Aplikasi Kartu Ucapan Ulang Tahun Beserta Jenis

17 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 28 Mar 2022

Mengirimkan hadiah kepada kerabat yang sedang merayakan hari spesial biasanya disertai dengan kartu ucapan, salah satunya adalah hadiah ulang tahun yang di dalamnya biasanya disertai dengan kartu ucapan ulang tahun. 

Sudah banyak kartu ucapan ulang tahun yang tersedia di pasaran dan bisa Sobat Pintar beli, tapi tentu akan lebih terasa spesial kalau bisa membuat kartu ulang tahun sendiri kan? Tapi gimana caranya ya untuk bisa membuatnya?

Baca juga: Cara Membuat Lampion dari Kertas Unik dan Inspiratif

Aplikasi untuk membuat kartu ucapan ulang tahun

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi pun semakin berkembang. Dengan adanya berbagai macam teknologi yang muncul beberapa tahun ke belakang ini membuat kita bisa membuat segala macam hal, salah satunya adalah kartu ucapan ulang tahun. Berikut beberapa aplikasi yang bisa Sobat Pintar gunakan jika ingin membuat kartu ucapan ulang tahun sendiri:

1. TouchNote

Aplikasi Kartu Ucapan Ulang Tahun Beserta Jenis

Aplikasi pertama yang bisa Sobat Pintar gunakan untuk membuat kartu ucapan ulang tahun adalah aplikasi TouchNote yang sudah bisa diunduh di ponsel Android atau iOS. Dalam aplikasi ini Sobat Pintar bisa menggunakan foto milik Sobat Pintar sebagai dasar atau background untuk membuat kartu ucapan ulang tahun. Dalam aplikasi ini pun terdapat beberapa filter yang bisa membuat kartu ucapan ulang tahun yang dibuat menjadi semakin cantik dan bisa disesuaikan dengan selera Sobat Pintar.

2. Canva

Aplikasi Kartu Ucapan Ulang Tahun Beserta Jenis

Siapa yang tidak kenal aplikasi ini? Canva adalah salah satu aplikasi terbaik untuk desain, salah satunya untuk desain kartu ulang tahun Sobat Pintar.

Tidak perlu bingung untuk mendesain karena dalam aplikasi Canva sudah disiapkan berbagai layout kartu ucapan yang sesuai dengan yang diinginkan Sobat Pintar. Sehingga Sobat Pintar tinggal memilih layout yang sudah tersedia kemudian diedit. Atau jika Sobat Pintar sudah memiliki desain sendiri, Sobat Pintar juga bisa membuat desainnya langsung di aplikasi Canva.

Baca juga: Cara Membuat Undangan Nikah dengan Canva

3. Postagram

Pada aplikasi ini, Sobat Pintar visa mengubah foto dari sosial media seperti Facebook, Instagram, atau bisa juga dari album foto Sobat Pintar lalu kemudian diedit menjadi kartu pos yang berkualitas tinggi. Setiap kartunya bisa dilengkapi dengan foto dan pesan yang bisa diisi dengan 140 karakter.

4. InkCards

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat kartu ulang tahun adalah InkCards. Aplikasi yang sudah bisa digunakan di perangkat Android maupun iOS ini dilengkapi dengan 500 template dan desain yang bisa digunakan oleh Sobat Pintar. Sehingga dengan beragam template dan desain ini Sobat Pintar bisa membuat kartu ucapan ulang tahun yang beragam dan sesuai selera penerima kartu tersebut.

5. Greeting Cards app: All Occasions Greeting

Dengan menggunakan aplikasi ini, Sobat Pintar bisa menambahkan foto dan juga teks pada kartu ulang tahun yang ingin dibuat. Terdapat banyak template yang bisa digunakan selain untuk ucapan ulang tahun, seperti ucapan tahun baru dan juga ucapan hari besar lainnya.

Jenis kartu ucapan ulang tahun yang bisa dipilih

Jika Sobat Pintar ingin memberikan kartu ulang tahun yang praktis, Sobat Pintar bisa langsung membelinya di toko-toko yang bisa menyediakan alat tulis atau perlengkapan kado. Ada beberapa jenis kartu ucapan ulang tahun yang bisa dipilih:

1. Pop up card

Kartu ulang tahun satu ini merupakan kartu yang ketika dibuka akan menyajikan gambar pop up yang tentunya sangat menarik untuk diberikan. Gambar pop up tersebut bisa juga ditampilkan secara 3D agar bisa memberikan kesan yang lebih nyata.

2. Dried flower card

Jika orang yang ingin diberikan kartu ulang tahun adalah seseorang yang spesial, maka kartu ini bisa menjadi salah satu pilihan yang pas. Disertai dengan bunga kering pada sampulnya, membuat kartu ucapan ini menjadi lebih spesial. 

Biasanya pilihan bunga yang disediakan cukup beragam dan unik diantaranya edelweiss putih, wheat flour, caspea natural, dan masih banyak jenis bunga lain yang biasanya digunakan. Pilihan bunga ini biasanya random, tergantung stok yang tersedia. Alternatif lain yang bisa digunakan adalah Sobat Pintar bisa mengeringkan sendiri bunga yang disukai lalu kemudian tempelkan bunga kering tersebut pada kartu ucapan yang ingin diberikan.

3. Tag card

Seringkali digunakan untuk identitas pakaian atau barang yang dijual, ternyata tag ini bisa digunakan juga sebagai kartu ucapan ulang tahun. Terutama bagi Sobat Pintar yang ingin memasukkan kartu ulang tahun ke dalam kado, penggunaan tag card ini sangat praktis karena bisa ditempelkan langsung ke kado yang sudah dibungkus.

Tag card juga bisa digantungkan menggunakan rantai kecil, pita, atau bisa juga ditempelkan langsung ke bagian luar kado. Memiliki banyak jenis bentuk, warna, dan desain membuat tag card banyak digemari. Tinggal disesuaikan saja dengan karakter penerima kado, maka Sobat Pintar sudah bisa memberikan kartu ucapan yang spesial.

4. Acrylic birthday card

Sobat pintar pasti udah nggak asing dengan bahan satu ini, yaitu acrylic. Biasanya digunakan untuk tempat penyimpanan make up atau barang lainnya, ternyata acrylic juga bisa digunakan sebagai ucapan ulang tahun. Biasanya pembuatan kartu ucapan jenis ini dikerjakan sesuai pesanan atau custom.

Hal yang perlu diperhatikan jika Sobat Pintar ingin memberikan kartu ucapan ulang tahun dari acrylic, Sobat Pintar harus berhati-hati ketika mengirimkan kadonya karena acrylic merupakan barang pecah belah sehingga rawan untuk pecah jika tidak hati-hati. Cara yang bisa digunakan agar kartu ucapan acrylic tetap aman dalam proses pengiriman adalah dengan menggunakan bubble wrap sehingga acrylic bisa terbungkus dan aman selama perjalanan.

Dari semua jenis kartu di atas, kira-kira yang mana yang sesuai dengan Sobat Pintar? Tentu semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, tinggal disesuaikan saja dengan budget dan juga kesukaan dari penerima kado.

Alternatif lainnya yang bisa dipilih adalah membuat kartu ulang tahun sendiri dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang sudah disebutkan di atas. Semoga ada aplikasi yang bisa membantu Sobat Pintar untuk membuat kartu ulang tahun untuk diberikan kepada orang yang spesial, ya!

Baca juga: 5+ Aplikasi Edit Video Terbaik 2021 Rekomen

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download