Jangan Sampai Jadi Korbannya! Berikut Cara Menghindari Pinjaman Online Ilegal

08 Apr 2021 by dan.shen
cara menghindari pinjaman online ilegal

Pernah menerima SMS yang menawarkan pinjaman online? Abaikan saja, karena kemungkinan itu pinjaman online ilegal. Salah satu cirinya adalah biaya pinjaman yang sangat besar. Nah, karena maraknya pinjaman ilegal maka penting buat kamu tahu bagaimana cara menghindari pinjaman online ilegal. Namun sebelum tahu cara menghindari pinjaman online ilegal, sebaiknya kamu tahu apa saja ciri pinjaman online ilegal. Berikut cirinya.

Biaya pinjaman yang tinggi

Salah satu ciri pinjaman online ilegal adalah biaya pinjaman yang dikenakan tinggi. Selain itu bunga dan denda yang diberikan juga sangat tinggi, bahkan tidak masuk atau tidak jelas dalam perjanjian sebelumnya.

Tidak memiliki legalitas

Pinjaman online ilegal tidak akan terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Jika pinjaman online legal, maka pasti akan terdaftar dan memiliki ijin resmi OJK. OJK merupakan lembaga yang bergerak independen dimana bertugas untuk mengatur dan mengawasi kegiatan keuangan seperti pasar modal dan perbankan.

SMS spam

Pinjaman online ilegal seringkal menggunakan SMS atau layanan pesan singkat untuk menawarkan pinjaman. Nah, ini mengindikasikan ilegal karena perusahaa yang memiliki ijin OJK, dilarang untuk menggunakan sarana komunikasi pribadi untuk menawarkan pinjaman.

Akses data berlebihan

Biasanya perusahaan yang telah memiliki ijin Otoritas Jasa Keuangan hanya meminta data melalui kamera, lokasi, dan mikrofon. Jika sudah melebihi hal tersebut, maka perlu perusahaan tersebut perlu dicurigasi sebagai pinjaman online ilegal.

Ciri-ciri pinjaman online ilegal diatas bersumber dari sosial media instragram Otoritas Jasa Keuangan. Selain itu, OJK juga memberikan tips untuk memilih pinjaman online dengan mengecek daftar fintech lending yang telah terdaftar dan memiliki surat ijin di OJK dengan menghubungi OJK 157 melalui nomor telepon 157 atau website resmi www.ojk.go.id. Sedangkan cara menghindari pinjaman online ilegal menurut Kementerian Informasi adalah sebagai berikut.

Pastikan legalitas

Cara cek legal atau tidaknya pinjaman online adalah pastikan alamat pengurus atau kantor harus jelas. Selain itu, perhatikan ulasan orang lain tentang pinjaman online terkait. Pentingnya mengecek rekam jejak digital, apabila jarang ada ulasan atau bahkan tidak ada maka pinjaman online tersebut patut untuk anda waspadai.

Teliti

Dalam hal ini kamu harus teliti terhadap syarat dan ketentuan yang diberikan pinjaman online. Jangan sampai karena segera butuh dana, kamu mengabaikan syarat dan ketentuan. Jika kamu tidak teliti, maka semakin besar kemungkinan terjadi pemerasan oleh pihak pinjaman online.

Cek di OJK

Penting buat kamu mengecek apakah pinjaman online terdaftar dan memiliki ijin resmi OJK. Jangan hanya karena memiliki aplikasi dan memiliki logo OJK, kamu langsung percaya pada pinjaman online tersebut. Cek pinjaman online resmi dapat di cek pada website www.ojk.go.ig.

Fee yang besar

Salah satu cara menghindari pinjaman online ilegal adalah hindari perusahaan yang menawarkan fee besar. Seperti biaya dan denda yang tidak masuk akal, sehingga penting untuk kamu teliti mengecek bagaiman syarat dan ketentuan yang berlaku.

Salah satu pinjaman online yang terdaftar dan memiliki ijin resmi OJK adalah kredit pintar. Berpusat di Sudirman, Jakarta Selatan, kredit pintar merupakan perusahaan pinjaman online berbasis P2P, yang pencairan dana sangat cepat. Berdasarkan ulasan beberapa peminjam, dana pinjaman yang diberikan oleh kredit pintar cair dalam kurun waktu kurang dari 24 jam.