Ini Fashion Hack Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Ini Fashion Hack Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

08 May 2021 by kreditpintar
fashion hack

Fashion hack adalah salah satu solusi menggempur maraknya fast fashion akhir-akhir ini. Fast fashion telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat modern.  Tetapi, banyak orang gagal memahami dampak negatif yang terkait dengannya. Menurut definisi, fast fashion adalah industri di mana pakaian berkualitas rendah diproduksi dengan cepat dan dijual dengan harga murah untuk menyesuaikan tren yang beredar di media. Bagi mereka yang ingin memperluas pandangan mereka tentang asal usul pakaian mereka, penting untuk mendidik tentang dampak dan pengaruh fast fashion pada lingkungan dan pekerja. 

Salah satu cara terbaik yang bisa mengatasi maraknya fast fashion termudah dan paling praktis adalah dengan hanya memakai pakaian yang kita miliki.  Artinya, Sobat Pintar cukup memakai, memperbaiki, dan merawat apa saja yang berada di lemari Sobat Pintar. Memang ini terdengar lebih mudah diucapkan daripada dilakukan dalam masyarakat yang terus berkembang ini. Seringkali kita merasa kesulitan untuk menghilangkan iklan dan tren industri fast fashion.

Pakai apa yang ada di lemari

Fashion hack yang pertama ialah pakai apa yang ada di lemarimu. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk membersihkan apa saja yang ada di lemari ini. Ini adalah salah satu cara yang elegan dan praktis. Pikirkan apa saja yang bisa Sobat Pintar lakukan dengan isi lemari Sobat Pintar! Tumpukan baju bisa saja akibat tindakan impulsive Sobat Pintar saat berbelanja. Sobat Pintar bisa mengelompokkan baju Sobat Pintar sesuai dengan hari atau cuaca pada hari itu. 

Perubahan sederhana yang kecil ini dapat memastikan pakaian Sobat Pintar pas dan sesuai dengan apa yang Sobat Pintar butuhkan. Namun perubahan tidak harus selalu dimulai dengan hal yang besar. Sobat Pintar bisa memulai dengan hal yang paling kecil. Menyortir adalah salah satu permulaan yang bagus untuk menata kembali isi lemari Sobat Pintar. Dengan menyortir, Sobat Pintar akan tahu apa yang selanjutnya bisa Sobat Pintar lakukan. 

Selanjutnya Sobat Pintar bisa menambahkan beberapa pakaian lama Sobat Pintar dengan ornamen-ornamen baru yang bisa membuat pakaian Sobat Pintar terlihat baru. Sobat Pintar bisa menambahkan aksesoris kancing atau border. Sobat Pintar juga bisa menambahkan pita kecil pada lengan. Banyak hiasan yang bisa Sobat Pintar tempelkan di baju lama Sobat Pintar. 

Padu-padan gaya berbeda

Sedang dalam keadaan terburu-buru? Coba kenakan pakaian Sobat Pintar secara berbeda! Cobalah menyilangkan dan menyelipkan bagian depan cardigan untuk efek “sweater wrap”.  Sobat Pintar bisa memadu padankan warna netral lalu tutup dengan cardigan. Sobat Pintar akan terlihat lebih elegan dengan outer sweater yang cocok. Kami rekomendasikan untuk memilih warna yang lebih gelap dari baju Sobat Pintar. 

Dengan memaksimalkan isi lemari, tentu Sobat Pintar akan jauh lebih menghemat waktu dan uang. Sobat Pintar hanya perlu percaya diri dengan apa yang Sobat Pintar kenakan. Sobat Pintar tetap bisa menjadi stylish dengan baju-baju lama Sobat Pintar dengan fashion hack di atas. Tentu, Sobat Pintar juga bisa menambahkan barang-barang lain yang bisa mendukung style Sobat Pintar dengan baju lama Sobat Pintar. 

Outerwear kuncinya

Fashion hack yang tidak akan pernah mati adalah outerwear. Sobat Pintar tidak akan bosan memadupadankan outerwear dengan pakaian Sobat Pintar. Baju seperti jaket, cardigan, sweater atau bahkan blazer bisa Sobat Pintar gantung di tempat tersendiri. Sobat Pintar bisa mengurutkan sesuai warna dan model. Dengan pengelompokkan yang rapi dan teratur, Sobat Pintar tidak akan kesulitan menggabungkan mode atau gaya berpakaian Sobat Pintar. 

Misalnya Sobat Pintar ingin menampilkan kesan casual namun cool. Sobat Pintar bisa menggunakan bahan apa saja sebagai dasaran pakaian Sobat Pintar. Misalnya kaos dan celana jeans bisa digabungkan dengan jaket kulit hitam. Warna hitam tidak akan pernah salah dipadu-padankan dengan warna lain karena hitam adalah warna yang netral. 

Kurangi mencuci pakaian

Fashion hack selanjutnya ialah tentang cara mencuci pakaian Sobat Pintar. Jangan terlalu sering mencuci pakaian Sobat Pintar. Apalagi outer, Sobat Pintar tak perlu setiap hari mencuci. Cara ini juga menghemat waktu! Terlalu sering mencuci pakaian akan membuat pakaian Sobat Pintar terlihat using. Dengan mencuci lebih jarang, Sobat Pintar menghemat budget baju Sobat Pintar karena baju Sobat Pintar akan terlihat lebih baru. 

Batasi cucian Sobat Pintar pada pakaian yang seharian Sobat Pintar pakai untuk menghindari bakteri. Kelompokkan baju mana saja yang akan Sobat Pintar pakai seharian dan mana yang hanya dijadikan sebagai outer. Sobat Pintar perlu membuat kategori-kategori baru dalam penataan hanger, lemari ataupun rak. Misalnya Sobat Pintar bisa mengelompokkan sesuai dengan kelompok seperti “wearable” atau bisa dipakai kembali, dan rak “Harus dicuci”.

Beri tempat untuk “wearable”. Gunakan keranjang atau rak untuk mengatur pakaian yang bisa dikenakan kembali sebelum perlu dicuci. Ini tentu akan sangat menghemat waktu dan menghemat pengeluaran untuk laundry. Sobat Pintar juga perlu jarang menggunakan pengering untuk menjaga kualitas baju Sobat Pintar. Dengan pengelompokkan seperti ini, akan memudahkan Sobat Pintar dalam berpakaian. 

Tambahkan aksesoris

Sepatu, topi, dompet, jam tangan, kaus kaki, dan banyak lagi bisa Sobat Pintar gunakan sebagai aksesoris tambahan. Terkadang banyak dari kita berpikir bahwa kita tidak memiliki baju lain. Sedangkan baju di lemari kita banyak. Terbesit di pikiran Sobat Pintar perlu membeli baju baru. Tidak perlu.  Sobat Pintar perlu memikirkan beberapa dasar fashion Sobat Pintar lalu pilih aksesoris yang Sobat Pintar miliki. 

Memang mudah mengenakan dasaran baju seperti bawahan dan atasan. Namun, pakaian Sobat Pintar yang biasa-biasa saja itu bisa menjadi lebih elegan ketika Sobat Pintar menambahkan beberapa aksesoris. Sobat Pintar bisa menambahkan kalung, jam tangan atau topi. Nah topi ini bisa Sobat Pintar gunakan sesuai dengan kebutuhan. Sobat Pintar juga bisa menampilkan topi apa saja yang Sobat Pintar punya agar lebih mudah dipakai saat Sobat Pintar perlu berpakaian lebih praktis. 

Memadukan aksesori yang elegan dengan pakaian yang lebih kasual adalah cara mudah untuk menonjolkan pakaian Sobat Pintar. Di musim hujan misalnya, Sobat Pintar bisa mengikat syal ke pegangan tas Sobat Pintar. Syal di pegangan tas Sobat Pintar bisa menjadi detail yang halus namun mewah. Menggunakan pin vintage untuk mengamankan cardigan Sobat Pintar juga bisa memancarkan kesan berkelas. Mungkin menggabungkan sepatu kets berwarna cerah dengan kaus kaki bermotif juga bisa menjadi ide yang bagus untuk tampil casual dan stylish. 

Barter dengan teman Sobat Pintar

Rencanakan gathering untuk mengadakan pertukaran untuk Sobat Pintar dengan teman Sobat Pintar, sepupu, saudara, siapa pun yang ingin Sobat Pintar undang! Gathering ini tidak hanya menjadi motivasi untuk membersihkan lemari pakaian Sobat Pintar, tetapi juga cara yang menyenangkan untuk memperbarui lemari pakaian Sobat Pintar. Dengan melibatkan orang lain, Sobat Pintar mungkin menemukan tren atau bentuk baru yang cocok untuk Sobat Pintar. Atau mungkin Sobat Pintar juga bisa menemukan palet warna yang belum pernah Sobat Pintar coba sebelumnya. 

Beri tahu orang terdekat Sobat Pintar untuk membawa pakaian dan aksesori “yang dapat disumbangkan” pada acara gathering. Gantung pakaian di rak atau di lemari kosong dan taruh aksesorisnya. Sajikan minuman dan makanan ringan jika Sobat Pintar mau. Sobat Pintar dan tamu Sobat Pintar sekarang dapat melihat-lihat pakaian, memilih pakaian yang akan menghidupkan kembali lemari pakaian Sobat Pintar. Selain mendapatkan model terbaru Sobat Pintar juga mendapatkan relasi baru di acara gathering.

kredit pintar