Fitur Keyless Motor di NMax, Vario 150, dan Scoopy Terlengkap

21 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 23 Sep 2022

Keyless Motor, Fitur smart key system atau kunci keyless sekarang semakin ramai dipakai di sepeda motor. Ternyata fitur ini bukan cuma gimmick, teknologi ini pun mempunyai manfaat bagi para penggunanya.

Menurut sejarahnya, konsep fitur keyless awalnya digunakan untuk membuka serta menutup pintu mobil saja. Pria asal Prancis bernama Paul Lipschutz menjadi orang pertama yang menciptakan teknologi tersebut. Dia memasang fitur itu pada mobil Renault Fuego sekitar tahun 1983.

Fitur Keyless Motor di NMax, Vario 150, dan Scoopy Terlengkap

Kemudian, pada 1990-an Siemens bekerjasama dengan Mercedes-Benz dan meluncurkan Smart Key Go; di S-Class W220. Tidak hanya untuk membuka dan mengunci pintu mobil, bahkan fitur itu bisa digunakan untuk menyalakan mobil tanpa anak kunci.

Sekarang ini, hampir seluruh mobil terbaru memiliki teknologi smart key sebagai standar. Kini, sepeda motor pun ikut menggunakan fitur itu. Terlebih, motor lebih terjangkau dengan daya beli menengah ke bawah.

Walaupun belum sepeda motor memiliki fitur keyles, fitur tersebut masuk ke babak baru dalam industri roda dua, khususnya di Indonesia. Kebiasaan memakai motor juga sekarang berubah.

Pengendara tidak harus memasukkan anak kunci ke lubang, kemudian memutarnya supaya menyala. Kemudian, pengguna tidak perlu memutarnya lagi serta mencabutnya. Ketika selesai mengendarai motor. Sekarang, kunci bisa disimpan di saku celana atau tas.

Baca juga: Biaya Mutasi Motor yang Harus Kamu Tahu

Cara Kerja Fitur Smart Key

Fitur Keyless Motor di NMax, Vario 150, dan Scoopy Terlengkap

Tidak hanya canggih dan praktis, manfaat lainnya dari fitur ini ialah soal keamanan, terlebih menghindari pencurian. Keuntungan yang lain, tidak ada lagi kasus anak kunci patah atau lepas dari lubang saat motor melaju.

Meskipun para pemilik kendaraan harus hati-hati dalam hal baterai remote smart key. Hal ini dikarenakan, jika baterai habis, kunci tidak dapat digunakan untuk menyalakan motor.

Untuk mengatasi, para pengguna sepeda motor dengan fitur kunci keyless lebih baik mematikan remote ketika motor tak dipakai.

Umumnya, fitur smart key yang digunakan pabrikan sepeda motor punya cara kerja yang sama. Jadi remote alarm dengan modul immobilizer akan beroperasi dengan pusat kontrol sistem yaitu smart control unit (SCU).

Berikut ini adalah penjelasan mengenai fitur keyless pada motor NMax, Honda Scoopy, serta Honda Vario 150 yang bisa Anda pahami dan ketahui.

Baca juga: Mobil Termahal Dunia 2022, Mesin dan Desain Terbaik

Fitur Keyless Motor NMax

Fitur Keyless Motor di NMax, Vario 150, dan Scoopy Terlengkap

Yamaha Indonesia kembali merilis motor baru yaitu all new Yamaha NMax Connected. Tidak seperti motor NMax biasa, varian baru yang satu ini memiliki fitur keyless yang disebut sebagai Smart Key System dengan remote.

Varian diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, yang tidak cuma memiliki Smart Key tetapi terkoneksi dengan gawai lewat aplikasi Yamaha Connect. Tetapi, motor ini pun tetap memiliki kunci tambahan.

Kunci tersebut dipakai untuk membuka jok sebagai sarana darurat ketika remote key hilang. Dalam posisi normal, pembuka jok telah menggunakan sistem elektrik: fungsi kelistrikan perlu menyala dulu, baru dapat memencet tombol pembuka jok.

Metode membukanya adalah memasukan anak kunci ke lubang yang terdapat di kolong jok sisi belakang. Lubang itu berada di samping agak dekat shockbreaker sisi kanan. Setelah itu, putar ke arah kanan, kemudian jok pun terbuka.

Alangkah lebih baik anak kunci tersebut tidak disatukan bersama remote key. Ketika keduanya hilang tentu sulit untuk mengevakuasi motor. Jadi, lebih baik kunci itu tersimpan di dompet atau di rumah, supaya ketika sewaktu-waktu perlu dapat digunakan.

Tidak hanya itu, anak kunci tersebut pun sudah termasuk dalam paket pembelian all new Yamaha NMax Connected ABS dan Yamaha Aerox terbaru yang telah memiliki fitur keyless.

Smart Key Pada Motor Scoopy

All new Honda Scoopy sudah dirilis beberapa waktu lalu dengan dua tipe. Pertama yang masih memakai kunci biasa dan varian motor Scoopy kedua sudah dilengkapi fitur keyless dengan Smart Key.

Untuk varian motor Scoopy dengan fitur keyless dibanderol dengan harga Rp 20,750 juta. Motor itu pun sudah bisa Anda beli di semua Dealer Honda di seluruh Indonesia..

  1. Cara Menyalakan Motor Scoopy dengan SmartKey

Remote harus didekatkan ke, kemudian pencet tombol dengan ikon kunci hingga indikator remote berwarna hijau supaya remote bisa terhubung ke motor

Setelah itu, pencet tombol starter sekali. Lalu, nantinya terdengar suara serta indikator kunci yang terdapat di panel meter

Supaya mesin bisa menyala, cukup putar kenop ke logo ignition. Setelah itu, lakukan starter pada umumnya.

  1. Cara Matikan Scoopy Dengan SmartKey

Anda bisa langsung memutar kenop ke posisi off. Setelah itum pencet starter sekali hingga terdengar suara dari motor

Pastikan untuk memencet tombol dengan ikon kunci lagi. Anda harus menunggu sampai warna indikator berubah merah, dengan kata lain koneksi remote sudah terputus dari motor.

  1. Cara Mengatur Alarm Honda Scoopy

Ketika motor terkunci, pencet tombol dengan ikon motor hingga lampu indikator berwarna merah berkedip pada panel meter Hal itu berarti tanda bahwa alarm telah menyala, jika digoyangkan motor pasti bunyi

supaya bisa mematikan alarm tersebut, Anda cukup menekan tombol yang sama. Sedangkan supaya menyalakan answer back system, tekan pula tombol dengan ikon motor.

Perlu diketahui, tingkat sensitivitas alarm dibuat dengan rancangan tertentu. Hal itu dilakukan supaya bisa lebih meningkatkan keamanan. Bahkan, motor ini jika digoyangkan sedikit saja maka alarm akan berbunyi.

Baca juga: Cara Daftar MyPertamina dan Dapat Subsidi BBM 2022

Smart Key Pada Vario 150

Motor Honda Vario 150 memiliki memiliki varian terbaru yang sudah memiliki fitur keyless atau Smart Key. Anda pun perlu mengetahui cara menghidupkannya supaya setelah membeli ser Vario 150 terbaru ini. Di bawah ini adalah uraian lengkapnya.

  1. Cara Menyalakan Motor Vario 150 dengan Keyless
  • Pakai remote yang sudah tersedia. Kemudian, pencet gambar kunci yang terdapat di bawah sampai lampu berwarna hijau menyala di remote
  • Langkah selanjutnya, pencet tombol starter. Nantinya, akan terlihat gambar keyless pada layar motor
  • Anda cukup putar knop ke kanan hingga berhenti di huruf ‘O’ agar bisa membuka kunci stang
  • Kemudian, putar kembali knop hingga ke huruf “I” supaya bisa menyalakan seluruh sistem di motor.
  1. Mematikan Vario 150 dengan Smart Key

Agar Anda bisa mematikan sistem keyless motor di Vario 150 terbaru tersebu, ada empat cara yang dapat Anda lakukan, yakni:

  • Remote dibawa pergi dengan jarak 2 meter, maka motor pun akan mati secara otomatis
  • Cukup diam di dekat motor dengan waktu 20 detik, pastikan kondisi remote ada di dekat motor. Nantinya, motor pun akan otomatis mati.
  • Anda bisa langsung memencet tombol starter
  • Pencet gambar kunci yang ada di remote hingga lampu warna merah menyala

Berdasarkan empat langkah itu, cara yang terakhir merupakan yang sangat direkomendasikan Honda. Sebab, ketika mematikan motor langsung memakai remote bisa memutus komunikasi antara motor dan remote secara otomatis. Sementara dalam metode nomor 1 sampai 3, Anda masih tetap dapat menyalakan motor kembali secara mudah. Sebab, kondisi motor cuma mati dalam posisi standby secara tidak langsung. 

Nah itu dia beberapa penjelasan mengenai fitur keyless dalam motor NMax, Scoopy, dan Vario 150. Selamat mencoba.

Baca juga: 7 Rekomendasi Charger Aki Motor, Harga Mulai 100 Ribuan!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
23 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download