Manfaat Teh Bunga Telang dan Cara Membuatnya

24 Jun 2021 by Laruan
Manfaat Teh Bunga Telang dan Cara Membuatnya

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan, dimulai dari istirahat yang cukup, berolahraga, hingga pola makan dan minum yang sehat. Ada beberapa minuman herbal yang mempunyai beragam manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu minuman herbal yang penting untuk dikonsumsi adalah teh bunga telang. Yuk cari tahu di sini manfaat teh bunga telang dan cara membuatnya!

1. Membantu Meringankan Gejala Depresi

Teh yang terbuat dari bunga telang mempunyai kandungan aktif berupa senyawa phytocomp yang berasal dari senyawa etanol. Ada pun berbagai senyawa penting lainnya yaitu asam palmitat dan juga asam linolenat. Kandungan-kandungan aktif tersebut diketahui bermanfaat dalam membantu meringankan gangguan depresi.

Asam lemak berupa omega 3 esensial yang terdapat di dalam asam linolenat dapat berfungsi untuk mengendalikan tingkat kolesterol yang ada di dalam darah. Selain itu, asam linolenat mempunyai fungsi untuk perlindungan sistem saraf pusat dari risiko kerusakan atau yang sering disebut dengan fungsi neuroprotektif.

Sedangkan asam palmitat yang juga senyawa bermanfaat dalam bunga telang mempunyai karakter yang hampir mirip pula dengan linolenat. Asam palmitat mempunyai fungsi sebagai antioksidan atau penangkal radikal yang dapat berfungsi sebagai antidepresan.

2. Meningkatkan Kualitas Daya Ingat

Manfaat teh bunga telang yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan kualitas daya ingat. Bunga telang diketahui mempunyai kandungan asetilkolin. Kadar asetilkolin mempunyai fungsi neurotransmitter yang berperan sebagai zat penghantar yang penting untuk mengolah suatu hal baru atau mengingat akan sesuatu.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Bunga telang juga dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan berbagai organ penting di dalam tubuh. Salah satunya yaitu jantung. Bunga telang merupakan herbal yang aktif dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah, atau yang disebut dengan hyperlipidemia. Karena kadar kolesterol dalam darah berada pada kadar yang normal, maka tentu saja kerja jantung akan lebih ringan.

Tidak hanya kolesterol, kadar trigliserida dalam tubuh juga dapat diturunkan dengan mengonsumsi teh bunga telang secara rutin. Dengan demikian kesehatan jantung Sobat Pintar bisa lebih terjaga. Apalagi bunga telang juga dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh. Meminum teh bunga telang secara rutin dan pada kadar yang cukup dapat mencegah Sobat Pintar dari risiko terkena komplikasi bahkan penyakit fatal seperti stroke.

4. Menurunkan Diabetes

Selain menjaga kesehatan jantung, bagi Sobat Pintar yang memiliki keluhan diabetes atau gula darah tinggi juga dapat terbantu dengan rutin meminum teh bunga telang. Bunga telang mampu mengendalikan tingkat penyerapan kadar gula di dalam darah sehingga gula darah yang terserap di dalam tubuh bisa berada pada kadar normal dan stabil. 

5. Mengatasi Keluhan Radang

Manfaat lainnya dari konsumsi minuman herbal yang satu ini adalah dapat mengatasi keluhan peradangan. Di dalam setiap helai bunga telang terdapat kandungan asam oleat sekitar 51% hingga 52%. Asam lemak jenis oleat ini pada umumnya biasa ditemukan pada minyak zaitun. Dengan adanya kandungan asam oleat, maka tidak heran jika bunga telang dapat mengurangi peradangan bahkan mencegah risiko terjadinya kanker di dalam tubuh.

6. Mengurangi Mengurangi Asma

Dengan kandungan antioksidan di dalam bunga telang, penyakit asma dapat diredakan. Antioksidan menjadi senyawa yang sangat penting karena sifat protektifnya terhadap sel-sel di dalam tubuh agar selalu sehat. Kandungan antioksidan tersebut ditemukan pada ekstrak metanol yang terkandung pada setiap helai bunga telang. Bunga telang juga diketahui dapat mengatasi penyakit bronchitis karena juga berfungsi sebagai antiasthmatic.

7. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat teh bunga telang yang selanjutnya adalah untuk membantu mempercepat penyembuhan luka. Setiap biji bunga telang mengandung senyawa baik flavonol glikosida dan senyawa fenolik pada setiap helai bunganya. Senyawa flavonol glikosida maupun fenolik tersebut sangat baik dalam membantu regenerasi saraf dan percepatan pemulihan luka.

8. Mengurangi Keluhan Rambut Rontok

Bagi Sobat Pintar yang memiliki masalah atau keluhan rambut yang sering rontok, maka mengonsumsi minuman bunga telang dapat menjadi salah satu solusinya. Rambut yang sering rontok disebabkan oleh kulit kepala yang mulai mengalami tanda penuaan yang ditandai dengan peristiwa glikasi atau rusaknya protein yang ada pada kulit.

Bunga telang memiliki sifat anti glikasi sehingga dapat menghambat terjadinya glikasi sehingga kulit Sobat Pintar akan tampak lebih awet muda. Bunga telang juga mengandung senyawa flavonoid yang mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Kolagen berperan dalam menjaga tingkat elastisitas kulit sehingga risiko keriput pun dapat dihindari.

Dengan sifat anti glikasi dan fungsi meningkatkan kadar kolagen di dalam tubuh, tidak heran apabila bunga telang sangat efektif dalam memperkuat sel-sel rambut dan juga menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari risiko penuaan dini. Bunga telang juga dapat memberikan hidrasi yang optimal terhadap setiap sel pada kulit sehingga kulit Sobat Pintar bisa tampak lebih lembab dan terhindar dari risiko kulit kering yang dapat memicu terjadinya keriput.

Cara Membuat Teh Bunga Telang

Cara Membuat Teh Bunga Telang

Setelah mengetahui apa saja manfaat dari mengonsumsi teh bunga telang, Sobat Pintar juga perlu mengetahui bagaimana cara membuat teh bunga telang yang benar agar khasiat yang dikandungnya dapat diserap tubuh dengan baik. Pembuatan teh dari bunga telang terbilang sangat mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Pertama, Sobat Pintar membutuhkan 10 buah kelopak bunga telang. Bebas untuk memilih apakah kelopak bunga telang tersebut dalam kondisi yang sudah dikeringkan maupun dalam kondisi yang masih segar baru dipetik. Rendam 10 buah kelopak bunga telang tersebut di dalam satu cangkir air yang panas. Diamkan rendaman tersebut selama kurang lebihnya 15 menit.

Setelah 15 menit, periksa warna bunga di dalam rendaman tersebut. Apabila warna birunya sudah hilang, maka buanglah kelopak bunga tersebut dan lakukan penyaringan. Biasanya jika warna bunga sudah hilang maka air rendaman akan berubah warna menjadi biru campur keunguan. Setelah disaring dengan bersih, air rendaman tersebut bisa langsung diminum.

Sobat Pintar bisa memberikan tambahan lain agar teh bunga telang tersebut memiliki rasa yang lebih lezat. Cara membuat teh bunga telang di atas merupakan cara dasar yang bisa Sobat Pintar lakukan modifikasi secukupnya. Misalnya dengan mencampurnya dengan serai yang sudah dikeringkan. Atau menambah jeruk nipis agar rasanya menjadi asam manis.

Apabila Sobat Pintar memiliki alergi tertentu atau tidak dapat mengkonsumsi herbal secara sembarangan, Sobat Pintar bisa terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter yang Sobat Pintar percaya. Konsumsi ramuan bunga telang secara secukupnya dan rutin. Minum sehari sekali agar tidak berlebihan karena minum herbal secara berlebihan juga tidak akan memberikan manfaat secara maksimal di dalam tubuh. Demikianlah berbagai manfaat teh bunga telang dan cara membuat ramuannya secara tepat. Iringi pula dengan pola hidup sehat untuk memperoleh manfaat yang lebih optimal!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload