5 Tips Kesehatan Ibu Hamil Saat Pandemi

20 Aug 2021 by Rindang Maulidia

Setahun setelah pandemi COVID-19 melanda, ternyata angka kelahiran dilaporkan meningkat cukup signifikan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Artinya, selama setahun ke belakang, terjadi banyak kehamilan terlebih setelah pandemi melanda. Sekilas, momen kehamilan selama pandemi terdengar cukup mencemaskan. Namun, sebenarnya ada banyak cara untuk menjaga kesehatan ibu hamil saat pandemi.

1. Jaga Kesehatan Ibu Hamil Dengan Memperhatikan Asupan Gizi

Tips Kesehatan Ibu Hamil

Memperhatikan asupan gizi bukanlah hal baru yang wajib dilakukan oleh ibu hamil.

Namun, di masa pandemi ini usahakan ibu hamil tidak melewatkan nasihat ini dan terlena untuk menikmati berbagai makanan dan minuman yang mengalami berbagai proses dan mengandung pemanis serta pengawet yang berbahaya bagi tubuh.

WHO menyebutkan bahwa ibu hamil adalah individu yang memiliki resiko tinggi terpapar COVID-19 dan tidak semua ibu hamil bisa menerima vaksinasi. Untuk itu, yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan adalah dengan menikmati makanan bergizi dan mengkonsumsi multivitamin apabila diperlukan.

Penuhi berbagai nutrisi dengan pedoman gizi 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari; konsumsi karbohidrat, protein hewani maupun nabati, serat dari sayur dan biji-bijian, serta minum susu berkalsium tinggi untuk mencegah pengeroposan tulang yang rawan terjadi semasa kehamilan.

2. Ajak Ibu Hamil Berolahraga Secara Rutin

Penting bagi ibu hamil saat pandemi untuk menjaga rutinitas berolahraga. Selain menjaga kondisi kesehatan agar tetap prima, nyatanya berolahraga selama masa kehamilan dapat membantu menguatkan otot, sendi, dan tulang yang harus membawa beban beberapa kali lebih banyak. 

Olahraga yang dijalankan secara rutin selama masa kehamilan juga terbukti mampu melancarkan persalinan secara normal. Namun, tidak disarankan bagi ibu hamil untuk menjalani olahraga berat.

Ada baiknya, ibu hamil berkonsultasi dengan dokter tentang apa olahraga apa saja yang disarankan, mengingat kondisi fisik setiap individu yang beragam.

3. Menerapkan Pola Hidup bersih dan Sehat Bagi Ibu Hamil

Gunakan masker dan rajin cuci tangan adalah kebiasaan yang wajib dilaksanakan oleh masyarakat untuk melindungi dirinya dari paparan COVID.

Ibu hamil harus lebih disiplin dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat terutama jika harus pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan kandungan dan mempersiapkan jalannya persalinan. Ingat, Rumah Sakit adalah tempat yang cukup beresiko bagi masyarakat, terutama ibu hamil selama pandemi masih melanda.

4. Rutin Memeriksakan Kandungan

Pemeriksaan kandungan adalah hal yang mutlak untuk dilakukan keluarga, guna mengetahui perkembangan janin. Dengan memeriksakan kandungan secara rutin, keluarga bisa mempertimbangkan berbagai pilihan untuk mendukung pertumbuhan janin agar berjalan secara optimal.

Penting bagi keluarga untuk memilih rumah sakit dengan resiko paparan COVID yang tinggi, misal memilih rumah sakit khusus ibu dan anak daripada rumah sakit umum yang kerap menerima rujukan pasien COVID 19.

5. Mempersiapkan Kelahiran Buah Hati

Setelah menjalani minggu demi minggu kehamilan, inilah saatnya bagi sebuah keluarga untuk mempersiapkan lahirnya buah hati. Sebelum melahirkan, pastikan keluarga sudah memahami berbagai prosedur yang harus dijalani untuk melakukan persalinan.

Ketaatan terhadap pelaksanaan prosedur merupakan cara tenaga kesehatan yang mempersiapkan persalinan menjaga ibu dan anak untuk berada dalam keadaan sehat sebelum dan setelah persalinan.

Bagaimana Menjaga Kesehatan Kandungan Apabila Ibu Hamil Terpapar Covid?

Tetap konsultasikan kondisi kehamilan terkini apabila Ibu hamil terpapar Covid 19. Jagalah kesehatan mental agar tetap bisa fokus menjalani kehamilan sambil memulihkan diri dari Covid 19.

Itulah berbagai tips menjaga kesehatan ibu hamil saat pandemi.

Meskipun tidak ada larangan hamil selama pandemi, namun wajib bagi kita untuk memiliki kesadaran bahwa ibu hamil memiliki resiko terpapar COVID 19, sehingga kondisi kesehatan beserta janinnya perlu dirawat sebaik mungkin.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload