Kota Tertua di Dunia: Menelusuri Jejak Peradaban Manusia

20 Jul 2023 by kreditpintar, Last edit: 07 Jul 2023

Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang kota tertua di dunia? Kota-kota ini adalah saksi bisu dari jejak peradaban manusia yang telah berlangsung ribuan bahkan jutaan tahun yang lalu. 

Kota ini adalah tempat kelahiran budaya, ilmu pengetahuan, seni, dan peradaban seperti yang kita kenal sekarang ini. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi beberapa kota tertua di dunia yang menjadi titik awal perjalanan manusia menuju peradaban modern.

Baca juga: Ini Dia Negara Tertua Di Dunia Ini Yuk!

7 Kota Tertua di Dunia

1. Jericho, Palestina

Jericho, yang terletak di Tepi Barat Sungai Yordan, dianggap sebagai salah satu kota tertua di dunia. Pemukiman manusia di Jericho telah ada sejak sekitar 9.000 SM. Situs arkeologi di Jericho mengungkapkan dinding-dinding pertahanan kuno, menara-menara, dan reruntuhan bangunan yang mengungkap sejarah panjang peradaban manusia di wilayah tersebut.

2. Damaskus, Suriah

Damaskus adalah salah satu kota tertua di dunia yang terus dihuni secara terus-menerus. Didirikan pada sekitar 7.000 SM, kota ini memiliki sejarah yang kaya dan rumit. Damaskus telah menjadi pusat penting untuk perdagangan dan kebudayaan di Timur Tengah selama ribuan tahun. Situs-situs seperti Jami’ al-Umayyad, sebuah masjid yang megah, dan benteng kuno Qal’at al-Hamra, menjadi saksi bisu dari perjalanan sejarah kota ini.

3. Byblos, Lebanon

Byblos, juga dikenal sebagai Jbeil, adalah salah satu kota tertua di dunia yang pernah ada. Situs ini memiliki sejarah panjang yang dimulai pada sekitar 5.000 SM. Byblos terkenal karena produksi dan perdagangan papyrus, yang menjadi inspirasi untuk istilah “bibliografi” dan “buku”. Kota ini juga memiliki situs-situs bersejarah seperti kuil-kuil, istana, dan pura yang memperlihatkan kekayaan budaya masa lalu.

4. Aleppo, Suriah

Aleppo, yang terletak di utara Suriah adalah salah satu kota tertua di dunia yang telah dihuni selama lebih dari 8.000 tahun. Kota ini adalah tempat pertemuan berbagai budaya, dan menjadi pusat penting untuk perdagangan dan kebudayaan di wilayah itu. Salah satu situs terkenal di Aleppo adalah Benteng Aleppo, sebuah benteng abad pertengahan yang menjadi Warisan Dunia UNESCO. Sayangnya, konflik yang berkecamuk di Suriah telah menyebabkan kerusakan yang signifikan pada warisan budaya kota ini.

5. Luxor, Mesir

Luxor, dulunya dikenal sebagai Thebes, adalah salah satu kota terbesar dan terpenting di Mesir Kuno. Kota ini didirikan pada sekitar 3.200 SM dan menjadi ibu kota Dinasti Ketiga belas Mesir Kuno. Luxor terkenal karena situs arkeologi yang spektakuler, seperti Kuil Karnak dan Lembah Para Raja. Peninggalan-peninggalan ini menawarkan wawasan yang tak ternilai tentang peradaban Mesir Kuno.

6. Athens, Yunani

Athens adalah salah satu kota tertua di Eropa dan merupakan pusat penting dalam sejarah peradaban Barat. Didirikan pada sekitar 3.400 SM, Athens menjadi tempat lahirnya demokrasi, filsafat, dan seni Yunani Kuno. Situs-situs seperti Akropolis dan Parthenon adalah saksi bisu dari kejayaan budaya dan arsitektur Yunani Kuno yang luar biasa.

7. Varanasi, India

Varanasi, juga dikenal sebagai Benares, adalah kota tertua yang terus dihuni di India. Kota ini diyakini telah ada selama lebih dari 5.000 tahun. Varanasi adalah pusat spiritual bagi umat Hindu, dengan sungai Gangga yang dianggap suci dan penting dalam upacara keagamaan. Kota ini juga memiliki berbagai kuil, ghats, dan jalan-jalan kuno yang menyimpan warisan sejarah yang kaya.

Baca juga: Tempat Bersejarah Di Indonesia: 5 Kota Pilihan

Kota Tertua di Indonesia

Indonesia, dengan keanekaragaman budaya dan sejarahnya yang kaya, juga memiliki beberapa kota tertua. Kota-kota ini merupakan pusat peradaban dan aktivitas manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Dalam artikel ini, kita akan menelusuri jejak sejarah ke beberapa kota tertua di Indonesia, yang telah menjadi saksi bisu dari perjalanan panjang bangsa ini.

Yogyakarta

Yogyakarta, juga dikenal sebagai Kota Gudeg, adalah salah satu kota tertua di Indonesia. Sebagai pusat kebudayaan dan pendidikan di Jawa Tengah, Yogyakarta memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Keraton Yogyakarta, sebuah istana yang megah dan menjadi pusat kegiatan budaya, menjadi salah satu daya tarik utama kota ini. Yogyakarta juga terkenal dengan kesenian tradisional seperti wayang kulit dan batik.

Jakarta

Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta memiliki sejarah yang panjang dan peranan penting dalam perjalanan negara ini. Dulu dikenal sebagai Sunda Kelapa pada abad ke-5 M, Jakarta telah menjadi pusat perdagangan internasional sejak masa lalu. Kota ini memiliki peninggalan bersejarah seperti Kota Tua, yang menampilkan bangunan-bangunan kolonial Belanda, serta Monumen Nasional atau dikenal juga dengan sebutan Monas yang menjadi lambang kemerdekaan dari negara kita, Indonesia.

Semarang

Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah, juga termasuk dalam daftar kota tertua di Indonesia. Sejak masa kolonial Belanda, Semarang telah menjadi pusat perdagangan penting di Pulau Jawa. Kota ini memiliki kawasan Kota Lama yang masih mempertahankan arsitektur kolonial Belanda yang indah. Selain itu, Gereja Blenduk, sebuah gereja bersejarah yang dibangun pada abad ke-18, juga menjadi ikon kota ini.

Makassar

Makassar, yang terletak di Sulawesi Selatan, adalah salah satu kota tertua di Indonesia. Sebagai pusat perdagangan dan maritim, Makassar memiliki hubungan perdagangan yang kuat dengan bangsa-bangsa di Asia Tenggara dan Eropa sejak masa lampau. Fort Rotterdam, sebuah benteng peninggalan masa kolonial Belanda, menjadi saksi bisu dari masa lalu kota ini. Pelabuhan Makassar juga menjadi tempat penting dalam sejarah perjalanan manusia di Nusantara.

Palembang

Palembang, ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, juga termasuk dalam daftar kota tertua di Indonesia. Pada abad ke-7 M, Palembang adalah ibu kota Kerajaan Sriwijaya, salah satu kerajaan maritim terbesar di Asia Tenggara. Kota ini memiliki Warisan Dunia UNESCO, yaitu Situs Megalitikum di Pulau Bangka. Jembatan Ampera, sebuah ikon kota, juga merupakan peninggalan bersejarah yang menarik.

Kunjungan ke kota-kota tertua di Indonesia memungkinkan kita untuk melihat dan merasakan sejarah dan budaya yang kaya dalam negeri ini. Peninggalan-peninggalan bersejarah dan warisan budaya yang ada di kota-kota ini menjadi jendela yang membawa kita kembali ke masa lalu yang penuh dengan nilai-nilai dan keajaiban.

Baca juga: Cara Membuat Paspor: Cara, Prosedur dan Biaya

Mengunjungi kota-kota tertua ini adalah perjalanan yang memukau ke dalam masa lalu manusia. Situs-situs bersejarah yang masih ada sampai sekarang menjadi saksi bisu dari perjalanan peradaban dan memberikan wawasan yang tak ternilai tentang kehidupan manusia di masa lalu. 

Kota-kota ini adalah tempat yang menghubungkan kita dengan akar budaya dan sejarah kita sendiri. Jadi, jika Anda memiliki kesempatan, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi kota tertua di dunia ini dan merasakan keajaiban tempat yang tak terlupakan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
07 Jul 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download