Inilah 5 Cara Mengurangi Sampah Plastik yang Efektif

Inilah 5 Cara Mengurangi Sampah Plastik yang Efektif

11 Jun 2021 by kreditpintar
Inilah 5 Cara Mengurangi Sampah Plastik yang Efektif

Sampah masih menjadi masalah serius yang menghantui masyarakat dunia sekarang ini, salah satunya negara Indonesia. 

Tahukah Sobat Pintar seberapa parah penumpukan sampah plastik yang ada di Indonesia, bahkan pemerintah saja sepertinya harus mempercepat dalam perbaikan sistem pengolahan sampah plastik.  

Disebutkan jumlah sampah plastik di tahun 2019 telah mencapai 9.52 tons, produksi sampah ini masih terus meningkat setiap tahunnya dan masih menjadi perbincangan sampai sekarang. 

Salah satu lembaga WEF (World economic forum ) memperkirakan jika tahun 2050 jumlah plastik di lautan akan semakin meningkat. Jumlah produksi plastik semakin meningkat setara dengan jumlah pertumbuhan penduduk yang semakin banyak. 

Faktor-faktor yang Menyebabkan Sampah Plastik Jadi Masalah 

Ada banyak faktor yang menyebabkan sampah masih menjadi masalah yang tak kunjung henti, pertama karena sampah plastik sulit terurai sementara pengguna plastik semakin meningkat. 

Kemudian, orang jarang yang peduli terhadap apa yang akan terjadi di kemudian hari jika kita terus menggunakan plastik dalam kehidupan kita. 

Ditambah lagi pemerintah belum menemukan cara mengurangi sampah plastik dan mengolah limbah sampah plastik di Indonesia. Sehingga, beberapa hal ini semakin mendukung peningkatan jumlah limbah plastik di negara ini. 

Bahkan, komitmen masyarakat sendiri yang kurang terhadap keinginan untuk mengurangi limbah plastik, karena semua ini akan menjadi lebih mudah jika kita sama-sama memiliki visi dan misi untuk membuat negara terbebas dari limbah plastik. Padahal bahaya dari sampah plastik sangatlah tinggi.

Dampak Sampah Plastik yang Mesti Sobat Pintar Ketahui

Sampah plastik yang terus dibiarkan meningkat tanpa adanya pengolahan akan membahayakan kesehatan manusia, berikut beberapa efek negatif dari permasalahan sampah ini. 

Para ilmuwan dalam penelitiannya menemukan jika ada 114 spesies laut yang sebagiannya kita konsumsi untuk makanan kita. Bahkan badan kesehatan dunia WHO menyebut jika tahun 2018 keberadaan mikroplastik mencapai 90 persen dalam air kemasan, dan hanya 17 plastik yang bebas dikonsumsi. 

Adanya sampah plastik ini juga menimbulkan adanya kekacauan dari rantai makanan, karena plastik memberikan efek buruk bagi organisme seperti plankton. Jika plankton ini teracuni maka rantai makanan besar di atasnya juga akan ikut terkena dampaknya, yang lebih mengerikan ini akan berakhir di perut manusia. 

Sampah plastik juga dapat menimbulkan polusi untuk kesediaan air tanah, masalah air juga tidak kalah serius yang dihadapi oleh Indonesia sekarang ini. 

Ditambah lagi dengan sampah plastik yang terus mengancam, bayangkan saja jika ada pembuangan sampah dekat sungai sehingga ketika datang hujan sampah tersebut akan terbawa aliran sungai. 

Kemudian apa yang terjadi selanjutnya air sungai itu akan dijadikan sebagai konsumsi masyarakat pinggiran sungai, yang digunakan untuk mandi, mencuci, dan masak. 

Beragam polusi seperti polusi tanah dan udara juga turut membahayakan karena adanya sampah plastik, sebab plastik terbuat dari bahan kimia yang jika dibiarkan di udara terbuka akan beracun hingga menyebabkan gangguan pernapasan. 

Cara Mengurangi Sampah Plastik Yang Efektif 

Bahkan bukan hanya manusia hewan dan makhluk hidup lainnya juga akan terkena dampak dari adanya penumpukan sampah plastik ini. Sudah banyak kasus yang diberitakan tentang kematian ikan paus yang mati karena di perutnya ditemukan banyak sampah salah satunya plastik. 

Limbah plastik dapat membunuh makhluk hidup seperti ikan dan biota yang ada di laut. Karena plastik dibuat oleh manusia dengan menggunakan bahan kimia beracun secara artifisial, sehingga penggunaan yang terus menerus ini dapat menjadi masalah yang mengancam kesehatan segala jenis makhluk hidup. 

Berikut ini ada beberapa cara mengurangi sampah plastik yang efektif dan dapat dilakukan sejak sekarang. 

Cara Mengurangi Sampah Plastik yang Perlu Sobat Pintar Lakukan

1. Kurangi penggunaan sedotan plastik

Tanpa disadari bahan plastik yang berukuran kecil, seperti sedotan juga bisa menjadi bahaya yang mengancam jika dipakai terus menerus. Kebiasaan menggunakan plastik merupakan hal yang sulit diubah, namun bukan berarti tidak bisa diubah. 

Sebab, restoran yang Sobat Pintar kunjungi juga mendukung Sobat Pintar dalam penggunaan sedotan plastik, padahal sedotan plastik ini sulit untuk terurai. Jika memang dalam kegiatan itu mengharuskan Sobat Pintar memakai sedotan mengapa tidak memakai sedotan berbahan stainless, bahan ini dapat dicuci kembali sehingga akan mengurangi limbah plastik. 

Meskipun akan menambah biaya produksi, namun tidak ada salahnya nambah sedikit tapi manfaatnya bisa untuk jangka panjang.

2. Bawa tas belanjaan sendiri

Sekarang sudah banyak yang semakin sadar akan pentingnya pengurangan penggunaan plastik, karena di beberapa pusat perbelanjaan sudah memberlakukan peraturan kantong plastik yang berbayar. 

Dengan aturan yang seperti itu orang akan terpikir kenapa tidak menggunakan kantong belanja sendiri karena bisa dipakai kembali dan tidak akan mencemari lingkungan. Maka semakin banyak orang yang aware seperti itu lambat laun akan membuat dampak baik untuk masalah sampah plastik. 

Alangkah lebih baik jika Sobat Pintar bijak dengan membawa tas belanjaan sendiri ketika berbelanja, Sobat Pintar bisa membawa tas belanja berbahan kain jadi kalau kotor bisa dicuci lagi akan lebih higienis. sudah ada tas belanja dengan banyak ukuran jadi tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Sobat Pintar.

3. Bawa botol minuman sendiri

Botol plastik juga salah satu sampah plastik yang sulit terurai, didukung dengan banyaknya produk kemasan botol yang tersebar di minimarket dan warung terdekat. Ini memang hal yang sulit diubah karena sudah menjadi, namun bukan berarti tidak bisa diubah. 

Akan lebih baik jika membawa botol minuman sendiri kemana saja kamu akan pergi, ini dapat membantu untuk mengurangi sampah plastik. Jadilah seseorang yang bijak dan mengambil peran dalam pengurangan sampah plastik, jika Sobat Pintar tidak mampu memberikan solusi untuk masalah yang satu ini. Cara mengurangi sampah plastik harus dimulai sejak sekarang. 

4. Beli barang langsung dalam jumlah banyak

Memang berbicara tentang kemasan tiada habisnya, karena sudah menjadi kebiasaan jika kemasan itu pasti berbahan dasar plastik. Padahal penumpukan sampah plastik sudah semakin membendung dan sulit terurai, salah satu cara mengurangi sampah plastik yang efektif yaitu dengan berbelanja dalam jumlah besar sekaligus. 

Dikatakan demikian sebab jika kamu membeli barang dengan cara dicicil, maka akan ada banyak kantong plastik yang digunakan, sehingga cara yang mungkin dilakukan yaitu dengan berbelanja dalam jumlah besar sekaligus supaya kantong belanja lebih efisien. 

Sebisa mungkin beli barang yang ukurannya lebih besar, dan membawa kantong belanjaan sendiri jika memungkinkan.

5. Kurangi penggunaan bahan microbeads

Bahan yang satu ini memang terkenal untuk membersihkan biasanya terdapat dalam odol dan sabun cuci, sebagai salah satu cara mengurangi sampah plastik bisa dengan mengurangi penggunaan microbeads ini. 

Meskipun jumlahnya terlihat sedikit dan tidak akan menimbulkan efek yang besar, tapi microbeads ini bisa termakan oleh hewan laut. Maka cara efektif yang bisa dilakukan yaitu dengan mengurangi penggunaan produk yang berbahan microbeads. Jadi sebelum membeli sebuah produk pembersih seperti ini lihat dulu kandungan yang ada didalamnya.

Itulah beberapa langkah untuk mengurangi sampah plastik mulai sejak dini, jika Sobat Pintar bingung ingin mulai darimana maka Sobat Pintar bisa coba pakai jasa Kredit Pintar. Sobat Pintar bisa menggunakan jasa ini untuk mencicil barang pendukung untuk mengurangi sampah plastik.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk