Ini Dia Olahraga Mengecilkan Perut Paling Efektif

02 Oct 2023 by kreditpintar, Last edit: 09 Oct 2023

Perut berlemak yang tampak buncit memang kadang cukup mengganggu. Tidak hanya mengganggu penampilan tetapi juga dapat mengganggu aktifitas Anda. Sehingga, tidak jarang informasi tentang olahraga mengecilkan perut yang efektif begitu banyak dicari dan menjadi salah satu keywords yang paling banyak digunakan di Google Search Engine. Nah, jika Anda mendapati lemak mulai menumpuk di bagian perut Anda sebaiknya Anda mulai bersiap untuk melakukan olahraga mengecilkan perut seperti beberapa yang ada di dalam artikel ini.

Olahraga Mengecilkan Perut

Baca juga 14 Cara Mengecilkan Lengan Secara Alami

1. Gerakan Crunches

Crunches merupakan salah satu gerakan terbaik untuk membakar lemak yang menumpuk di bagian perut. Cara melakukan gerakan ini cukup mudah yaitu dengan membaringkan tubuh di atas matras. Kemudian menekuk lutut dengan posisi kaki menapak di atas matras.  Begini cara melakukannya.

  1. Lebarkan kaki hingga selebar pinggul dan angkat tangan ke arah bagian belakang kepala. Sebisa mungkin jangan mengaitkan jari-jari Anda. 
  2. Sebelum melakukan gerakan, tarik nafas sedalam-dalamnya. Secara perlahan tapi pasti angkat tubuh Anda menjauh dari matras dan buang nafas Anda. Setelah itu, kembali keposisi semula dan jangan lupa untuk mengambil nafas terlebih dahulu. 
  3. Apabila Anda baru pertama kali melakukannya, sebaik nya dilakukan 10 kali saja per set sebanyak 2 sampai 3 set saja. Anda dapat menemukan kuantitasnya apabila sudah mulai terbiasa. 

2. Reverse Crunch

Gerakan olahraga mengecilkan perut ini termasuk ke dalam salah satu gerakan yoga. Gerakan reverse crunch juga termasuk salah satu gerakan yang cukup efektif untuk mengecilkan perut yang buncit. Cara kerjanya yaitu dengan mempengaruhi otot transversal yaitu otot terdalam di perut. Cara melakukannya yaitu dengan membaringkan tubuh di atas matras seperti gerakan crunch tadi. Kemudian angkat kaki Anda ke udara dan posisikan tangan Anda tetap melekat lurus ke matras. Saat Anda mengangkat tubuh, jangan lupa untuk membuat nafas dan tarik paha Anda sampai ke dada lalu pastikan juga kalau dagu Anda tidak mendekat ke dada. 

Baca juga 13 Cara Mengecilkan Betis yang Alami dan Sehat

3. Twist crunch

Gerakan ini juga merupakan salah satu gerakan dari yoga, namun efektifitasnya dalam mengecilkan perut tidak perlu diragukan lagi. Cara melakukannya hampir sama dengan dua gerakan sebelumnya, yaitu membaringkan tubuh di atas matras kemudian tekuk kaki dengan posisi telapak kaki menapak sempurna di atas matras. 

Setelah itu, posisikan tangan Anda seperti orang akan melakukan gerakan sit up.Lalu, angkat bahu kanan Anda dan arahkan ke bahu kiri. Lakukan gerakan berlawanan setelahnya untuk satu set gerakan. 

Olahraga Mengecilkan Perut

4. Vertical leg crunch

Gerakan vertical leg crunch ini sangat mirip dengan gerakan crunch biasa. Hanya saja Anda diharuskan untuk menjaga posisi kaki agar tetap lurus. Walaupun terlihat lebih susah dari gerakan crunch, tapi hasil yang diberikan juga tentunya akan lebih baik baik karena akan membuat otot perut bekerja lebih ekstra. 

Adapun cara melakukannya yaitu dengan membaringkan tubuh Anda di atas dengan posisi tangan di belakang kepala. Setelah itu, angkat kaki Anda ke udara dengan lutus saling menyilang. Lakukan flex abs untuk mengangkat kepala dan bahu dari lantai. Kemudian berbaring lagi dengan posisi kaki tetap berapa di udara sepanjang latihan. Tetap atur napas saat melakukan gerakan. Anda bisa melakukan gerakan ini sebanyak 1-3 set dengan 12-16 kali pengulangan. 

5. Sit Up

Gerakan olahraga mengecilkan perut selanjutnya yaitu sit up. Mungkin gerakan ini menjadi salah satu jenis gerakan yang cukup populer di kalangan pemilik perut buncit. Selain sangat ampuh, teknik melakukannya juga terbilang mudah. Apalagi gerakan sit up merupakan salah satu gerakan yang sering kita lakukan semasa sekolah. 

Kenapa gerakan sit up mampu mengecilkan otot perut? Hal ini karena gerakan olahraga ini bisa mengencangkan rektus abdominis, abdominis transversal dan otot perut sekaligus. Adapun cara melakukannya yaitu dengan membaringkan tubuh di matras atau lantai. Lalu, posisikan tangan di belakang telinga dengan jari saling bertaut dan tekuk lutut Anda dengan posisi kaki menapak di lantai. Angkat punggung dan bahu ke atas dan turunkan lagi ke posisi semua. Atur pernafasan Anda selama melakukan gerakan. Anda dapat mengulangi gerakan ini sebanyak 15 hingga 25 kali dengan 2 sampai 3 set. 

6. Side plank

Masih penasaran dengan olahraga mengecilkan perut selanjutnya? Gerakan ini merupakan bagian dari gerakan yoga dengan posisi menopang bobot tubuh dengan menggunakan siku dan kaki. Gerakan ini akan membantu memperkuat otot perut Anda dan juga dapat menjaga kekuatan tulang belakang. 

Adapun cara melakukannya yaitu dengan berbaring dengan salah satu sisi tubuh dan posisikan siku Anda tepat di bawah bahu dan lengan tegak lurus dengan posisi tubuh. Rapatkan dan luruskan posisi kaki lalu angkat pinggul Anda yang masih menempel di lantai dengan mengkontraksikan otot perut hingga posisinya benar-benar terangkat sempurna. Tahan posisi ini selama kurang lebih 30-45 menit dan ulangi beberapa kali. 

7. Mengangkat kaki sambil berbaring

Ingin melakukan gerakan yang lebih mudah? Anda bisa mencoba gerakan mengangkat kaki sambil berbaring. Ini cukup mudah dan tidak memerlukan teknik apapun. Cukup baringkan tubuh Anda di atas kasur. Lalu angkat kaki Anda lurus ke udara. Pertahankan posisi ini selama beberapa detik. Perlu Anda ingat, Anda tidak diperbolehkan untuk menekuk kaki selama melakukan latihan agar hasil yang diperoleh bisa lebih maksima.

8. Gerakan Hip lift

Gerakan olahraga mengecilkan perut selanjutnya yang bisa Anda lakukan di rumah adalah gerakan hip lift. Gerakan ini juga termasuk kedalam gerakan olahraga mengecilkan perut yang cukup efektif selama Anda bisa melakukannya secara rutin. 

Olahraga Mengecilkan Perut

Adapun cara melakukannya yaitu dengan memposisikan tubuh berbaring lurus di lantai. Kemudian letakkan tangan Anda di samping tubuh dan tekuk lutut dengan posisi kaki menapak di lantai. Setelah itu, angkat pinggul ke atas dan berikan sedikit tekanan pada perut. Angkat sampai paha dan kaki membentuk sudut 90 derajat dan mengarah ke langit-langit. Kemudian, kembali lagi ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 15-20 kali

Itulah beberapa olahraga mengecilkan perut yang bisa dirangkum oleh kredit pintar. Semoga informasi ini membantu. 

Baca juga Macam-macam Olahraga di Rumah yang Murah, Mudah, dan Efektif

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Oct 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download