Kip Kuliah: Solusi Kuliah Gratis!

18 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 18 Nov 2021

Per Juni 2021, berdasarkan pernyataan dari Bambang Soesatyo, Ketua Majelis Permusyawaratan Masyarakat (MPR) hanya sekitar 38% lulusan SMA yang melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi. Kecilnya persentase tersebut diakibatkan biaya Pendidikan yang tinggi. Padahal saat ini banyak sekali bantuan yang bisa di dapatkan untuk duduk di bangku kuliah. Oh iya, selain melalui dana pinjaman untuk berkuliah, pemerintah juga telah memfasilitasi calon mahasiswa kuliah dengan biaya gratis melalui Program Indonesia Pintar (PIP). Ini semua yang perlu sobat pintar ketahui soal kip kuliah kemendikbud

Kip Kuliah: Solusi Kuliah Gratis!

KIP Kuliah atau singkatan dari Kartu Indonesia Pintar adalah salah satu hasil dari Program Indonesia Pintar (PIP). Program ini adalah bentuk perwujudan pemerintah terhadap Undang-Undang No 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia Pasal 60 yang menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk mendapatkan Pendidikan dan pengajaran yang layak untuk mengembangkan potensi dirinya sesuai dengan minat, bakat serta kecerdasannya. Melalui KIP Kuliah, Pemerintah Indonesia memberdayakan calon mahasiswa dengan membebaskan biaya kuliah agar dapat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi dengan layak, artinya kamu akan berkuliah secara gratis! Pemerintah juga memberikan biaya hidup hingga Rp 1,4 juta per bulan lho! Yuk kita ketahui lebih lanjut mengenai KIP Kuliah ini!

Apa itu KIP Kuliah?

Figure 2 indonesiapintar.kemdikbud.go.id

Sebelum gencar untuk mengumpulkan segala persyaratan KIP Kuliah, kamu harus tahu apa dan siapa yang berhak menerima KIP Kuliah. KIP kuliah merupakan pemberian bantuan berupa Pendidikan dan uang tunai dari pemerintah. Berdasarkan informasi yang dikutip dari Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah 2021 dari Puslapdik Kemendikbud, tujuan dari program ini adalah untuk membebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, pembebasan biaya selama menempuh Pendidikan dan mendapatkan biaya hidup bulanan. Penerima KIP Kuliah harus berasal dari keluarga miskin dan keluarga rentan miskin namun berpotensi baik secara akademik. Adapun yang termasuk ke dalam golongan keluarga miskin dan keluarga rentan miskin adalah :

  • Keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  • Peserta Keluarga Harapan (PKH), 
  • Yatim piatu
  • Penyandang disabilitas
  • Anak dari keluarga yang terkena musibah/bencana alam. 

Syarat Penerima KIP Kuliah

Selain termasuk dalam golongan keluarga miskin dan rentan miskin, syarat umum untuk menerima KIP Kuliah juga ada lho! Berikut adalah 3 syarat umum penerima KIP Kuliah :

  • Penerima KIP Kuliah adalah Siswa Menengah Kejuruan (SMK), Siswa Menengah Atas (SMA) ataupun bentuk lain yang sederajat. Siswa yang boleh mendaftar adalah siswa yang akan lulus pada tahun berjalan atau dua tahun sebelumnya
  • Memiliki keterbatasan ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik
  • Melakukan pendaftaran dan diterima seleksi melalui salah satu jalur masuk perguruan tinggi baik PTN ataupun PTS. 
  • KIP Kuliah diperuntukkan bagi penyandang disabilitas yang diterima Perguruan Tinggi dan mahasiswa afirmasi yang berasal dari daerah 3T (Tertinggal, Terluar dan Terdepan Indonesia)

Kebijakan KIP Kuliah

Kabar baik untuk kamu! Karena pemerintah menyediakan anggaran KIP Kuliah sebesar Rp 2,5 triliun untuk tahun 2021. Pada tahun sebelumnya, anggaran KIP Kuliah sebesar Rp 1,3 triliun, artinya kesempatan untuk mendapatkan KIP Kuliah semakin besar dengan bertambahnya anggaran tersebut.  Penyebab meningkatnya anggaran tersebut adalah selain untuk memberikan peluang yang semakin tinggi bagi calon mahasiswa berkuliah gratis, juga karena Pemerintah membuat kategori program studi berdasarkan akreditasinya lho. Berikut informasinya :

  • Program studi dengan akreditasi A mendapatkan bantuan maksimal Rp 12 juta per semester
  • Program studi dengan akreditasi B mendapatkan bantuan maksimal Rp 4 juta per semester
  • Program studi dengan akreditasi C mendapatkan bantuan maksimal Rp 2,4 juta per semester

Lalu, untuk biaya kebutuhan sehari-hari (biaya hidup), Pemerintah membuat 5 klaster daerah dengan ketentuan merujuk pada Survei Sosial Ekonomi Nasional tahun 2019. 

Biaya hidup yang akan diterima calon mahasiswa per bulan: 

  • Klaster 1 : Rp 800 ribu
  • Klaster 2 : Rp 950 ribu
  • Klaster 3 : Rp 1,1 juta
  • Klaster 4 : Rp 1,25 juta
  • Klaster 5 : Rp 1,4 juta

Pemberian KIP Kuliah akan dibedakan berdasarkan program pendidikannya, terdapat dua kategori yaitu program reguler dan program profesi. Untuk program regular strata 1 (S1) dan diploma IV (D4) akan diberikan selama maksimal delapan semester sedangkan untuk Diploma III (D3) maksimal selama enam semester, untuk Diploma II (D2) maksimal selama empat semester dan untuk Diploma I (D1) maksimal selama dua semester. 

Selanjutnya, untuk program profesi, pemerintah membagi ke dalam 6 kategori, yaitu dokter gigi, dokter, dokter hewan, perawat, apoteker dan guru. Untuk profesi dokter akan diberikan biaya hidup maksimal selama empat semester, sementara profesi perawat, apoteker dan guru akan diberi biaya hidup maksimal selama dua semester. 

Cara daftar KIP Kuliah

Untuk dapat mendaftar KIP Kuliah, ada  5 tahapan yang harus kamu ketahui, berikut adalah tahapannya : 

  1. Mendaftar di web

Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar di web system KIP Kuliah yaitu www.kip-kuliah.kemdikbud.go.id, atau kamu juga dapat mendownload aplikasi KIP Kuliah Mobile Apps di Playstore atau Appstore.

  1. Siapkan data NIK, NISN, dan NPSN 

Pada saat pendaftaran, kamu akan diminta untuk memasukan NIK, NISN, NPSN, kelayakan mendapatkan KIP Kuliah dan tentunya email yang aktif ya.

  1. Mendapat nomor pendaftaran dan kode akses

Jika proses pendaftaran kamu telah disetujui, kamu akan mendapatkan email berisi nomor pendaftaran dan kode akses untuk login di web resmi KIP Kuliah

  1. Memilih jalur seleksi masuk perguruan tinggi

Setelah mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses, kamu sudah bisa log in ke web resmi KIP Kuliah, setelah itu kamu harus menyelesaikan pendaftaran dengan memilih jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang akan diikuti, terdapat beberapa opsi seperti SNMPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN, Mandiri. Jika kamu mendaftar sebelum Sistem Pendaftaran KIP Kuliah dibuka, kamu juga dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu di portal seleksi nasional. Sistem akan melakukan proses sinkronisasi dengan skema host-to-host

  1. Pengumuman Seleksi

Jika siswa calon penerima KIP Kuliah sudah dinyatakan lolos masuk perguruan tinggi, siswa dapat melakukan verifikasi oleh perguruan tinggi sebelum menjadi mahasiswa penerima KIP Kuliah. 

Itu dia informasi terkait KIP kuliah kemendikbud serta cara untuk mendaftar KIP Kuliah. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Nov 2021
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download