminta, lalu pinjaman bisa cair ke rekeningmu dalam hitungan jam.

Yuk, buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman.

[su_button url=”https://kp.onelink.me/o4cz/blog” target=”blank” style=”flat” background=”#79c143″ size=”8″ text_shadow=”3px 2px 3px #000000″]Pinjam Sekarang![/su_button]