Bisa Jadi Cuan, Ini Beberapa Jenis Bunga Keladi Mahal

11 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 19 May 2022

Bunga keladi enak dipandang dan unik, sehingga banyak disukai. Beberapa jenis bunga keladi mahal tetap diminati dan diburu pecinta tanaman. Sebagian orang kemudian memeliharanya untuk dijual kembali

Tanaman dengan nama ilmiah Caladium ini adalah varian tumbuhan yang berasal dari negeri samba, Brazil. Dahulu, tanaman Keladi umum adalah tumbuhan-tumbuhan liar. Akan tetapi, karena kini telah menjadi viral di media sosial, banyak orang bahkan rela merogoh kocek untuk mendapatkanya.

Sebagian pecinta tanaman hias berusaha menggabungkan beberapa varian sehingga tercipta varian keladi baru yang lebih cantik. Beberapa variasi keladi tersebut dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Berikut adalah beberapa jenis bunga keladi mahal yang mungkin Anda minati. 

Bunga Keladi

Baca Juga: 4 Cara Mengolah Lidah Buaya di Rumah

Beberapa Jenis Bunga Keladi Mahal

Keladi Thailand (Rp1 Juta)

keladi thailand

Bunga Keladi Thailand daunnya cukup lebar dengan dominasi warna merah. Coraknya begitu menarik dan menggoda. Terdapat bercak-bercak putih yang membuatnya semakin indah.

Dalam taksonomi, keladi Thailand dikategorikan family Araceae, juga biasa disebut Caladium ‘Thai Beauty’. Tanaman ini sering disebut dengan nama Angel Wings atau Caladium ‘Thai Beauty’. Adapun dalam bahasa Thailand tanaman ini disebut sebagai bon see.

Untuk penghias ruangan rumah jenis keladi ini menjadi terlihat sangat mencolok dan segar. Harganya lebih dari 1 juta rupiah. Anda bisa memilikinya untuk menghias spot rumah Anda

Keladi Hibrida (Rp4,3 Juta)

Bunga Keladi Hibrida

Keladi hibrida memiliki bentuk daun yang mengerucut. Daunnya tidak terlalu lebar dan sedikit panjang. Uniknya ada di pangkal daun yang membentuk telinga. Ukurannya memang tidak terlalu besar sehingga bisa diletakkan di pot gantung. 

Untuk memilikinya Anda harus merogoh kocek hingga 4 jutaan rupiah. Harganya yang cukup mahal mungkin sepadan untuk menghiasi rumah Anda.

Keladi Hias Fannie Munson

Keladi Fannie Munson

Keladi hias Fannie Munson adalah warna tepi daun yang merah. Urat daunnya berwarna merah tua transparan. Daunnya lebar dan sangat indah. 

Tanaman hias keladi fannie munson dapat tumbuh sampai ketinggian 75 centimeter. Diperlukan paling tidak 23 minggu agar daun tumbuh seutuhnya. Tapi, lama waktu tersebut akan terbayar lunas jika sudah menikmati tampilan daunnya yang cantik.

Harga bibit keladi fannie munson hanya Rp 60-80 ribu dan untuk yang sudah dewasa mencapai Rp 150-200 ribu.

Keladi Hias Wayang atau Thai Beauty

Jenis tanaman  keladi hias ini termasuk jenis keladi yang ada di Indonesia. Harga anakan keladi wayang dipasarkan sekitar Rp 50-100 ribu dan dewasanya Rp 100-300 ribu. Keunikan tanaman keladi wayang terletak pada polanya yang seperti batik merah, putih dan hijau.

Tidak perlu cemas karena cara merawat tanaman keladi hias ini sangatlah mudah ditanam dan benar-benar adaptif pada semua jenis tanah.

Keladi Red Kujang (Rp3 Juta)

Keladi Red Kujang

Keladi red kujang memiliki bentuk daun yang menyerupai seperti senjata khas daerah Jawa Barat yakni kujang. Daun pada tanaman ini berwarna jernih. Daunnya cukup banyak dan tangkainya cukup memanjang ke atas. Coraknya juga unik.

Harganya cukup mahal, yakni 3 juta rupiah. 

Keladi Sexy Pink

Keladi Sexy Pink

Sedikit berbeda dengan keladi jenis lainnya, keladi sexy pink terlihat sedikit lebih pucat. Keladi jenis ini memiliki warna merah muda yang lembut. 

Daunnya sama seperti keladi biasa, namun warna merah mudanya yang estetik justru menjadi ciri khas yang unik. Harganya cukup murah, yakni Rp150 ribu per pot. Uniknya, harganya akan semakin mahal jika bercak bintik pada daun lebih banyak karena semakin indah.

Baca Juga: Cara Menanam Strawberry Hidroponik di Daerah Panas

Keladi Hias Carolyn Whorton

Keladi jenis ini jadi buruan pencinta keladi. Keladi whorton sangat kuat dari penyinaran. Caladium berdaun mewah ini lebih tahan dengan sinar matahari dibandingkan kebanyakan Caladium.

Harga anakan dari tanaman keladi carolyn whorton berada di antara Rp 50-100 ribu, sedang harga dewasa mencapai Rp 100-200 ribu. Keunikan keladi carolyn whorton pada pola bintik merah, hijau dan putih bersih. 

Terdapat pola garis seperti urat berwarna merah, serta pinggiran daun bernuansa hijau. Keladi carolyn whorton ini sangat sesuai untuk mencerahkan batas jalan dan ditanam dalam pot. Pastikan untuk menggunakan pot yang menarik.

Keladi Hias Shy Cool

Keladi Shy Cool

Keladi Shy Cool cukup populer di kalangan pecinta tanaman di Indonesia. Biasanya disebut keladi cat tumpah. Keunikan keladi Shy Cool terletak pada warna merah di daunnya yang seperti terkena cat merah. 

Untuk memilikinya, Anda dapat membeli bibit dari keladi shy cool dengan harga Rp 70-120 ribu. Adapun keladi shy cool dewasa dibanderol Rp 200-500 ribu.

Keladi Minyak (Rp100-750 Ribu)

Keladi Minyak

Keladi mahal lain yang juga menarik adalah keladi minyak. Daunnya cukup banyak. Motif bercak-bercak menambah kesan estetis jenis keladi ini. Paduan warna hijau dan merah membuatnya terlihat segar.

Jenis keladi ini sangat pas jika diletakkan di pekarangan rumah. Keunggulan lainnya adalah sifatnya yang mudah untuk ditanam dan adaptif di semua jenis tanah. 

Harga keladi ini cukup beragam, mulai dari 100 ribu hingga 750 ribu. Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan keladi jenis ini. 

Cara Merawat Bunga Keladi

Tanaman keladi yang tumbuh subur tentu saja menjadi dambaan siapapun yang menanamnya. Cara merawat tanaman keladi-keladi tersebut cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya: 

  1. Siram secara rutin agar tidak kering. Tanaman hias keladi membutuhkan banyak air
  2. Pergunakan media tanam yang steril sehingga terbebas dari patogen. 
  3. Pastikan tercukupi kebutuhan cahaya matahari. 
  4. Berikan pupuk sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menggunakan pupuk cair atau NPK 16-16-16 yang dicampur dengan air cucian beras dengan takaran 5 sendok makan per 20 liter air atau setengah sendok untuk setiap 2 liter air.
  5. Rawat tanaman dari serangan hama. Untuk mengenali kehadiran hama pada tanaman Keladi lihatlah garis tepi daun yang compang-camping. Pada umumnya hama yang menyerang tanaman Keladi adalah kutu dan ulat.
  6. Jika diperlukan untuk dibersihkan lebih lanjut, Anda bisa mencuci daun dengan sabun hortikultura.

Dengan adanya pandemi dan keharusan untuk social distancing, banyak orang tiba-tiba memiliki banyak waktu luang. Anda bisa merawat bunga keladi sebagai salah satu kesibukan baru yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga bisa menguntungkan.

Itulah informasi mengenai beberapa jenis bunga keladi mahal yang bisa menjadi pilihan bagi Anda. Semoga bermanfaat untuk sahabat Kredit Pintar.

Baca juga: Mau Bisnis Tanaman Hias Daun? Why Not! Simak Tips Berikut!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
19 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download