Cara Melihat Masjid Terdekat Melalui Google Maps

03 Nov 2021 by Laruan

Google Maps adalah alat yang sangat serbaguna yang membuat kamu menemukan jalan dari titik A ke titik B dengan mudah, tepat dan cepat. Selain itu, Google Maps juga menunjukkan keadaan lalu lintas, kemudian memberikan rekomendasi rute tercepat untuk mencapai tujuan kamu. Disini kita akan membahas cara melihat masjid terdekat dengan google maps

Cara Melihat Masjid Terdekat Melalui Google Maps

Aplikasi Google ini juga bisa kamu gunakan untuk mencari lokasi yang spesifik, seperti nama jalan atau nama tempat. Dan yang jauh lebih berguna lagi, kamu bisa menggunakan Google Maps untuk mencari berbagai tempat umum didekatmu. Misalnya kamu bepergian ke kota baru yang tidak kamu kenal. Kamu bisa menggunakan pencarian Google Maps untuk melihat semua masjid terdekat yang ada di dalam radius pencarian kamu.

Penasaran caranya? Yuk, simak di bawah ini!

Keunggulan dan Kekurangan Google Maps

Sangat mudah untuk menerima rekomendasi rute Google Maps begitu saja. Dengan menggunakan program ini, kamu pasti bisa menemukan jalan ke tujuan tanpa kesulitan. Namun, selain banyak manfaat Google Maps, kamu harus menyadari keterbatasan akurasi dan masalah kontennya.

Keunggulan Google Maps

  1. Kekayaan Informasi

Google Maps menyediakan tata letak jalan, lokasi kota dan isinya, batas negara, fitur geografis, ulasan restoran, dan citra satelit. Google menyediakan perspektif Street View yang memungkinkan kamu untuk melihat rumah, etalase, dan tempat menarik dari sudut pandang pertama. Selain itu, Google Maps juga bisa menunjukkan tata letak ruangan dari beberapa bandara, museum, dan fasilitas lainnya.

  1. Saling Berbagi

Kamu bisa membagikan rute dan lokasi di Google Maps dengan keluarga, teman, dan kontak yang lain, yang membuat pertemuan lebih mudah direncanakan dan dikoordinasikan. Kamu bisa menampilkan informasi Google Maps di email dan halaman website. Dan tak lupa, kamu bisa berbagi peta melalui akun Google atau Facebook.

  1. Pilihan Moda Transportasi

Google Maps memberimu petunjuk arah untuk perjalanan dengan mobil, sepeda, berjalan kaki, atau transportasi umum. Aplikasi ini memiliki jadwal bus dan kereta lokal untuk banyak kota, termasuk nomor bus dan halte serta titik transfer. Untuk perjalanan yang lebih lama, Google Maps memberikan informasi maskapai penerbangan termasuk harga tiket dan operator yang melayani tujuan kamu.

Kekurangan Google Maps

  1. Akurasi yang Terbatas

Informasi di Google Maps memiliki kemungkinan untuk salah. Terkadang, ambiguitas dan kekurangan dalam data lokasi bisa merekomendasikan rute yang salam. Google Maps tidak memiliki informasi terkini tentang kondisi yang tidak biasa, seperti jalan yang rusak karena cuaca, terhalang oleh acara, atau diubah oleh pekerjaan konstruksi. Beberapa lokasi terpencil mungkin tidak ada di Google Maps. 

  1. Digunakan oleh Kriminal

Kenyamanan yang diberikan oleh Google Maps juga digunakan oleh banyak pencuri. Gambar Street View bisa melihat barang-barang yang terekspos sesaat melalui jendela atau pintu yang terbuka. Pencuri telah menggunakan fitur ini dan citra satelit sebagai cara melihat lingkungan atau rumah yang mudah dibobol, atau untuk mengidentifikasi mobil yang diparkir yang mungkin berisi barang-barang mahal.

  1. Konten Ofensif dan Mengejutkan

Informasi tambahan yang disediakan Google Maps, termasuk gambar dan materi Street View dari publik, terkadang memiliki konten yang harus dihapus oleh Google. Kamera Street View, misalnya, terkadang menangkap gambar perilaku kriminal saat melewati jalan pedesaan dan lingkungan sekitar. Gambar yang mengganggu dan komentar dan referensi publik yang tidak pantas dan bahkan rasis bisa muncul di bagian ulasan.

Fungsi Google Maps yang Jarang Diketahui

  1. Menemukan arah dengan satu klik 

Kamu tidak perlu memasukkan alamat atau nama tempat yang spesifik di Google Maps. Kamu cukup memasukkan jenis tempat yang ingin kamu cari atau bahkan cukup klik area yang ingin kamu jelajahi. Dengan otomatis, Google Maps akan memberikan daftar rekomendasi tempat-tempat yang sesuai dengan keinginanmu.

  1. Pandangan dari Atas

Google Maps bisa menampilkan perpaduan sempurna antara Street View dan citra satelit. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk melihat peta dengan gambar yang jelas dari atas. Tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, kamu bisa terbang ke belahan dunia manapun yang kamu mau. Bahkan, zoom dari fitur ini sangat jelas hingga kamu bisa membaca petunjuk jalan yang ada. 

  1. Riwayat Peta

Kunjungi https://history.google.com/history/ untuk melihat riwayat pencarian Google Maps kamu, atau bahkan menghapus beberapa atau semua pencarian yang pernah kamu lakukan. 

  1. Buat Peta Google Pribadi 

Masuk ke “Peta Saya” melalui tautan https://www.google.com/maps/d/splash?app=mp, dan kamu bisa membuat peta khusus dengan informasi yang kamu butuhkan. Kamu bisa menambahkan titik-titik lokasi dengan kartu info, menyoroti atau membuat petunjuk arah berjalan atau mengemudi yang disesuaikan dengan keinginan kamu. 

Lalu, kamu bisa membagikan atau mengundang orang lain untuk mengedit peta yang baru kamu buat dengan mengklik tombol “Bagikan” di sudut kanan atas.

  1. Mengukur Jarak

Dengan menggunakan klik kanan untuk mendapatkan petunjuk arah ke lokasi, kamu bisa menghitung jarak antara dua titik mana pun di dunia. Pin pertama akan jatuh di lokasi yang dipilih dengan klik kanan. Lalu, dengan memilih lokasi kedua, garis tebal hitam akan muncul dan jarak langsung antara kedua titik tersebut akan dihitung. Kamu juga bisa menambah atau memindahkan titik sesuai dengan kebutuhan. 

Cara Menemukan Masjid Terdekat 

Kamu bisa mencari masjid terdekat dan menemukan jam operasional, nomor telepon, dan informasi lainnya. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah cara melihat masjid terdekat dengan menggunakan fitur pencarian Google Maps di telepon genggam kamu.

  1. Pertama, buka aplikasi Google Maps di telepon genggam
  2. Ketik “masjid” di pencarian
  3. Semua pin masjid terdekat yang ada di dalam radius pencarian akan muncul 
  4. Klik pin yang kamu inginkan untuk mendapatkan informasi mengenai masjid tersebut, seperti nama, jarak dan jam operasional
  5. Setelah itu, kamu bisa memilih tombol “Direksi” untuk petunjuk menuju ke masjid tersebut
  6. Nah, kamu juga bisa mengirimkan informasi mengenai masjid tersebut pada kontak yang kamu miliki melalui tombol “Bagikan”  
  7. Selain itu, kamu juga bisa memberikan ulasan mengenai masjid tersebut, sehingga pengguna lain mengetahui keadaan masjid tersebut
  8. Terakhir, kamu bisa menyimpan detail mengenai masjid yang kamu pilih, sehingga kamu tidak perlu repot mencarinya lagi di masa depan

Nah, cara melihat masjid terdekat dari lokasi kamu dengan menggunakan Google Maps sangat mudah dan praktis bukan? Jangan lupa untuk mencoba fitur-fitur Google Maps lainnya.  Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload