3 Bentuk Kerjasama ASEAN di Bidang Ekonomi

01 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 03 Aug 2022

Ada beberapa contoh untuk negara negara ASEAN melakukan pertukaran barang dagang, uang ataupun bentuk finansial lainnya. Dan berikut ini merupakan bentuk kerjasama Asean di bidang ekonomi

Negara ASEAN

Sebelum Anda masuk ke bahasan kerja sama ASEAN di bidang ekonomi, ada baiknya Anda mengetahui  sekilas tujuan terbentuknya negara ASEAN.

Association of Southeast Asian Nations atau biasa disebut dengan ASEAN, adalah sebuah organisasi  geo politik dan ekonomi  yang menyatukan negara-negara di Asia Tenggara. Anggota negaranya diantara lain: Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Dilansir dari Sekretariat Nasional ASEAN-Indonesia, tujuan dibentuknya ASEAN adalah untuk memberikan kesejahteraan pada warga Negara Asia Tenggara.  ASEAN juga dibentuk untuk menjaga kedamaian antar Negara, rasa keamanan, stabilitas baik itu secara ekonomi maupun politik hingga kesejahteraan masyarakatnya.

Selain itu, tujuan ASEAN berdiri  juga meliputi kerja sama dari berbagai bidang. Dan di artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana bentuk dan contoh kerja sama ASEAN di bidang ekonomi.

Tujuan kerja sama Asean di bidang ekonomi

Tujuan kerja sama di bidang ekonomi antar Negara ASEAN tidak lepas dari awal tujuan terbentuknya  ASEAN itu sendiri.

Dilihat secara luas, kerja sama ini dibentuk untuk mencapai harapan yang diinginkan oleh Negara ASEAN di berbagai bidang. Namun kerjasama di bidang ekonomi sendiri tujuannya adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi lewat perdagangan, sosial budaya, pertanian serta industri.

Tujuan ini dilakukan berbagai anggota Negara ASEAN yang kemudian di terapkan lewat kerjasama antar anggota Negara. Bentuk dan contoh kerjasama ASEAN di bidang Ekonomi


Lantas, apa saja bentuk dan contoh kerjasama ASEAN di bidang ekonomi? Berikut ulasannya:

  1. Sektor Industri (AICO) 

Implementasi ASEAN Industrial Cooperation (AICO) adalah sebuah implementasi kerja sama di bidang industri pada negara anggota ASEAN.

Jadi, dengan adanya kerja sama ini negara-negara anggota ASEAN dapat turut membangun berbagai industri di beberapa negara.

Bisa di bilang, Kerja sama sektor industri ini adalah hal yang utama. Kenapa? Karena lewat arus industri inilah negara dapat investor dari luar. Selain itu, sektor industri ini juga yang membuat negara kita, Indonesia, jadi bisa mengikuti teknologi yang sedang hype.  

Contoh nyata kerja sama AICO yang related dengan keadaan pandemik saat ini adalah dengan adanya ASEAN Vaccine Project, yaitu sebuah pabrik yang terletak di Singapura untuk memproduksi vaksin. 

Contoh lain di Indonesia sendiri terdapat pabrik hasil kerja sama AICO, yaitu Asean Aceh Fertilizer Project. Sesuai Namanya, pabrik ini sebagai sentra industri pupuk yang berlokasi di Aceh.

Kerja sama Asean di bidang ekonomi dalam sektor industri juga sebagai jembatan pertukaran informasi tentang kebijakan perencanaan masing-masing negara.

Tujuan terbentuknya AICO adalah untuk membuka kesempatan perusahaan di ASEAN agar saling kerja sama hasilkan produk dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki para perusahaan negara ASEAN. AICO juga memberikan perhatiannya untuk para pelaku industri kecil. 

  1. Sektor Perdagangan (AFTA)

Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN atau dalam Bahasa inggrisnya Asean Free Trade Area (AFTA) adalah adalah sebuah kerja sama di dalam sektor perdagangan. Dimana dalam sektor ini negara negara ASEAN bisa melakukan perdagangan bebas nan kompetitif

Di kutip dari Wikipedia, tujuan diberdirikannya AFTA adalah untuk permudah dan meningkatkan perdagangan dan daya saing produk negara-negara ASEAN bisa kuat dalam pasar dunia.

Tujuan lainnya adalah untuk menarik minat investor asing agar berinvestasi langsung ke dalam negara ASEAN. Selain itu juga AFTA berfungsi untuk mengembangkan ekonomi di wiliyah ASEAN.

Contoh pengaruh yang didapat Indonesia setelah bergabung dalam AFTA adalah Indonesia dapat lebih mudah melakukan ekspor ke negara ASEAN. AFTA juga memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk melakukan kerja sama perdagangan dengan negara-negara ASEAN.

Bagaikan pisau bermata dua, selain ada positifnya terdapat sisi negatifnya bagi Indonesia. Dengan bergabungnya Indonesia ke AFTA ini, persaingan perdagangan Indonesia dirasa akan makin sengit karena adanya perdagangan bebas. Sehingga, membuat masyarakat lebih memilih produk luar negeri dari pada produk dalam negeri.

Tapi ini justru menjadi tantangan untuk warga Indonesia bukan? untuk memberikan produk yang berkualitas tinggi dan memiliki jiwa kompetitif. 

Adanya pusat promosi ASEAN

Sebagian orang pasti senang Ketika membaca kata ‘promosi’ Begitupun Anda, kan? Begitupun dengan kerja sama ASEAN di bidang ekonomi ini. 

Selain adanya sektor perdagangan, ASEAN juga membuka ‘lapak’ di negara Jepang yang bertujuan untuk meningkatkan kegiatan ekspor dan investor dari negara-negara ASEAN ke Jepang.

Promosinya pun beragam, mulai dari perdagangan, investasi hingga pariwisata.

  1. Sektor ekonomi pariwisata

Tumbuhnya sektor pariwisata di negara Asia Tenggara membuat ASEAN mengadakan ASEAN Tourism Forum (ATF). Sebuah acara rutin tahunan untuk meningkatkan kerja sama di antara negara ASEAN.

Tujuan ATF ini adalah untuk mempromosikan wilayah ASEAN sebagai satu tujuan wisatawan. ATF juga mempromosikan, bertukar ide, dan menganalisa industri ASEAN sebagai tujuan yang bisa dikunjungi oleh banyak turis dari luar negara Asia Tenggara. 

Selain promosikan wilayah ASEAN, ATF juga mendorong Kerjasama dalam pemasaran, produk maupun investasi di bidang pariwisata. ASEAN juga terus berupaya untuk bisa meningkatkan kemudahan dalam melakukan perjalanan ke negara antar ASEAN, yang rencananya akan ada single visa untuk wilayah ASEAN.

Anda pasti tidak asing SEA GAMES bukan? Yap, pesta olah raga yang diselenggarakan tiap dua tahun sekali ini juga adalah contoh bentuk kerja sama negara ASEAN di bidang ekonomi pariwisata. 

Lewat SEA GAMES, diharapkan bisa menjadi promosi pariwisata negara yang menjadi tuan rumah. Banyak atlet dari luar negeri yang turut menumbuhkan sektor ekonomi kreatif di daerah yang menjadi tuan rumah, dengan membeli cinderamata dan kuliner. 

Strategi Indonesia dengan ASEAN di bidang ekonomi pariwisata

Sektor ekonomi di bidang pariwisata adalah salah satu yang di favoritkan bagi Indonesia. Alasannya, karena banyak penduduk di Indonesia sendiri yang menjadikan pariwisata sebagai pundi uang lewat hotel, restoran, villa dan sebagainya.

Dari data yang di kutip kemenpar.go.id menyatakan bahwa pariwisata menjadi penyumbang devisa terbesar di Indonesia.

Kekayaan alam dan budaya Indonesia sendiri menjadi daya tarik para turis asing untuk berkunjung ke Indonesia. Jadi tidak heran, jika pariwisata menjadi penyokong terbesar ekonomi negara Indonesia begitupun dengan negara-negara ASEAN lainnya.

Sektor pariwisata sendiri juga bertujuan untuk membuka lapangan kerja untuk para penduduk Asia Tenggara atau ASEAN. 

Kerja sama di dalam sektor pariwisata ini diharapkan menjadi perantara atau penghubung untuk memajukan ekonomi antar negara ASEAN dan juga melestarikan budaya lokal antar negara ASEAN.

Di artikel ini Anda belajar memahami tentang 3 bentuk dan contoh kerja sama ASEAN di bidang ekonomi. Selain itu Anda juga mengetahui apa saja manfaat, contoh implementasi, hingga tujuan diadakannya kerja sama antar ASEAN di bidang ekonomi dengan Indonesia. Semoga artikel ini membantu

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Aug 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download