14 Cara Mengecilkan Lengan Secara Alami

10 Sep 2021 by Laruan

Lengan bergelambir disebabkan oleh berbagai hal, seperti pertambahan usia, penurunan metabolisme tubuh, dan jarang berolahraga. Selain itu, pembakaran lemak di area lengan memang relatif lebih sulit dilakukan daripada lemak di area lain. Tapi tenang, kami akan menjabarkan cara mengecilkan lengan secara alami yang bisa Sobat Pintar coba.

Secara alami, tubuh akan menyimpan cadangan lemak di berbagai area tubuh. Sementara itu, massa otot mulai mengecil saat kita berusia 20-an tahun. Sehingga, pergantian otot menjadi lemak menjadi salah satu penyebab lengan membesar dan bergelambir.

Shopee Super Sale 9.9 Datang Lagi di Tahun Ini, Ada Promo Apa Aja?

14 Cara Mengecilkan Lengan Secara Alami

Olahraga Yang Efektif Untuk Mengecilkan Lengan

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk mengecilkan lengan:

1. Lompat tali

Olahraga sederhana ini terbukti mampu mengecilkan lengan secara signifikan. Saat melakukan lompat tali, Sobat Pintar mengayunkan tangan secara cepat dan beritmik, sehingga mampu membakar lemak di lengan. 

Selain itu, lompat tali akan mengecilkan pinggul dan paha. Olahraga ini tidak butuh alat mahal dan space yang luas, jadi sangat bisa dilakukan oleh semua orang. Lakukan latihan secara teratur agar Sobat Pintar lebih cepat mendapatkan hasil.

2. Pull-up

Cara mengecilkan lengan berikutnya yang tidak kalah simpel adalah pull-up. Sobat Pintar bisa melakukan pull-up dengan cara memegang tiang horizontal dengan kedua tangan, angkat tubuh secara perlahan, lalu tahan selama 8 detik.

Lakukan beberapa repetisi dalam satu sesi latihan. Sobat Pintar bisa melakukan pull-up dimana saja asal kuat menahan beban tubuh, seperti kusen pintu dan tiang jemuran.

3. Barbel

Mulailah dengan barbel seberat 1 kg, lalu tingkatkan beratnya setiap minggu sesuai dengan kemampuan tubuh. Ada beberapa variasi gerakan yang bisa Sobat Pintar lakukan menggunakan barbel:

  1. Pegang barbel di kedua tangan, angkat barbel secara bergantian sehingga kedua tangan membentuk sudut 90 derajat
  2. Pegang barbel di kedua tangan, angkat barbel secara bersamaan dengan posisi merentangkan tangan

4. Weighted punch

Variasi gerakan menggunakan barbel berikutnya dikenal dengan nama weighted punch. Cara melakukannya adalah dengan menunjuk ke depan dengan lengan bergantian sambil memegang barbel. Sobat Pintar akan merasakan sensasi tarikan di otot lengan. 

Lakukan 10 kali repetisi dalam 1 set gerakan. Lakukan latihan weighted punch secara teratur agar Sobat Pintar bisa lebih cepat mendapatkan bentuk lengan atletis.

5. Bench dips

Untuk melakukan bench dips, Sobat Pintar butuh kursi, meja, atau tumpuan lain yang tidak bergerak. Cara melakukan bench dips adalah dengan membelakangi kursi dan memegang ujung tumpuan dengan kedua tangan. Jadi, Sobat Pintar berada dalam posisi setengah duduk.

Luruskan kaki dan tangan. Dorong kedua telapak tangan hingga tubuh Sobat Pintar terangkat ke atas, lalu kembali ke posisi setengah duduk di awal. Lakukan gerakan naik turun ini untuk beberapa kali repetisi.

6. Gerakan menggunting

Untuk melakukan gerakan menggunting, silakan berdiri tegak dengan merentangkan kedua tangan dan kaki. Gerakkan tangan dan kaki secara menyilang seperti gunting. Silangkan kaki kiri ke depan kaki kanan tanpa menggerakkan kaki kanan. Lakukan hal yang sama untuk tangan.

Sobat Pintar akan merasakan otot lengan dan paha mengencang. Ulangi gerakan dalam beberapa set. Gerakan menggunting yang cukup sederhana ini perlu Sobat Pintar lakukan secara teratur.

7. Gerakan putar tangan

Gerakan simpel berikutnya sebagai usaha untuk mengecilkan lengan adalah gerakan putar tangan. Untuk melakukan gerakan ini, rentangkan kedua tangan secara lurus ke samping. Pastikan posisi lengan dalam keadaan lurus, lalu putarkan tangan ke depan dan belakang.

Lambat laun pundak Sobat Pintar akan terasa pegal dan berat, tetapi ini baik karena menjadi penanda terjadinya pembakaran lemak di area lengan.

8. Berenang

Berenang merupakan olahraga yang dianjurkan oleh banyak ahli kesehatan karena pelakunya menggerakkan hampir seluruh anggota tubuh. Tidak jarang Sobat Pintar merasa sangat lapar setelah berenang. Olahraga ini akan mengecilkan ukuran lengan secara signifikan mengingat Sobat Pintar menggunakan tangan untuk mengayuh. 

Berenang tidak hanya bisa mengecilkan lengan, melainkan paha, pinggul, dan betis. Jika memungkinkan, lakukan renang sebanyak dua kali seminggu.

9. Push-up

Metode untuk mengecilkan lengan ini rasanya sudah akrab di telinga semua orang. Push-up bisa dituntaskan sembari melakukan hal lain, seperti nonton TV, mendengarkan musik, atau menelepon pacar. Untuk melakukan push-up secara sempurna, tempelkan kedua telapak tangan dan ujung jari kaki di lantai.

Dorong badan ke atas menggunakan kedua tangan, lalu turunkan kembali badan sambil membuang napas. Untuk target awal, lakukan 10 kali push-up dalam satu set. Seiring berjalannya waktu, tingkatkan jumlah push-up agar proses pengecilan lengan berjalan semakin cepat.

10. Push-up lutut

Sesuai dengan namanya, push-up lutut bertumpu pada lutut, bukan kedua tangan dan ujung jari kaki seperti push-up biasa. Lakukan posisi push-up biasa, lalu gunakan lutut untuk menyangga beban tubuh. Lapisi lutut dengan bantal atau matras agar Sobat Pintar merasa nyaman.

Ini menjadi opsi bagi mereka yang tidak kuat melakukan push-up biasa karena push-up lutut memang lebih ringan. Maka dari itu, Sobat Pintar sebaiknya melakukan lebih banyak repetisi, bisa dimulai dengan 20 kali push-up dalam satu set.

11. Push-up dinding

Push-up dinding menjadi cara mengecilkan lengan berikutnya yang bisa dicoba apabila push-up lutut masih terlalu berat bagi Sobat Pintar. Sesuai dengan namanya, push-up ini dilakukan dengan menumpukan badan ke dinding.

Cara melakukannya adalah dengan berdiri di depan dinding dengan jarak yang lebih jauh dari jangkauan tangan. Lalu sentuh dinding dengan telapak tangan dan tekuk lengan sehingga wajah Sobat Pintar hampir menempel ke dinding. Untuk target awal, lakukan 10 kali push-up dalam satu set. 

12. Lateral plank walk

Gerakan lateral plank walk cukup menantang, Sobat Pintar bisa mencobanya jika sudah bosan dengan gerakan yang itu-itu saja. Pertama, kondisikan badan dalam posisi plank dengan menumpukan tubuh pada telapak tangan dan ujung jari kaki. 

Silangkan salah satu tangan sambil membuka kaki agar bisa bergerak ke samping. Lalu rapatkan kembali kaki dan kembalikan tangan ke posisi semula. Ulangi gerakan ini untuk sisi tubuh satunya. Lakukan 10 repetisi gerakan lateral plank walk dalam satu set.

13. Konsumsi makanan sehat

Tidak cukup hanya dengan berolahraga, lengan berotot dan atletis akan lebih cepat didapat dengan mengkonsumsi makanan sehat. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung minyak, lemak jenuh, dan karbohidrat. Ganti konsumsi Sobat Pintar dengan makanan kaya serat, seperti sayur, buah, dan protein tanpa minyak berlebih. Hindari juga makanan berpengawet dan jus kalengan.

14. Banyak minum air putih

Saran sederhana yang sering terlupakan adalah minum air putih minimal 8 gelas sehari. Air putih sanggup memecah timbunan lemak dan melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, proses metabolisme tubuh yang berjalan dengan baik akan menghilangkan endapan lemak di lengan. Minumlah air hangat sesuai suhu tubuh, bukan air es.

Dari 14 cara mengecilkan lengan secara alami di atas, ada berapa yang sudah rutin Sobat Pintar lakukan? Cara-cara tersebut mungkin tidak akan langsung memberikan hasil instan, tetapi mereka jelas tidak memberikan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Sama seperti Kredit Pintar yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. selalu memberikan solusi praktis dan aman untuk Sobat Pintar yang butuh dana tunai untuk kebutuhan mendadak.

Daftar Terbaru Fintech Legal OJK 2021

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload