Kerugian Investasi Emas Antam Dan Merek Emas Lain

03 May 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Emas Antam merupakan merek emas batangan yang paling terkenal saat ini. Orang seringkali membahas keuntungan investasi emas Antam, akan tetapi tentunya semua hal juga memiliki sisi negatif. Artikel ini akan membahas berbagai kemungkinan kerugian investasi emas Antam.

Baca juga: Serba Serbi Emas Antam dan Tata Cara Jual Belinya

Perusahaan yang Mencetak Emas Batangan di Indonesia

Walaupun emas Antam adalah yang paling populer, sebenarnya di Indonesia ada 4 merek emas batangan. Pada bagian selanjutnya kita akan membahas apa saja kerugian investasi emas Antam jika dibandingkan 3 merek emas lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya Sobat Pintar mengetahui terlebih dahulu 4 perusahaan pencetak emas di Indonesia.

1. HWT

Emas HWT merupakan emas yang diproduksi oleh PT Hartono Wira Tanik yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur. Sebuah fakta menarik adalah perusahaan emas ini selalu mensponsori kontes kecantikan Puteri Indonesia dari 2007 hingga sekarang.

2. King Halim

Emas King Halim merupakan emas batangan produksi PT King Halim, perusahaan emas yang berada di Mojokerto, Jawa Timur.

Berbeda dengan merek emas batang lainnya, King Halim menawarkan berbagai pilihan desain pada emas yang mereka produksi. Beberapa desainnya yang terkenal adalah Mekah, Yesus, dan Taj Mahal.

3. UBS Gold

Selain Antam, emas UBS juga memiliki popularitas yang cukup tinggi di kalangan umum. Biasanya orang-orang membeli emas UBS di marketplace emas terkenal IndoGold atau di Pegadaian. Emas UBS memiliki dimensi yang lebih lebar daripada emas Antam.

Emas UBS merupakan produksi PT Untung Bersama Sejahtera yang biasa disingkat UBS. Lagi-lagi berlokasi di Jawa Timur, perusahaan ini berasal dari Surabaya.

Baca juga: Tabungan Emas Pegadaian, Mudah dan Untung

4. Antam

Yang terakhir tentunya ada emas batangan merek PT Antam. Seperti yang sudah disebutkan tadi, PT Antam merupakan BUMN dan merupakan produsen emas yang paling diminati di Indonesia.

Harga emas Antam menjadi patokan harga jual-beli emas di Indonesia. Jadi jika harga emas Antam naik, emas lain juga akan naik, dan sebaliknya.

Perlu diketahui bahwa 4 merek emas ini sama-sama memiliki kadar emas 99,99%.

Kerugian investasi emas Antam

1. Harga relatif tinggi dibandingkan UBS

Dari segi harga, emas UBS lebih murah daripada Antam, terutama jika dibeli dalam jumlah besar.

Untuk merek emas yang lain, urutan harga emas dari yang termahal sampai termurah adalah sebagai berikut: King Halim – HWT – Antam – UBS. Harga emas HWT dan Antam kurang lebih sama, dan harga UBS paling murah dengan perbedaan cukup signifikan.

2. Selisih harga jual dan beli yang tinggi

Maksudnya adalah begini, misalnya Sobat Pintar membeli emas 1 gram dengan harga Rp1.023.600. Di hari yang sama harga jualnya adalah Rp909.200. 

Jadi jika Anda ingin melakukan buyback 1 minggu setelah membelinya karena keadaan darurat, Sobat Pintar akan rugi.

Perlu menunggu waktu yang cukup lama untuk dapat melakukan buyback dengan harga yang lebih tinggi daripada harga beli. Itulah mengapa investasi emas Antam lebih cocok untuk investasi jangka panjang.

Sebagai perbandingan, lagi-lagi emas UBS memiliki selisih harga jual dan beli yang lebih rendah.

3. Pecahan emas terkecil hanya 0,5 gram

UBS menawarkan pecahan emas batangan terkecil mulai dari 0,1 gram dan juga menawarkan emas batang 0,25 gram. Pecahan emas terkecil emas Antam adalah 0,5 gram.

Tapi di sisi lain emas Antam menawarkan pecahan sampai 1000 gram dan 1 kg, sementara pecahan emas terbesar UBS adalah 100 gram.

Baca juga: Mau Investasi Emas, Mari Simak 7 Tipsnya Berikut Ini

Kerugian investasi emas

Secara keseluruhan, Antam merupakan salah satu perusahaan yang memfasilitasi investasi emas yang paling kredibel di Indonesia. Maka dari itu, selain dari hal-hal tadi, kebanyakan kerugian investasi emas Antam adalah kerugian dari investasi emas secara umum. Maksudnya kerugian-kerugian ini juga bisa dirasakan jika melakukan investasi emas yang dicetak perusahaan manapun.

Beberapa kerugian investasi emas yang bisa dirasakan jika melakukan investasi emas Antam antara lain:

1. Harga bisa turun

Seperti investasi pada umumnya, tentu saja kerugian pertama yang dapat terjadi saat melakukan investasi emas adalah harganya berfluktuasi dan terus naik-turun.

Cara meminimalisir risiko: Hanya menginvestasikan uang dingin atau uang yang tidak akan dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dalam waktu dekat.

2. Kenaikan harga lambat

Selain selisih harga beli dan harga jual yang cukup besar, kenaikan harga emas juga cukup lambat, apalagi bila dibandingkan dengan investasi saham atau kripto. Tapi perlu diingat bahwa harga emas cenderung lebih mantap dan tidak terlalu berfluktuasi.

Dalam jangka panjang, harga emas selalu cenderung naik walaupun relatif lamban. Oleh karena itu, emas lebih cocok dijadikan investasi jangka panjang.

Cara meminimalisir risiko: Membeli emas dengan strategi lump slump yaitu langsung membeli banyak tanpa menyicil atau menabung. Dengan begini, biaya total untuk membeli emas lebih sedikit sehingga keuntungan didapatkan lebih cepat.

3. Emas batangan bisa hilang

Jika Sobat Pintar melakukan investasi emas dengan membeli emas batangan Antam dan menyimpannya sendiri, ada risiko bahwa emas itu hilang. Baik itu dalam pencurian, perampokan, 

Cara meminimalisir risiko: Gunakan jasa titip emas baik di butik emas maupun di bank. Menggunakan jasa penitipan emas tentu saja berarti Sobat PIntar harus mengeluarkan lebih banyak biaya untuk administrasi. Akan tetapi, tarif itu jika dibandingkan dengan tingkat keamanan yang didapatkan sangatlah setimpal.

Keuntungan investasi emas Antam dibandingkan emas lain

Supaya seimbang, jika tadi kita sudah mengulas kerugian investasi emas Antam, kita juga akan membahas keuntungannya dibandingkan emas lain di Indonesia.

1. Akreditasi internasional

Seperti yang sudah dibahas tadi, emas Antam memiliki akreditasi London Bullion Market Association (LBMA) yang berarti emas Antam terbukti asli.

2. Sertifikat laminasi

Lagi-lagi menunjukkan kredibilitas yang next level, emas Antam keluaran terbaru memiliki sertifikat yang menyatu dengan kemasannya. Ini meningkatkan keamanan karena pembeli emas dapat memindai kode QR yang ada pada kemasan untuk mengecek apakah emasnya asli.

3. Dapat dibeli langsung

Emas Antam dapat dibeli secara langsung di Unit Bisnis Antam atau di butik emas yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Walau begitu, untuk ukuran tertentu biasanya harus memesan terlebih dahulu karena stok tidak selalu ready.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Beli Emas Antam Terbaik

Itulah segala hal yang perlu Sobat Pintar ketahui tentang kerugian investasi emas Antam. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download