Cara Membuat Tongseng Kambing Empuk Dan Tidak Bau

17 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 03 Feb 2022

Walaupun kamu pecinta masakan daging-dagingan seperti kambing dan kambing, bukan berarti kamu termasuk yang suka memasak sendiri di rumah. Karena mengolah daging sate, gule, tongseng dan lain-lain itu susah-susah gampang. Okay kali ini admin akan berbagi cara membuat tongseng kambing empuk dan tidak bau. Barangkali bisa kamu praktekkan di rumah, apalagi ketika hari Idul Adha biasanya stok daging melimpah.

Sebelum kita bahas cara membuat tongseng kambing, kamu harus tahu dulu tips-tips menghilangkan bau kambing. Supaya tongseng kamu enak dan sedap untuk di makan.

Untuk menghindari bau kambing yang masih melekat di daging kamu bisa coba beberapa langkah berikut ini:

Tips Menghilangkan Bau Kambing Pada Daging

Seperti yang admin sebelumnya sebelum masuk ke pembahasan cara membuat tongseng kambing yang enak, kamu harus tahu cara menghilangkan baunya. Ada 10 tips menghilangkan bau kambing yang admin rangkum pada artikel ini. Kamu bisa mencoba salah satunya:

1. Hilangkan Lemak

Tips menghilangkan bau kambing yang pertama adalah menyingkirkan/memisahkan lemak yang menempel pada daging. Karena salah satu asal bau kambing berada di lapisan-lapisan lemak tersebut.

Buanglah lemak-lemak berlebih yang menempel di daging dengan menggunakan pisau kecil. Sebelum kamu mengirisnya dinginkan dulu dagingnya di freezer supaya lebih mudah untuk memisahkan daging dan lemak karena dalam kondisi beku.

2. Jangan Dicuci

Tekstur daging kambing berbeda dengan daging lainnya. Kalau daging sapi sebelum dimasak dicuci bersih terlebih dahulu.

Tapi kalau daging kambing akan menjadi alot dan bau kambingnya semakin tajam jika terkena air. Sebaiknya kamu langsung rebus dagingnya baru kamu buang airnya setelah direbus.

Jadi tips menghilangkan bau kambing ke dua adalah jangan mencuci daging sebelum dimasak.

3. Rebus Dengan Rempah-Rempah

Kamu bisa mencuci daging kambing terlebih dahulu untuk membersihkan dari kotoran-kotorannya. Tapi saran admin setelah itu kamu rebus dengan rempah-rempah seperti jahe, serai dan daun jeruk untuk menetralisir bau kambing yang menyengat. Selain itu rempah-rempah juga menjadikan masakan semakin sedap.

4. Taburi Garam

Jika kamu dapat daging kambing yang sudah dicuci sebelumnya. Kamu taburi garam sebagai penetralisirnya. Baluri garam ke semua bagian daging. Diamkan beberapa saat lalu cuci kembali dangingnya sebelum kamu mengolahnya.

5. Gunakan Buah Pir

Tips menghilangkan bau kambing berikutnya adalah baluri daging kambing dengan parutan buah Pir. Di Eropa sudah menjadi hal umum buah Pir digunakan untuk membaluri daging supaya menghilangkan baunya.

6. Baluri Parutan Nanas

Tips menghilangkan bau kambing yang satu ini sudah sangat umum dipakai oleh banyak orang. Yaitu dengan membaluri daging kambing dengan parutan nanas.

Efek getah nanas sangat bermanfaat untuk melunakkan alotnya daging kambing. Aroma amis dagingnya pun juga bisa ternetralisir dengan baluran nanas tersebut. Caranya kamu lumuri daging dengan parutan nanas secara merata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

7. Gunakan Daun Pepaya

Membungkus daging kambing dengan daun pepaya juga termasuk tips menghilangkan bau kambing dan juga menjadikannya empuk. Enzim pada daun pepaya itu menetralisir bau dan membuat daging kambing lebih lunak. 

8. Gunakan Jeruk Nipis

Tips menghilangkan bau kambing dengan jeruk nipis juga termasuk umum dipakai oleh banyak orang. Selain itu juga jeruk nipis juga dapat menjadikan daging kambing menjadi empuk.

Caranya peras jeruk nipi dan campur dengan air secukupnya. Setelah itu lumurkan ke daging kambing dan diamkan kurang lebih 30 menit.

9. Gunakan Cuka Apel

Ternyata cuka apel tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit saja. Kamu bisa menggunakannya untuk menghilangkan bau kambing pada daging dan menjadikannya lebih empuk.

Lumuri cuka apel secukupnya pada daging kambing mentah. Daging kambing yang sudah beri cuka apel akan lebih juicy dan ada rasa manis-manisnya.

10. Gunakan Air Cola

Yang terakhir tips menghilangkan bau kambing serta menjadikan daging kambing menjadi empuk adalah dengan menggunakan cola. Rendam daging kambing sekitar 30 menit dan baru kamu olah daging sesuai selera.

Itulah 10 tips menghilangkan bau kambing yang sudah banyak dibuktikan. Silakan kamu pilih mana yang paling mudah untuk dipraktekkan.

Okay, setelah ini kita lanjut pada point dari artikel ini. Yatu cara membuat tongseng kambing yang enak.

Cara Membuat Tongseng Kambing Yang Enak

Tongseng adalah salah satu olahan daging kambing yang paling favorit. Jika kamu salah satu pecinta tongseng kami artikel ini sangat cocok buat kamu. admin akan bagi cara membuat tongseng kambing yang enak.

Pastikan kamu ikuti langkah-langkahnya siapkan bahan-bahanya supaya tongseng yang kamu buat benar-benar enak. Yuk berikut ini resep tongseng dan langkah-langkah membuatnya:

Bahan-Bahan Utama

Langkah cara membuat tongseng kambing yang pertama adalah kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Pastikan jangan sampai ada yang kurang dari bahan-bahan berikut ini:

  • 2.000 ml air
  • 1.600 ml santan encer
  • 800 gram daging kambing
  • 300 gram kol yang dipotong kotak-kotak
  • 8 sendok makan minyak 
  • 8 lembar daun salam
  • 8 buah cabai rawit merah yang diiris tipis
  • 6 butir bawang merah yang diiris tipis
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 4 batang daun bawang yang dipotong-potong
  • 4 cm lengkuas yang dimemarkan
  • 2 batang serai yang diambil bagian putihnya, lalu dimemarkan
  • 2 buah tomat merah yang dipotong-potong

Bahan untuk bumbu halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 8 butir merica
  • 6 buah kemiri yang disangrai
  • 6 cm kunyit yang dibakar
  • 4 cm jahe
  • 3 sendok teh garam
  • 2 sendok teh ketumbar

Langkah-Langkah Cara Membuat Tongseng Kambing

Setelah bahan utama dan bahan bumbu sudah siap maka kamu lanjutkan ke langkah-langkah cara membuat tongseng kambing yang enak dan empuk. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Bersihkan dan hilangkan bau kambing dengan cara yang sudah admin bagikan di atas.
  2. Siapkan panci dan isi air secukupnya lalu masak hingga mendidih.
  3. Bila air sudah mendidih masukkan daging dan daun salam tunggu hingga matang.
  4. Jika daging sudah empuk dan matang potong ukuran dadu kecil-kecil supaya mudah untuk dimakan.
  5. Rebus santan, daun salam, serai lengkuas dan bumbu-bumbu halus di panci lain. Aduk-aduk hingga merata dan tunggu sampai mendidih. Ini untuk bumbu tambahan.
  6. Siapkan wajan dan panaskan minyak. Kemudian tumis bawang-bawangan, cabe rawit hingga berbau wangi.
  7. Masukkan daging kambing yang sudah kamu rebus tadi.
  8. Masukkan sayur kol dan kecap manis hingga layu.
  9. Tuangkan bumbu santan yang telah kamu buat tadi dan tunggu hingga mendidih jangan lupa dicicipi rasanya.
  10. Jika sudah mendidih berarti sudah matang dan tongseng siap dihidangkan.

Itulah langkah-langkah cara membuat tongseng kambing enak dan tidak bau. Semoga bisa menginspirasi kamu untuk nyobain resep ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download