Jenis-Jenis Investasi Online Untuk Kamu yang Mageran

01 Nov 2021 by Laruan

Ingin dapat uang tambahan? Tapi gak sempat untuk memulai bisnis karena pekerjaan yang begitu padat. Ada satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan uang dengan mudah, cepat dan cocok bagi pemula yaitu investasi online. Investasi ini juga bisa digunakan untuk berbagai tujuan investasi, seperti dana kuliah anak, dana masa tua, dan hiburan. Lalu bagaimana cara melakukan investasi online ini?

Namun, sebelum mulai melakukan investasi sebaiknya kamu perlu mengetahui alasan mengapa kamu harus melakukannya, seperti yang tertulis di bawah ini:

  • Mudah, sebab dapat dilakukan melalui aplikasi online tanpa perlu pergi kemana-mana. Dari rumah sambil rebahan pun bisa. 
  • Dana investasi awal terjangkau, tidak seperti investasi pada umumnya, jumlah uang yang diperlukan untuk berinvestasi secara online ini cukup terjangkau. Sehingga siapa saja dapat melakukannya, terutama bagi Anda yang baru memiliki sedikit penghasilan.
  • Cepat, investasi online dikenal memiliki proses yang cepat karena dilakukan via online atau tanpa tatap muka.
  •  Bisa dilakukan hingga luar negeri, karena dilakukan secara online maka kamu bisa menembus pasar investasi internasional dengan lebih mudah dan cepat. 

Ya, perkembangan teknologi telah mengubah semua aspek kehidupan manusia, termasuk cara berinvestasi. Dulu, investasi dilakukan dengan bantuan broker atau melalui sekuritas tertentu secara offline. Namun saat ini, kegiatan tersebut menjadi lebih mudah dengan investasi online yang bisa kamu lakukan melalui aplikasi yang ada di smartphone mu. 

Apa itu investasi? 

Sebelum membahas satu per satu tentang jenis investasi online, sebaiknya pahami dulu makna dari investasi. Secara singkat, investasi adalah sebuah kegiatan pemanfaatan keuangan dengan cara menanamkan modal dengan harapan dapat menghasilkan keuntungan di masa depan. 

Semua orang pasti menginginkan masa tua yang damai dan tidak direpotkan oleh urusan finansial lagi. Maka, kondisi keuangan yang stabil dan berkembang baik sangat diperlukan untuk mencapai semua itu. Ketika kamu berinvestasi, maka uangmu akan diletakkan atau ditanamkan sebagai modal yang kemudian dikonversikan menjadi aset finansial berupa saham atau obligasi. Sehingga, bisa menghasilkan sejumlah keuntungan di masa yang akan datang sesuai dengan jangka waktu investasi. 

Jika, kamu pelaku investasi maka kamu akan disebut sebagai investor. Investasi sedikit banyaknya mirip dengan kegiatan menabung, yaitu kamu mengalokasikan sebagian  danamu untuk disimpan di suatu tempat, namun dengan keuntungan yang lebih banyak.

Jenis-jenis investasi online

Sebelum benar-benar melakukan investasi online, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu jenis-jenis investasi online yang berkembang di Indonesia. Dengan demikian, kamu bisa memilih satu yang cocok untukmu dan kondisi keuanganmu. 

  1. Peer to Peer Lending (P2P)

Adapun prinsip dari investasi peer to peer lending atau yang akrab disebut P2P ini adalah mempertemukan antara investor dan borrower melalui perantara yaitu platform P2P yang dilakukan secara online. Borrower berperan sebagai peminjam atau orang yang membutuhkan dana. Investor akan memberikan sejumlah dana yang diperlukan oleh borrower tersebut dengan tenggang waktu dan jumlah pengembalian yang telah ditentukan. Tapi biasanya, penyelenggara platform P2P akan mempertemukan borrower dan investor yang sesuai.

Kamu juga bisa mendapatkan pinjaman yang mudah dan ringan dari kredit pintar untuk modal investasi peer to peer (P2P) ini. Tunggu apa lagi!

  1. Reksadana

Mungkin sebagian kamu telah familiar dengan jenis investasi yang satu ini. Reksadana adalah sebuah platform yang sangat berguna bagi investor pemula yang ingin menanamkan dananya di pasar saham atau obligasi namun belum memahami fundamental dari investasi itu sendiri. Disini, dana yang kamu masukkan akan dikelola oleh manajer investasi, merekalah yang akan menentukan kemana uang mu akan diinvestasikan. Jenis-jenis investasi di reksadana pun beragam, kamu dapat memilih yang sesuai dengan mu, misalnya saham atau pasar uang, yang syariah atau konvensional. Aplikasi reksadana yang terpercaya dan telah diawasi ojk pun telah banyak ditemukan di berbagai platform online di Indonesia. 

  1. Saham

Investor muda Indonesia meningkat pesat di tahun 2021, terlihat jelas dengan banyaknya pelaku aktif di dunia saham saat ini. Saham adalah jenis investasi yang paling populer tahun ini khususnya di kalangan generasi milenial jika dibandingkan dengan instrumen investasi online lainnya. Salah satu alasannya adalah kamu bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar melalui investasi saham, apalagi jika kamu pandai memanfaatkan peluang dan membaca keadaan.

Saham merupakan produk investasi di pasar modal yang diterbitkan dan dijual oleh suatu perusahaan yang nantinya akan digunakan untuk membiayai aktivitas atau operasional perusahaan itu sendiri.

Adapun keuntungan yang diperoleh investor melalui investasi saham ini dapat berasal dari dua sumber, yaitu dari dividen dan capital gain. Dengan keuntungan yang besar tentunya saham juga memiliki resiko yang besar berupa capital loss dan likuiditas. 

Saat ini, Bursa Efek Indonesia atau BEI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah membuat peraturan baru yang memudahkan investor dalam melakukan jual beli saham yaitu berlakunya pembuatan rekening untuk transaksi saham secara online. Dengan demikian, pembukaan rekening menjadi lebih mudah dan efisien. Selain itu, inklusi jasa keuangan juga akan meningkat terutama yang ada di pasar modal.

  1. Deposito

Deposito adalah salah satu cara paling aman untuk menginvestasikan uang karena kerugiannya yang kecil. Deposito sama halnya dengan menabungkan sejumlah uang di bank namun dalam jangka waktu tertentu. Selama kurun waktu tersebut, maka dana yang kamu simpan tersebut tidak bisa diambil. Sama halnya dengan rekening tabungan biasa, deposito juga dikeluarkan oleh bank dengan mengandalkan suku bunga lebih tinggi dari tabungan biasa yaitu berkisar antara 5 hingga 6 % per tahun.

  1. Emas

Jika kamu berminat untuk melakukan investasi jangka panjang, maka investasi emas dapat menjadi pilihanmu. Emas dikenal sebagai produk investasi yang nilainya aman dari inflasi dan mudah untuk dijual. Jika, dulu tabungan emas harus dilakukan secara  langsung, yaitu membeli sejumlah emas di toko lalu menyimpannya di rumah. Maka, saat ini kamu bisa melakukan investasi emas melalui berbagai platform online dan tentunya aman, terpercaya dan rendah resiko.

Semua transaksi jual beli bisa dilakukan melalui platform tersebut tanpa perlu menyimpan emas di rumah yang justru tidak aman. Dengan demikian transaksi menjadi lebih efisien, mudah dan jauh dari resiko kehilangan.

Terdapat beberapa platform yang menyediakan jasa investasi emas ini yaitu seperti BukaEmas, Pegadaian Digital Service, Tokopedia Emas dan lain sebagainya.

  1. Obligasi

Investasi online lainnya yang bisa kamu coba jika kamu benar-benar berminat untuk melakukan investasi adalah obligasi. Walaupun tidak seterkenal saham, namun obligasi dapat menjadi salah satu sarana investasi yang tepat bagi kamu para investor pemula yang dapat meningkatkan nilai uang yang kamu miliki selama kamu masih bekerja.

Obligasi merupakan produk investasi di pasar modal yang dapat dilakukan secara online. Obligasi sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah surat pernyataan utang yang diterbitkan oleh suatu perusahaan obligasi yang biasanya berasal dari pemerintah atau korporasi. Namun, tidak menutup kemungkinan jika obligasi juga dikeluarkan oleh perorangan. Di dalam surat obligasi, kamu akan menemukan pernyataan tentang bunga yang akan terus bertambah dan memberikan sejumlah keuntungan bagi pemilik obligasi dalam kurun waktu tertentu.

Sama halnya dengan saham, obligasi juga dapat dimanfaatkan untuk investasi jangka panjang. Walaupun banyak orang yang memanfaatkannya untuk investasi jangka pendek. Umumnya, obligasi memiliki jangka waktu antara 1 tahun hingga 10 tahun. Pemegang obligasi akan memiliki tanda kepemilikan surat obligasi berupa kupon atau bunga. Jika, kamu adalah pemilik investasi obligasi yang berasal dari pemerintah atau korporasi biasanya kamu akan mendapatkan kupom secara berkala. Kupon tersebut berisi bukti bahwa kamu telah mendapatkan sejumlah keuntungan dari investasi obligasi yang kamu lakukan. Sehingga, investasi jenis obligasi ini sangat baik bagi kamu yang menginginkan pendapatan tetap.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload