Mengenal Jenis Asuransi Perjalanan

04 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 05 Nov 2021

Travelling atau bepergian telah menjadi pilihan banyak orang di tengah padatnya kesibukan bekerja. Biasanya orang bepergian untuk menyegarkan pikiran dari penatnya pekerjaan yang berat. Tak hanya sebagai pilihan untuk menyegarkan pikiran, banyak pula orang yang telah menjadikan travelling sebagai pilihan pekerjaan.

Bagi Sobat Pintar yang hobi bepergian ke sana ke mari entah untuk bekerja atau bersenang-senang, tidak ada salahnya untuk membuat asuransi perjalanan atau travel insurance. Hal tersebut tentu bertujuan untuk keamanan diri ketika bepergian ke banyak tempat. 

Baca juga: Pengertian Asuransi dan Tips Memilih Asuransi Yang Tepat

Pada artikel ini akan dibahas hal-hal tentang asuransi perjalanan dalam dan luar negeri terbaik, jadi pastikan kamu membaca sampai selesai demi keselamatan travelling kamu, ya!

Apa itu Asuransi Perjalanan?

Pengertian asuransi perjalanan adalah asuransi yang akan melindungi kamu dari segala kemungkinan buruk yang dapat terjadi ketika kamu sedang bepergian. Asuransi perjalanan atau travel insurance memang sifatnya tidak wajib untuk semua orang. Namun, bagi kamu yang sering bepergian, asuransi perjalanan menjadi sangat penting untuk dibuat.

Kita tidak dapat memprediksi apa yang terjadi ketika kita sedang bepergian. Asuransi perjalanan akan menjadi pelindung bagi hal-hal di luar kendali tersebut. Asuransi tersebut berhubungan dengan keamanan dan keselamatan kamu jika ada hal buruk terjadi. Semisal saat kamu bepergian rumah terjadi kebakaran, bagasi hilang, terjadi kecelakaan dan butuh biaya perawatan, dan hal buruk lainnya.

Asuransi perjalanan dapat dibuat untuk keperluan bepergian dalam dan luar negeri. Proses pembuatan asuransi ini juga termasuk fleksibel, jadi kamu bisa membuatnya sewaktu-waktu sebelum bepergian. Bahkan, kamu dapat membeli asuransi perjalanan satu paket dengan tiket pesawat kamu. Cukup fleksibel, kan?

Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan 

Saat Sobat Pintar sudah yakin untuk membeli asuransi perjalanan, pastikan kamu tahu jenis asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah jenis-jenis asuransi perjalanan yang dapat dipilih bergantung pada kebutuhan Sobat Pintar: 

  1. Asuransi tergantung Lokasi Perjalanan 

Jenis asuransi perjalanan pertama dipilih berdasarkan lokasi perjalanan yang ditempuh baik lewat jalur darat, laut, dan darat. Asuransi perjalanan tergantung lokasi ini dibagi menjadi asuransi perjalanan dalam negeri dan asuransi luar negeri.

Sesuai dengan namanya, asuransi dalam negeri menanggung area bepergian dalam negeri atau di Indonesia saja. Begitu pula dengan asuransi luar negeri, maka asuransi ini menanggung kamu ketika bepergian ke luar negeri.

Tak hanya berbeda area yang ditanggung, jumlah premi untuk kedua jenis asuransi tersebut juga berbeda. Jika bepergian ke wilayah Australia, Eropa, dan Amerika dan membeli asuransi perjalanan, bisa dipastikan kamu mendapatkan premi yang lebih besar dibanding bepergian beda wilayah dalam Indonesia.

Asuransi perjalanan luar negeri ada juga yang spesial, yaitu untuk jemaah haji dan umroh yang bepergian ke tanah suci. Asuransi perjalanan khusus ini juga memiliki premi yang lebih besar.

  1. Asuransi tergantung Tujuan Perjalanan

Jenis asuransi perjalanan selanjutnya tergantung tujuan perjalanan ini dibedakan menjadi dua. Yang pertama adalah jenis asuransi perjalanan dengan tujuan bisnis atau pekerjaan. Yang kedua adalah asuransi perjalanan dengan tujuan berlibur.

Baca juga: Ketahui 3 Tips Membeli Premi Asuransi Yang Cocok

Dari dua jenis asuransi tergantung perjalanan tersebut memiliki perbedaan, yaitu premi yang diberikan kepada pemilik asuransi. Biasanya premi yang ditawarkan untuk tujuan berlibur lebih sedikit dibanding tujuan bekerja. Hal tersebut karena bepergian dengan tujuan bisnis memiliki risiko yang lebih besar dibanding berlibur.

  1. Asuransi tergantung Kurun Waktu Perjalanan

Berapa kali kamu bepergian juga dapat menjadi penentu jenis asuransi perjalanan yang bisa kamu pilih. Jika hanya berencana melakukan satu kali perjalanan atau single trip, kamu bisa memilih asuransi untuk satu kali perjalanan (single trip insurance). Hal ini tentu tidak akan memakan biaya banyak. 

Jika sering bepergian, kamu lebih baik memilih asuransi perjalanan untuk kurun waktu perjalanan tertentu atau untuk satu tahun. Hal ini akan lebih efektif sehingga kamu tidak perlu lagi mendaftarkan diri untuk ikut asuransi perjalanan. Dalam sekali mendaftar, perjalanan kamu yang dapat berkali-kali dalam setahun dapat ditanggung asuransi perjalanan tahunan (annual trip insurance).

  1. Asuransi tergantung Jumlah Orang yang Ditanggung 

Saat bepergian, ada orang yang bepergian sendirian atau berkelompok. Maka ada juga jenis asuransi perjalanan tergantung jumlah orang yang ditanggung. Jika kamu bepergian sendiri, pilihlah jenis asuransi perjalanan individu. Jika bepergian dalam grup, kamu bisa memilih asuransi perjalanan kelompok.

Premi  yang ditawarkan untuk asuransi perjalanan kelompok biasanya lebih murah dibanding asuransi perjalanan individu. Jumlah orang yang diikutkan berbanding terbalik dengan premi yang dibayarkan. Jadi semisal makin banyak orang yang diikutkan dalam asuransi perjalanan kelompok, maka jumlah premi yang wajib dibayar akan semakin sedikit. Pengguna jasa asuransi ini biasanya rombongan sekolah atau kampus, bahkan agen travel.

Alasan Wajib Memiliki Asuransi Perjalanan 

Bagi Sobat Pintar yang sering bepergian, asuransi perjalanan menjadi kebutuhan yang tak terelakkan. Asuransi perjalanan dapat menjadi pegangan ketika ada hal-hal yang tidak mengenakkan terjadi. Berikut ini adalah alasan kamu wajib memiliki asuransi perjalanan ketika bepergian :

  1. Mengganti Rugi Perjalanan yang Terlambat dan Batal

Bayangkan agenda bepergian yang telah direncanakan tiba-tiba ada penjadwalan ulang atau lebih buruk batal. Tentu hal tersebut sangat menjengkelkan, bukan? Apalagi ditambah tidak ada ganti rugi jika hal buruk terjadi. Hal tersebut tidak akan terjadi jika kamu memiliki asuransi perjalanan ketika bepergian

Asuransi perjalanan akan mengganti rugi ketika kamu mengalami keterlambatan alat transportasi atau bahkan perjalanan kamu batal. Dari sini, kita dapat melihat betapa pentingnya asuransi perjalanan bagi kamu yang bepergian.

  1. Mengganti Rugi Kerusakan dan Kehilangan Bagasi

Saat bepergian kamu mengalami kerusakan atau bahkan kehilangan bagasi? Jika menggunakan asuransi perjalanan, kamu bisa menenangkan diri. Pihak asuransi akan mengganti rugi kerusakan dan kehilangan bagasi yang kamu alami. Jadi, masih malas untuk membuat asuransi perjalanan?

  1. Menanggung Biaya Perawatan

Alasan selanjutnya mengapa kamu wajib memiliki asuransi perjalanan adalah tidak ada yang memprediksi kapan kita jatuh sakit atau terjadi kecelakaan yang tidak diduga. Dengan mengikuti asuransi perjalanan, biaya perawatan kamu selama sakit di tempat tujuan dapat ditanggung dengan asuransi.

Coba bayangkan jika kamu sedang sakit dan berada di luar negeri tapi tidak memiliki asuransi perjalanan, biaya perjalanan akan membengkak sangat besar. Jadi jangan lupa untuk mendaftarkan diri pada asuransi perjalanan sebelum kamu bepergian.

  1. Biaya Santunan jika Terjadi Kecelakaan

Jika terjadi kecelakaan baik yang mengakibatkan atau tidak, tentu hal tersebut menyebabkan kerugian kepada kamu. Apalagi jika yang mengalami kecelakaan adalah tulang punggung keluarga, tentu akan sangat berpengaruh pada ekonomi keluarga.

  1. Menanggung Biaya Kerugian Perjalanan karena Penyebab Lain

Alasan terakhir mengapa kamu wajib mengikuti asuransi perjalanan adalah ketika ada kerugian yang disebabkan karena perjalanan kamu. Semisal saat kamu bepergian dan terjadi kebakaran di rumah, asuransi perjalanan dapat menanggung kerugian tersebut.

Baca juga: Yang Sudah Punya Asuransi Jiwa, Tunjuk Jari!

Kesimpulan

Demikian tadi penjelasan mengenai asuransi perjalanan dan segala hal yang dapat meyakinkan kamu untuk memiliki asuransi perjalanan. Pastikan perjalanan kamu memiliki asuransi untuk meminimalkan kerugian yang tak terduga. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download