Milenial Wajib Tahu, Apa Itu Kalkulator Investasi?

20 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 28 Jan 2022

Kalkulator investasi adalah apa yang dibutuhkan oleh generasi milenial saat ini. Meskipun hasil perhitungannya tidak selalu akurat, setidaknya alat ini bisa menjadi patokan bagi investor pemula ketika akan menanamkan dananya pada suatu instrumen investasi.

Perkembangan investor di Indonesia meningkat tajam beberapa tahun belakangan ini dan mayoritas terdiri dari generasi milenial. Investor-investor muda Indonesia ini sedang mengalami gejolak dan euphoria yang luar biasa di bidang investasi. Mereka berlomba-lomba untuk menanamkan uang dari hasil penghasilan ke dalam berbagai instrumen investasi pilihannya.

Baca juga:  Ingin Memulai Investasi? Yuk Belajar Investasi di Platform Berikut

Apa itu kalkulator investasi?

Kalkulator investasi memiliki makna yang hampir sama dengan kalkulator pada umumnya, yaitu sebuah alat hitung yang digunakan oleh para investor atau calon investor ketika akan melakukan investasi.

Hal ini biasanya diprakarsai oleh sebuah lembaga yang menawarkan jasanya untuk melakukan perhitungan terhadap dana investasi Sobat Pintar. Perhitungan ini merupakan bentuk simulasi yang menunjukkan gambaran perkembangan investasi Sobat Pintar di masa depan. Meskipun hanya simulasi, perhitungan yang diberikan juga sangat lengkap mulai dari keuntungan hingga kemungkinan nilai kerugian yang diperoleh dari instrumen investasi yang dipilih.

Namun, perlu diingat, terutama oleh investor pemula, bahwa hitungan tersebut hanyalah sebuah simulasi. Nilai yang dihitung tidak selalu benar dan tidak selalu relevan dengan apa yang terjadi di masa depan. Mereka hanya memberikan sebuah gambaran bagaimana kemungkinan perkembangan investasi di masa depan.

Penyedia jasa perhitungan ini tidak pernah menjamin bahwa apa yang mereka hitung untuk Sobat Pintar adalah sebuah kepastian. Sebagai investor yang cerdas, seharusnya Sobat Pintar bisa memahami hal ini. Mereka hanya memaparkan sebuah angka yang benar secara matematis, tapi belum tentu benar dengan berbagai kondisi yang bisa terjadi di masa depan.

Dengan demikian, perhitungan tersebut tidak bisa dijadikan sebagai tolak ukur utama perkembangan investasi karena yang bisa menentukan tetaplah kemampuan analisa Sobat Pintar.

Pentingnya kalkulator investasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa artikel ini bisa memberikan gambaran tentang perkembangan dan perolehan investasi di masa depan.

Sebelum melakukan investasi, yang pertama kali dilakukan dan krusial adalah pemilihan instrumen investasi. Kemudian, berlanjut pada perhitungan jumlah dana investasi yang juga tidak kalah penting sehingga saat tersebut peran kalkulator investasi diperlukan.

Kalkulator tersebut akan membantu Sobat Pintar menghitung secara detail dan terperinci tentang dana investasi, mulai dari bagaimana pola hitungnya hingga variabel-variabel pendukung yang muncul akibat kondisi dari investor. Mereka akan berusaha memberikan gambaran investasi yang terbaik dan paling relevan.

Cara mendapatkan kalkulator investasi

Dunia yang semakin canggih, membuat Sobat Pintar bisa menemukan instrumen ini dengan mudah secara online. Sobat Pintar cukup mengetikkan kata kunci kalkulator investasi pada mesin pencarian yang digunakan, kemudian akan muncul puluhan layanan kalkulator investasi sebagai hasil pencarian.

Masing-masing platform digital tersebut akan menawarkan layanan yang sangat bervariasi. Untuk itu, Sobat Pintar harus lebih teliti dalam memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kriteria. Mencoba salah satu diantara mereka untuk mendapatkan perhitungan kasar tentu tidak menjadi masalah.

Baca juga:  6 Jenis Investasi yang Cocok Untuk Anak Muda!

Jenis-jenis kalkulator investasi

Berikut adalah beberapa jenis kalkulator investasi yang bisa digunakan untuk memprediksi dan mensimulasi perkembangan dana investasi di masa depan.

1. Perhitungan akhir

Biasanya platform digital yang menggunakan jenis perhitungan ini akan menyebut diri mereka sebagai ‘nilai investasi masa depan’ atau ‘target nilai investasi’.

Kalkulator jenis ini akan memberikan perkiraan perhitungan nilai dari hasil investasi yang akan diperoleh di masa depan. Perhitungan yang dilakukan yaitu maidari perhitungan dana awal yang masuk, pemilihan jangka waktu investasi, pemilihan profil risiko serta nilai inflasi setiap tahunnya.

2. Perhitungan bulanan

Jenis kalkulator yang kedua adalah perhitungan bulanan. Dalam hal ini, jenis kalkulator bulanan memiliki dua pemahaman. Yang pertama, yaitu kalkulator yang memang mencari jumlah dana yang diperlukan untuk melakukan investasi setiap bulannya. Yang kedua, yaitu kalkulator yang menggunakan variabel dan data dana investasi bulanan untuk memperoleh hasil akhir dari perhitungan tersebut.

3. Perhitungan persiapan dana

Jenis selanjutnya dari platform kalkulator digital ini adalah perhitungan persiapan dana, yang artinya perhitungan dilakukan dengan mencari jumlah dana yang perlu dipersiapkan oleh investor untuk melakukan investasi di awal. Sehingga, akan diperoleh hasil perhitungan yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis perhitungan bulanan.

4. Periode

Nah, jenis kalkulator ini diperuntukkan bagi Sobat Pintar yang ingin mengetahui durasi atau lamanya investasi yang dilakukan untuk memperoleh keuntungan yang diinginkan. 

Instrumen ini akan memberikan Sobat Pintar hasil perhitungan otomatis tentang jangka waktu investasi tersebut hanya dengan memasukkan variabel-variabel yang diperlukan.

Itulah berbagai informasi terkait investasi dan jenis-jenisnya. Dengan adanya informasi ini, tentunya dapat memberikan pemahaman baru kepada investor pemula terkait perhitungan dana investasi.

Jangan lupa untuk senantiasa gunakan pinjaman Kredit Pintar untuk berbagai keperluan dana Sobat Pintar. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Baca juga:  Pemula Wajib Tahu, Cara dan Tips Memulai Investasi

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download