Memperkecil Ukuran Video dengan 5 Cara

10 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 13 Dec 2021

Memperkecil ukuran video bisa dilakukan dengan lebih mudah berkat perkembangan teknologi. Hasil dari perkembangan dan kemajuan teknologi sangat bervariasi. Salah satunya adalah hadirnya aplikasi kompres video yang berguna untuk mengurangi ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya.

Dulu, video yang ukurannya diperkecil biasanya akan menghasilkan video yang kualitasnya juga berkurang. Hasil videonya jadi tampak buram dan tidak jelas. Tapi sekarang Anda bisa memperkecil ukuran berbagai video tanpa khawatir kualitasnya juga akan berkurang.

Teknologi untuk Memperkecil Ukuran Video dengan Mudah

Segala sesuatu yang berkaitan dengan video selalu berhubungan dengan aplikasi. Mulai dari pengambilan video, pengeditan video, hingga pengompresan video agar ukurannya menjadi lebih kecil, semuanya membutuhkan aplikasi khusus.

Baca juga: Portofolio Saham, Pengertian Hingga Cara Membacanya

Untuk mengkompres video sehingga ukurannya mengecil dan lebih mudah untuk dikirimkan ke orang lain, ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan. Beberapa pilihan aplikasi terbaik untuk mengecilkan ukuran video antara lain:

Movie Maker

Aplikasi yang satu ini merupakan pilihan terbaik dan paling sederhana untuk para pemula yang belum terlalu memahami dunia edit video profesional. Aplikasi Movie Maker adalah aplikasi bawaan untuk PC yang bisa ditemukan di sistem operasi Microsoft Windows.

Jadi aplikasi untuk memperkecil ukuran video yang satu ini hanya bisa digunakan di laptop atau PC yang sistem operasinya Windows. Selain untuk mengkompres ukuran video, Movie Maker juga menyediakan beberapa alat pengeditan yang lainnya.

Beberapa alat yang terdapat di aplikasi video editor ini antara lain input file audio, trim atau memotong video, dan berbagai efek yang bisa diterapkan ke video.

YouCut

Kalau Anda lebih suka mengedit video di smartphone atau tidak mempunyai perangkat komputer untuk mengedit video, pertimbangkan aplikasi video editor smartphone yang bernama YouCut. Aplikasi ini bisa digunakan di perangkat Android secara gratis.

Cara memperkecil ukuran video dengan menggunakan aplikasi YouCut tidak terlalu rumit. Cukup ikuti langkah-langkah ini.

  • Download aplikasi YouCut dari Play Store, lalu pasang dan jalankan aplikasinya untuk mulai mengkompres ukuran video.
  • Tap pada ikon + yang terdapat di halaman utama aplikasi YouCut lalu cari video yang akan dikecilkan ukurannya.
  • Video tersebut akan muncul di layar utama, lengkap dengan berbagai alat editing yang berguna. Anda bisa mengedit dan mengecilkan ukuran video dengan satu aplikasi saja.
  • Setelah mengedit video, tap tombol Simpan lalu pilih salah satu kualitas video atau resolusi video yang sesuai dengan keinginan Anda. Berikutnya tap tombol Kompres.
  • Tunggu sampai aplikasi YouCut selesai melakukan proses kompresi pada video kemudian simpan video tersebut ke galeri Anda.

Aplikasi untuk memperkecil ukuran video buatan InShot, Inc. ini berukuran cukup besar, yaitu 49 MB. Siapkan ruang penyimpanan yang cukup dan gunakan Android 5.0 atau perangkat lain yang versi Androidnya lebih tinggi agar aplikasi YouCut bisa berjalan dengan optimal.

Timbre

Aplikasi lain yang bisa Anda temukan di Play Store dan dirancang untuk mengedit video adalah Timbre. Ukuran aplikasi ini lebih besar daripada YouCut, yaitu 124 MB sehingga mengharuskan penyimpanan yang lebih besar. Selain itu, Timbre hanya bisa digunakan di HP dengan versi minimal Android 7.0.

Timbre mampu memperkecil ukuran video tanpa membuat kualitas video menurun atau berkurang. Cara menggunakan aplikasi ini juga cukup sederhana. Ikuti beberapa langkah yang ada di bawah untuk mengecilkan ukuran video menggunakan aplikasi Timbre.

  • Pasang aplikasi Timbre di perangkat Android yang akan Anda pakai untuk mengedit dan mengecilkan ukuran video. Setelah aplikasi berhasil terpasang, jalankan aplikasinya.
  • Kemudian pilih video yang akan di edit lalu pilih menu Resize di antara menu yang lain. Menu Resize memungkinkan Anda untuk mengubah resolusi video sesuai dengan keinginan Anda.
  • Berikutnya, tap pada pilihan Export Options dan tentukan lokasi penyimpanan video yang sudah selesai diedit. Bisa juga mengubah nama video sehingga nantinya Anda bisa menemukan video yang sudah diedit dengan lebih mudah.
  • Langkah berikutnya dalam memperkecil ukuran video adalah mengetuk tombol merah yang muncul di aplikasi Timbre untuk memulai proses kompres video.
  • Jika muncul pop up yang menginformasikan perubahan resolusi pada video, tap tombol Save sehingga proses kompres video bisa segera dilanjutkan.

Tiga aplikasi diatas dirancang untuk mempermudah pengguna smartphone dan komputer dalam mengedit berbagai file video dan mengubah ukurannya tanpa membuat kualitasnya menurun. Selain menggunakan aplikasi, Anda juga bisa mengecilkan video secara online tanpa memakai aplikasi.

Baca juga: Ketahui Kontrak Kerja Untuk Hak dan Kewajibanmu

Situs Web untuk Memperkecil Ukuran Video Secara Online

Jika Anda tidak tertarik untuk memasang aplikasi khusus yang berguna untuk mengedit dan mengecilkan ukuran video, pertimbangkan untuk mengakses beberapa situs web yang bisa dipakai untuk mengkompres ukuran video secara online.

Yang Anda perlukan untuk mengakses situs web tersebut adalah aplikasi web browser seperti Google Chrome atau web browser bawaan yang sudah ada di perangkat Anda. Beberapa pilihan situs web untuk edit video secara online antara lain:

Aconvert.com

Situs web yang pertama ini menawarkan layanan untuk mengkompres video dan berbagai layanan lain seperti konversi audio, dokumen, foto, ikon, ebook, dan sebagainya. Cara menggunakan situs web ini sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Kunjungi situs web Aconvert.com/video di salah satu aplikasi web browser yang terpasang di perangkat Anda. Lalu browse salah satu file video yang akan diperkecil ukurannya.
  • Cara memperkecil ukuran video berikutnya adalah mengklik kolom Options dan memilih pilihan Change size, bitrate or frame rate.
  • Tentukan ukuran video yang Anda kehendaki, ubah video bitrate dan frame rate serta video aspect sesuai dengan keinginan Anda.
  • Klik tombol Now, kemudian tunggu sampai proses kompres yang dilakukan oleh Aconvert.com selesai sepenuhnya. Kemudian klik Save sehingga video akan tersimpan ke penyimpanan perangkat Anda.

VideoSmaller.com

Situs web lain yang dirancang untuk membantu mengecilkan ukuran video adalah VideoSmaller.com yang mempunyai tampilan sederhana dan mudah dipahami. Halaman berandanya menampilkan berbagai fitur yang tersedia di situs web tersebut.

Selain memperkecil ukuran video, situs web VideoSmaller.com juga bisa digunakan untuk menghilangkan audio atau suara dari file video yang Anda unggah.

Gunakan Aplikasi Berbayar untuk Hasil Maksimal

Berbagai aplikasi dan situs web yang disebutkan diatas bisa diakses dan digunakan secara gratis. Beberapa aplikasi lainnya mengharuskan Anda untuk membayar biaya berlangganan agar bisa mengakses semua fitur premium dan menghasilkan video yang lebih berkualitas.

Anda pasti ingin video yang Anda ambil terlihat profesional dan tidak buram. Tidak ada salahnya untuk mengedit video dengan menggunakan aplikasi berbayar. Sebelum berlangganan aplikasi edit video berbayar, siapkan dana yang diperlukan dengan menggunakan aplikasi Kredit Pintar.

Kredit Pintar adalah solusi dana cepat yang bisa diandalkan setiap kali Anda perlu memenuhi berbagai kebutuhan,  seperti membeli aplikasi untuk memperkecil ukuran video.

Baca juga: Cara Membuat Cover Laporan Keuangan yang Menarik

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
13 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download