Investasi Jangka Pendek Aman, Ketahui 3 Jenisnya Berikut Ini

Investasi Jangka Pendek Aman, Ketahui 3 Jenisnya Berikut Ini

04 Jun 2021 by kreditpintar
Investasi Jangka Pendek Aman, Ketahui 3 Jenisnya Berikut Ini

Investasi merupakan salah satu cara untuk menjaga keuangan yang dapat dipilih selain hanya menyimpan uang di bank. “Biarkan uang Sobat Pintar bekerja” menjadi daya tarik dari investasi. Terdapat banyak jenis investasi yang dapat dipilih, seperti investasi jangka panjang, investasi jangka menengah dan investasi jangka pendek. Investasi jangka pendek menjadi pilihan investasi dengan tingkat risiko yang lebih rendah dan mulai banyak dilirik. Apalagi instrumen investasi yang semakin berkembang di tengah perkembangan teknologi internet, membuat minat investasi sekarang ini menjadi semakin tinggi. 

Apa itu Investasi Jangka Pendek?

Investasi jangka pendek, sesuai namanya merupakan jenis investasi yang dilakukan dalam jangka waktu singkat. Berdasarkan pengertian tersebut maka investasi yang cocok untuk waktu singkat dilakukan untuk mempersiapkan kebutuhan yang harus dipenuhi dalam waktu dekat. Biasanya investasi yang cocok untuk waktu singkat dapat dicairkan kapan pun Sobat Pintar membutuhkannya. Tujuan investasi yang cocok untuk waktu singkat adalah untuk persiapan dana seperti membeli rumah, biaya pernikahan, perawatan kesehatan, dan kebutuhan-kebutuhan lain yang dibutuhkan dalam waktu dekat.

Kelebihan investasi yang cocok untuk waktu singkat adalah fleksibilitasnya, dimana Sobat Pintar dapat melakukan proses pencairan data kapan saja Sobat Pintar membutuhkannya. Investasi yang cocok untuk waktu singkat tidak memerlukan waktu hingga dana yang diinvestasikan menjadi matang untuk dapat dikonversi menjadi uang dan ditarik kembali. Selain itu kelebihan investasi yang cocok untuk waktu singkat adalah keuntungan yang besar. Sobat Pintar dapat memperoleh keuntungan investasi yang lebih besar dalam waktu singkat. 

Kekurangan investasi yang cocok untuk waktu singkat adalah memerlukan perhatian yang lebih. Hal ini karena jangka waktu investasi yang lebih singkat, sehingga Sobat Pintar harus selalu memantau keadaan pasar untuk menentukan waktu yang paling tepat untuk menarik uang Sobat Pintar atau malah menambah investasi. 

JenisJenis investasi yang cocok untuk waktu singkat

Dari berbagai jenis investasi yang cocok untuk waktu singkat, terdapat lima jenis investasi yang cocok untuk waktu singkat yang direkomendasikan dengan tingkat risiko yang lebih rendah. Hal ini dapat Sobat Pintar pertimbangkan sebelum memilih akan melakukan investasi pada instrumen yang paling sesuai dengan kebutuhan Sobat Pintar. 

1. Reksadana pasar uang dan pendapatan tetap

Terdapat beberapa jenis investasi reksadana, seperti reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang dan reksadana campuran. Metode yang dilakukan dalam investasi reksadana adalah seorang manajer investasi menghimpun dana dari para investor untuk dikelola.

Reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap merupakan merupakan pilihan jenis reksadana yang memiliki risiko rendah. Selain investasi yang dapat dilakukan dalam waktu singkat, keuntungan yang ditawarkan juga cukup tinggi mulai dari 5 hingga 10 persen dalam satu tahun. 

2. Deposito

Siapa yang tidak mengenal istilah deposito. Hampir semua bank di Indonesia menawarkan jenis investasi deposito. Jenis investasi ini sudah banyak dilakukan orang-orang sejak dulu. Investasi deposito memberikan pilihan jangka waktu mulai dari satu bulan hingga 24 bulan, serta dapat diperpanjang secara otomatis. Biasanya keuntungan deposito dapat langsung dikirimkan ke rekening bank, atau juga bisa Sobat Pintar tambahkan untuk kembali disimpan dalam deposito. Kelebihan dari investasi deposito adalah keuntungan yang lebih tinggi dari pada bunga bank, serta tingkat risiko yang rendah. Kekurangan dari investasi deposito hanya dapat dicairkan dalam jangka waktu yang telah ditentukan sejak awal, hingga jika terdapat kebutuhan mendadak deposito tidak dapat dicairkan.

3. Peer to Peer Lending

Investasi peer to peer lending (P2P) semakin banyak diminati. Perkembangan fintech  di Indonesia sangat pesat ditandai dengan banyaknya perusahaan fintech yang bermunculan. Investasi melalui P2P lending dapat menjadi pilihan investasi tanpa menggunakan jasa bank. Walaupun tergolong masih baru, jenis investasi ini menjadi salah satu pilihan investasi dengan risiko rendah. Hal ini karena kemudahan prosedur investasi dan keuntungan besar yang dapat diperoleh menjadi daya tarik utama investasi P2P lending.

Keamanan yang diberikan saat investasi yang cocok untuk waktu singkat juga menjadi faktor pertimbangan. Perusahaan fintech telah diawasi OJK dalam operasinya. 

Mengelola Investasi Jangka Pendek Bagi Pemula

1. Tentukan tujuan investasi

Hal pertama yang harus Sobat Pintar persiapkan dalam melakukan investasi yang cocok untuk waktu singkat adalah tujuan investasi. Setiap investasi yang dilakukan pastinya memiliki tujuan tertentu. Seperti namanya, tujuan investasi yang cocok untuk waktu singkat adalah kebutuhan atau keinginan Sobat Pintar yang akan direalisasikan dalam waktu dekat. Dengan menetapkan tujuan yang jelas, Sobat Pintar dapat memperkirakan jenis investasi dan jumlah yang harus Sobat Pintar keluarkan untuk investasi tersebut. Selain itu Sobat Pintar juga dapat menetapkan jangka waktu investasi sesuai dengan target jumlah yang akan Sobat Pintar butuhkan. 

2. Tentukan instrumen untuk investasi

Hal yang kedua adalah menentukan instrumen investasi yang cocok untuk waktu singkat yang akan Sobat Pintar pilih. Berdasarkan tiga instrumen yang telah dijelaskan sebelumnya Sobat Pintar dapat memilih salah satu jenis instrumen yang paling sesuai. Instrumen yang sesuai diputuskan berdasarkan tujuan investasi yang telah Sobat Pintar rancang sebelumnya. Oleh karena itu menetapkan tujuan investasi merupakan tahap yang sangat penting.

Dalam menentukan instrumen yang dipilih Sobat Pintar juga harus mempertimbangkan kinerja dari masing-masing instrumen tersebut. Sobat Pintar dapat mempelajari grafik kinerja atau kredibilitas dari platform yang Sobat Pintar pilih dalam melakukan investasi. Hal ini sangat penting karena berdasarkan rekam jejak instrumen investasi Sobat Pintar dapat memprediksi keuntungan yang akan Sobat Pintar peroleh kedepannya, atau bisa jadi malah merugi. 

Jika memungkinkan, lebih baik lakukan investasi di beberapa instrumen yang berbeda. Kenapa? Karena kerugian dalam sebuah investasi merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Jadi, jika salah satu instrumen investasi Sobat Pintar mengalami kerugian, maka masih ada investasi dari instrumen lain yang masih memperoleh keuntungan. 

3. Bersabar 

Kesabaran memang diperlukan dalam melakukan hal apapun, begitu juga dengan investasi. Bersabar dapat diartikan dalam dua sudut pandang. Pertama adalah sabar untuk menunggu hasil dari investasi. Karena walaupun jangka pendek, investasi tersebut tidak akan memberikan dalam waktu sesingkat yang dipikirkan banyak orang. Bersabarlah menunggu keuntungan tersebut berkembang dari hari ke hari sembari Sobat Pintar memantau perkembangannya. 

Kedua adalah sabar untuk tidak gegabah dalam melakukan investasi. Kadang kita sering tergiur karena memperoleh keuntungan besar saat pertama kali, jadi tertarik untuk melakukan investasi kedua dengan jumlah yang lebih besar. Kembali lagi, sesuaikan dengan tujuan Sobat Pintar melakukan investasi. Jika hasil yang Sobat Pintar dapatkan sekarang sudah sesuai dengan tujuan maka berhentilah pada titik tersebut. 

Kesimpulan 

Investasi yang cocok untuk waktu singkat memang menjadi salah satu pilihan investasi yang menjanjikan, terutama untuk kebutuhan yang harus dipenuhi dalam waktu dekat. Namun seperti apapun usaha kita dalam mempersiapkan investasi, terkadang ada keadaan darurat yang tidak dapat diprediksi. Solusinya adalah dengan mengajukan pinjaman di Kredit Pintar. Kredit Pintar memberikan pinjaman online cepat cair yang langsung dapat mengatasi keadaan darurat tersebut. Pinjaman cepat cair tersebut bisa diakses hanya dalam waktu 5 menit melalui aplikasi Kredit Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk