Manfaat Kacang Almond Menyehatkan

16 Jul 2021 by Laruan

Kacang almond sebenarnya berasal dari biji buah almond, dalam bahasa latin disebut Prunus Dulcis. Ketika buah almond matang, daging buahnya akan dibuang. Bagian kecil di dalam buah almond yang kemudian diambil untuk dikonsumsi dan disebut sebagai kacang almond. 

Kacang Almond

Kacang almond sangat kaya kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dalam 1 gram kacang almond terkandung 579 kalori, 21,15 gram protein, 12,5 gram serat, 269 mg kalsium, 270 mg magnesium. Selain itu, kacang almond juga kaya akan vitamin E, vitamin B kompleks, omega 9, omega 6, omega 3, asam amino esensial dan antioksidan.

Setelah mengetahui jenis kacang almond dan kandungan nutrisinya. Mari kita bahas manfaat kacang almond untuk kesehatan dan kecantikan!

  1. Bermanfaat Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat (LDL)

Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh yaitu LDL (low-density lipoprotein) dan  HDL (high-density lipoprotein). Keduanya sama-sama dibutuhkan tubuh dalam jumlah cukup. LDL  berfungsi membawa kolesterol dari hati dan menyalurkannya ke sel-sel tubuh.  HDL bekerja dengan mengembalikan kadar kolesterol berlebih ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh Sobat Pintar. 

LDL (low-density lipoprotein) disebut juga sebagai kolesterol jahat karena bisa berbahaya jika menumpuk dalam tubuh. LDL yang berlebihan menyebabkan pengendapan pada dinding pembuluh darah sehingga pembuluh darah tersumbat dan menyebabkan penyakit. Maka dari itu, pilihan asupan makanan sehat sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Kandungan omega 3, serat alami dan vitamin E pada kacang almond efektif dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Nutrisi pada kacang almond aktif membantu kinerja HDL untuk menstabilkan kadar kolesterol. Rutin konsumsi kacang almond dan jalani pola hidup sehat sangat baik untuk penderita kolesterol tinggi. 

  1. Membantu Program Diet Sehat

Ketika menjalani program diet sehat, Sobat Pintar perlu memilih asupan makanan dengan cermat. Jumlah kalori yang dikeluarkan oleh tubuh dan kalori yang masuk harus seimbang. Diet sehat tidak hanya fokus dalam penurunan berat badan, tetapi juga menjaga asupan gizi dan vitamin yang cukup. 

Kacang almond bisa menjadi pilihan camilan saat Sobat Pintar diet. Kandungan serat dan protein yang tinggi pada kacang almond berguna agar Sobat Pintar tetap merasa kenyang. Keungglan kacang almond ketika diet berperan dalam melancarkan metabolisme. Metabolisme tubuh yang optimal sejalan dengan proses pembakaran lemak dan mencegah penimbunan gula.

  1. Kacang Almond Bantu Menjaga Stamina Ibu Hamil dan Menyusui

Kacang almond kaya akan protein, mineral dan vitamin yang dibutuhkan saat masa kehamilan dan menyusui.  Protein penting dalam proses pembentukan energi. Selama masa kehamilan dan menyusui pembentukan energi harus optimal agar stamina terjaga dan tidak mudah lemas. 

Ibu hamil dan menyusui cenderung mudah lapar, tetapi tidak bisa memilih makanan sembarangan. Kacang almond bisa menjadi menu ideal untuk mengatasi rasa lapar tanpa takut kelebihan kalori. Kacang almond sangat kaya manfaat. Keungglan kacang almond untuk ibu hamil bisa didapat dengan menjadikannya camilan atau diolah menjadi susu almond.

Kacang almond juga memberikan manfaat pada bayi dalam kandungan. Kacang almond berperan dalam mengoptimalkan perkembangan otak dan tulang bayi karena kaya asam folat dan zat besi.  Selain itu, antioksidan dan vitamin pada kacang almond membantu menjaga daya tahan ibu dan bayi. 

  1. Menjaga Kadar Gula Darah Penderita Diabetes

Diabetes tipe 2 adalah kondisi di mana tubuh memiliki kadar gula darah di atas normal. Tingginya kadar gula darah disebabkan hormon insulin tidak bekerja dengan baik dalam mengubah gula menjadi energi. Penyakit diabetes tipe 2 biasa dialami orang dewasa dan lansia, namun studi terbaru menyatakan diabetes tipe 2 bisa menyerang remaja dan anak-anak.

Penderita diabetes membutuhkan asupan makanan yang dapat mengontrol gula darah, contohnya kacang almond. Dalam kacang almond terkandung lemak tak jenuh, serat dan mineral yang penting dalam penyerapan glukosa. Magnesium salah satu kandungan nutrisi pada kacang almond yang berfungsi menstabilkan kadar gula darah. 

  1. Menjaga Kesehatan Tulang Dengan Konsumsi Kacang Almond

Kalsium biasa ditemukan pada kandungan susu dan daging. Kacang almond adalah sumber kalsium alami dari tumbuhan. Selain kalsium, kacang almond juga mengandung nutrisi lengkap untuk menjaga kesehatan tulang. Kacang almond kaya akan magnesium, mangan dan potasium yang bermanfaat menjaga kepadatan tulang. 

Tulang yang padat dan kuat akan menurunkan risiko pengeroposan tulang. Susu kacang almond bisa menjadi variasi untuk mendapatkan asupan nutrisi yang baik bagi tulang Sobat Pintar. Susu kacang almond juga cocok dikonsumsi oleh vegetarian sebagai sumber kalsium dan vitamin. 

  1. Menjaga Kecantikan Kulit

Tidak sedikit produk perawatan kulit yang menggunakan ekstrak kacang almond dalam pembuatannya. Manfaat kacang almond untuk kecantikan kulit tidak diragukan lagi. Dalam kacang almond terdapat kandungan antioksidan dan vitamin E yang tinggi dan bermanfaat dalam menjaga kecantikan alami kulit. 

Antioksidan berperan dalam menjaga lapisan kulit dari serangan polusi, sengatan matahari dan radikal bebas. Sedangkan vitamin E berperan dalam menutrisi kulit agar tetap lembab dan cerah alami. Khasiat kacang almond tidak hanya baik untuk kulit wajah, tapi juga untuk seluruh tubuh. 

Buatlah masker dan lulur dengan campuran almond bubuk atau susu almond untuk menjaga keremajaan dan kecantikan kulit Sobat Pintar. Selain itu, Sobat Pintar bisa menutrisi kulit dari dalam dengan mengkonsumsi kacang almond secara rutin. 

  1. Menjaga Kecantikan Rambut

Tidak hanya menjaga kecantikan kulit, kacang almond juga membantu menjaga kecantikan rambut. Rambut yang sehat, berkilau, lembut, bebas rontok dan tidak berketombe pasti diinginkan setiap orang. Salah satu manfaat kacang almond adalah menjaga kecantikan dan kesehatan rambut. 

Pada beberapa minyak rambut atau shampo khusus bayi banyak menggunakan kacang almond sebagai bahan utamanya. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan. Kandungan omega 9, antioksidan, vitamin A, E, B1, B2 dan B6 pada kacang almond berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut. 

Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan cantik Sobat Pintar bisa gunakan minyak almond. Minyak almond kaya akan emolien yang sangat aman digunakan siapa pun termasuk bayi. Emolien inilah yang berguna dalam melembabkan, melebatkan rambut, menutrisi kulit kepala kering dan atasi ketombe.  

Sobat Pintar perlu tahu jenis kacang almond yang bisa dikonsumsi. Ada dua jenis kacang almond, yaitu jenis yang manis dan pahit. Jenis kacang almond manis yang bisa dikonsumsi dan diolah dalam makanan. Kacang almond pahit diambil ekstraknya untuk membuat penyedap makanan dan minyak. Sobat Pintar bisa mengkonsumsi kacang almond panggang untuk mendapatkan manfaat kacang almond untuk kesehatan. Caranya yaitu panggang kacang almond dalam oven dengan panas 176 derajat celcius, selama kurang lebih sepuluh menit. Selain dimakan langsung, kacang almond cocok dijadikan campuran oatmeal atau topping smoothie dan salad buah.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload