Ketahui 7 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja

23 Aug 2021 by Laruan

Sangat penting mengetahui cara menghilangkan ngantuk, agar tidak mengganggu performa kerja Sobat Pintar. Salah satu gangguan terbesar ketika sedang bekerja adalah rasa kantuk yang tidak bisa tertahan lagi. Ketika rasa kantuk menyerang, konsentrasi bekerja tentu saja akan terganggu. Bahkan efek samping dari menahan rasa ngantuk juga tidak bisa disepelekan. 

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja

Salah satu faktor paling penting agar tidak mudah ngantuk adalah tidur malam yang cukup. Selain itu memulai hari dengan sarapan dan mengonsumsi banyak air putih pun dapat menghilangkan rasa ngantuk saat sedang bekerja. Jika Sobat Pintar sudah menerapkan ketiga hal tersebut, tetapi rasa ngantuk tetap menyerang. Berikut beberapa cara lain yang dapat membantu menghilangkan rasa ngantuk pada saat bekerja. 

1.Tidak Menatap Layar Monitor Terlalu Lama

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ngantuk adalah hindari menatap layar komputer secara terus menerus. Ketika pikiran sedang sumpek dan lelah bekerja, ditambah terus menerus menatap layar monitor akan membuat Sobat Pintar lebih cepat mengantuk. Sehingga alihkan penglihatan mata Sobat Pintar ke tempat lain sesekali secara berkala, hal ini dilakukan guna mengistirahatkan dan menyegarkan mata dan pikiran. 

2.Tetap Aktif di Tempat Kerja

Perlu Sobat Pintar ketahui duduk terlalu lama dapat memicu rasa kantuk dan lelah. Maka cara menghilangkan ngantuk selanjutnya dengan tetap aktif melakukan beberapa kegiatan selain duduk dan bekerja saja. Misalnya dengan berjalan kaki di sela-sela waktu bekerja baik untuk pergi ke toilet, mengangkat telpon atau mengunjungi meja rekan kerja. 

Dengan melakukan aktivitas tersebut walaupun hanya 5 menit, sangat ampuh untuk menghilangkan rasa ngantuk. Agar pekerjaan tidak terganggu karena rasa ngantuk menyerang, lakukanlah kegiatan tersebut ya jangan hanya duduk dan berdiam ditempat saja.

3.Mengatur Pernapasan

Cara untuk bisa menghilangkan ngantuk yang selanjutnya adalah dengan mengatur pernapasan dengan baik. Tidak banyak yang tahu jika rasa kantuk disebabkan pasokan oksigen dalam otak tidak tercukupi. Maka dari itu ketika rasa kantuk menyerang, cobalah untuk mengatur pernapasan Sobat Pintar kembali. 

Caranya sederhana tarik napas dalam-dalam menggunakan perut, kemudian tahan sejenak dan hembuskan napas melalui mulut. Ulangi setiap langkah tersebut sebanyak 10 kali, dan rasa kantuk pun akan hilang seketika. 

4.Mengonsumsi Minuman yang Mengandung Kafein

Salah satu cara menghilangkan ngantuk dan lelah lainnya adalah dengan mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi. Cara ini memang sangat populer dikalangan masyarakat tidak hanya bagi para pekerja saja, di lingkungan para pelajar pun tidak dapat dihindari. Tetapi jangan sampai Sobat Pintar hanya mengonsumsi kopi saja ya, karena kopi dapat memicu dehidrasi dan menambah rasa lelah. 

Pastikan kebutuhan air putih Sobat Pintar juga sangat terpenuhi dan cukup. Tips lainnya hindari mengkonsumsi kopi pada saat sore atau malam hari, agar tidak sulit tidur di malam hari. Tak hanya itu jangan terlalu sering mengonsumsi kopi karena tidak baik untuk kesehatan tubuh, konsumsi sewajarnya saja.

5.Mengonsumsi Air Putih yang Cukup

Pemicu lain dari munculnya rasa kantuk dan lelah adalah dehidrasi. Oleh karena itu pastikan Sobat Pintar mengonsumsi air putih dengan cukup agar tidak mudah merasa kantuk. Selain dapat mengusir rasa kantuk, mengonsumsi air putih yang cukup sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jadi tidak hanya minuman berkafein saja ya yang dapat menghilangkan rasa kantuk, air mineral atau putih pun bisa loh

6.Mendengarkan Musik

Bagi sebagian orang cara menghilangkan ngantuk paling efektif adalah dengan mendengarkan musik. Dengan mendengarkan irama musik dengan genre asyik dan menyenangkan, dapat membantu kita lebih semangat dan rasa kantuk pun hilang. 

Jadi jika Sobat Pintar merasa ngantuk saat bekerja, dengarkanlah musik yang dapat memicu kembali semangat. Tapi ingat dengarkanlah musik lewat earphone saja ya, jangan sampai musik Sobat Pintar mengganggu pekerja lainnya.

7.Tidur Siang Sejenak

Ketahui 7 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja

Jika memungkinkan pada saat istirahat tidurlah sejenak sekitar 15-20 menit, untuk mengurangi rasa ngantuk. Bila hal tersebut tidak memungkinkan, pejamkanlah mata kemudian posisikan badan tengkurap di atas meja selama 10 menit. Pastikan jika kegiatan tersebut tidak mendapatkan gangguan dari lingkungan sekitar. 

Selain yang telah disebutkan di atas, ada banyak sekali beberapa cara untuk menghilangkan rasa ngantuk. Apapun caranya jangan sampai mengganggu waktu bekerja Sobat Pintar ya

Pemicu Seseorang Sering Merasakan Ngantuk Meskipun Waktu Tidur Cukup

Selain kurang tidur saat malam hari, ada begitu banyak penyebab sering ngantuk. Tak hanya itu terkadang rasa kantuk dapat menyerang kita meskipun waktu tidur Sobat Pintar sangatlah cukup. Berikut ada beberapa faktor mengapa seseorang sering merasakan kantuk baik disaat bekerja, ataupun disaat belajar. 

1.Depresi

Penyebab sering ngantuk yang pertama adalah masalah mental atau depresi. Seseorang yang sedang depresi akan merasa hilang semangat dan tidak memiliki keinginan untuk hidup, dan mempunyai keinginan bunuh diri yang tinggi. Karena hal tersebutlah menjadikan orang yang sedang depresi sering mengalami rasa kantuk bahkan berlebih. 

2.Mengonsumsi Alkohol

Seseorang yang mengonsumsi alkohol pada malam hari atau sebelum tidur, pada siang harinya akan merasakan kantuk. Banyak orang yang beranggapan jika mengkonsumsi alkohol dapat membuat tidur lebih nyenyak, padahal sebaliknya. Alkohol dapat membuat Sobat Pintar kesulitan mencapai fase tidur yang nyenyak, selain itu dapat mengacaukan siklus tidur juga.

Mengonsumsi alkohol beberapa jam sebelum tidur berdampak pada keteraturan tidur seseorang. Sehingga akan mempengaruhi kualitas tidur Sobat Pintar, pecuma saja bukan jika cukup tidur tetapi tidak berkualitas?.

3.Sindrom Kelelahan Kronis

Penyebab sering ngantuk lainnya adalah sindrom kelelahan yang kronis. Sindrom ini merupakan kondisi dimana seseorang merasa lelah, lesu, lemas, mengantuk, konsentrasi terganggu, dan nyeri otot. Seseorang yang mengalami sindrom ini tentu saja akan sangat mengangguu aktivitas sehari-hari. 

4.Narkolepsi

Narkolepsi merupakan suatu kondisi dimana seseorang dapat tertidur kapan dan dimana saja secara tidak terkendali. Hal tersebut terus terjadi meskipun mereka sudah mendapatkan waktu tidur yang sangat cukup.

Orang yang mengidap Narkolepsi akan merasa baik-baik saja setelah dirinya tertidur selama 10 hingga 15 menit. Kemudian ia akan terbangun sebentar, dan kembali tidur lagi. Narkolepsi merupakan suatu penyakit berkepanjangan yang tak dapat diobati, akan tetapi gaya hidup sehat dan mengendalikan penyakit ini.

5.Terlalu Banyak Makan

Ketika seseorang banyak mengonsumsi makanan berat, akan membuat ia lebih cepat merasa ngantuk. Agar tidak mudah ngantuk apalagi saat bekerja, sebisa mungkin makan makanan yang tidak terlalu berat dan dalam porsi yang wajar. Dengan perut yang terisi penuh, membuat seseorang lebih senang bersantai daripada melanjutkan aktivitasnya. 

Sebenarnya cara mengatasi ngantuk itu tidak begitu menyulitkan, akan tetapi sangat mudah untuk dilakukan. Seperti menarik napas dalam-dalam, berjalan-jalan, hingga minum air putih yang cukup. Perihal pemicu rasa mudah ngantuk sendiri dapat diatasi dan juga tidak dapat diatasi dengan mudah.

Baca Juga: 4 Cara Customer Service Kredit Pintar Bantu Nasabah

mobile-closeKredit PintarDownload