13 Cara Mengecilkan Betis yang Alami dan Sehat

10 Sep 2021 by Laruan

Betis merupakan salah satu bagian tubuh yang gampang dilihat dan dinilai. Maka dari itu, banyak orang yang mencari cara mengecilkan betis agar memiliki penampilan prima. Memiliki ukuran kaki dan betis yang ideal juga memudahkan Sobat Pintar saat ingin membeli celana baru.

Hal ini sebenarnya tidak begitu rumit karena Sobat Pintar bisa mengecilkan betis dengan melakukan olahraga-olahraga sederhana. Selain olahraga, Sobat Pintar tentu juga perlu menjaga asupan makanan sehat dan bernutrisi seimbang. 

Ketahui Bahayanya SIM Swap Fraud di Sini

13 Cara Mengecilkan Betis yang Alami dan Sehat

Cara Mengecilkan Betis secara Alami

Melakukan kombinasi olahraga dan diet akan mempercepat proses pengecilan betis. Sobat Pintar harus melakukan olahraga secara konsisten agar tujuan lebih cepat tercapai. Berikut ini cara yang bisa Sobat Pintar lakukan:

1. Jalan kaki

Jalan kaki merupakan metode termudah dan termurah yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk mengecilkan betis. Sobat Pintar bisa berjalan kaki secara rutin minimal 30 menit sehari untuk mengecilkan paha dan betis. Mencari keringat dengan rutin jalan kaki juga membuat pikiran dan penampilan Sobat Pintar lebih segar.

2. Jogging

Jika sedang berada di gym, Sobat Pintar akan menemukan banyak wanita yang melakukan jogging di treadmill untuk satu tujuan: mengecilkan betis. Saat melakukan jogging, kaki Sobat Pintar bergerak secara stabil sehingga dapat lebih cepat membakar lemak. 

Sama seperti olahraga jalan kaki, disarankan untuk melakukan jogging secara rutin selama 30 menit sehari. Tidak hanya mengecilkan paha dan betis, jogging membuat tubuh Sobat Pintar sehat dan bugar.

3. Bersepeda

Bersepeda sudah menjadi tren warga kota untuk memulai pagi. Terlebih lagi kita sedang menghadapi masa pandemi dimana olahraga berkelompok semakin banyak dihindari. Sehingga, olahraga individu seperti sepeda semakin banyak penggemarnya.

Sama seperti jogging, bersepeda fokus pada pergerakan kaki sehingga bermanfaat untuk mengecilkan paha dan betis. Bahkan lebih dari itu, bersepeda dapat membakar lemak di seluruh badan. Sobat Pintar juga bisa menikmati pemandangan dan udara segar saat bersepeda.

4. Berenang

Berenang sering dianjurkan oleh banyak ahli kesehatan karena berenang membuat kita menggerakkan seluruh anggota badan. Salah satu anggota badan yang aktif bergerak adalah kaki, tidak terkecuali paha dan betis. Buktikan saja, sehabis berenang pasti Sobat Pintar akan merasa pegal di sekujur tubuh.

Hal ini tentu baik untuk menunjang kebugaran tubuh. Pilih gaya berenang yang cocok dengan style Sobat Pintar.

5. Lompat tali

Tips membuat betis lebih ramping berikutnya adalah dengan melakukan lompat tali. Meski anak kecil kerap menjadikannya sebagai mainan, lompat tali merupakan cara asyik yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk mengecilkan paha dan betis. 

Kaki akan terasa cepat lelah karena tubuh melompat dalam ritme cepat. Hal ini baik untuk membakar kalori tubuh di bagian kaki. Lompat tali sangat mudah karena Sobat Pintar tidak perlu tempat yang luas untuk melakukannya. Lakukan latihan sekitar 20 menit setiap hari untuk mendapatkan hasil optimal.

6. Squat

Cara melakukan squat adalah dengan ambil posisi berdiri dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. Kedua tangan lurus ke depan. Turunkan pantat hingga Sobat Pintar berada dalam posisi duduk pada kursi yang tak terlihat. 

Tahan posisi tersebut selama 5-10 detik, lalu berdiri tegak. Lakukan gerakan squat sebanyak 10-15 repetisi untuk satu kali latihan. Sobat Pintar perlu melakukan squat secara teratur agar lebih cepat mendapatkan betis ramping.

7. Naik turun tangga

Bersyukurlah bagi Sobat Pintar yang bekerja di gedung perkantoran karena berarti Sobat Pintar punya media untuk mengecilkan betis. Alih-alih memakai lift atau eskalator, gunakanlah tangga untuk naik turun ke lantai tujuan. Berikanlah tubuh kesempatan untuk melakukan pembakaran kalori di kedua kaki.

Selain mengecilkan paha dan betis, naik turun tangga juga baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Tapi ingat, jangan naik turun tangga dengan berlari karena itu justru membuat kaki membesar.

8. Yoga

Yoga memiliki beberapa pose yang dapat membantu Sobat Pintar untuk mengecilkan paha dan betis, yakni warrior pose dan anantasana. Warrior pose adalah gerakan membuka lebar-lebar kedua kaki, satu kaki diluruskan ke belakang dan satu kaki lainnya ditekuk. 

Satu kaki yang diluruskan ke belakang ditarik sejauh mungkin hingga hanya jari kaki yang menempel di matras. Posisikan tangan terentang atau terangkat untuk membantu menjaga keseimbangan. Tahan posisi selama satu menit, lalu ganti kaki yang ditekuk.

Anantasana adalah gerakan merebahkan badan dalam posisi miring, angkat kaki kanan ke atas, gapai dengan tangan kanan, lalu tahan posisi selama  satu menit. Kemudian ganti posisi dengan kaki kiri.

9. Calf raises (latihan berjinjit)

Ini merupakan cara mengecilkan betis yang termurah karena Sobat Pintar tidak perlu alat tambahan untuk melakukannya. Selain itu, calf raises bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, bahkan saat Sobat Pintar menonton TV. 

Caranya adalah dengan berdiri tegak dengan kaki dalam keadaan rapat. Angkat badan ke atas dengan bertumpu pada jari kaki. Tahan posisi ini selama beberapa detik, lakukan sebanyak 20 repetisi untuk mendapatkan hasil optimal.

10. Wall push-up

Seperti namanya, wall push-up adalah gerakan push-up yang menggunakan tembok sebagai alasnya. Letakkan satu kaki 30 cm dari tembok dan satu kaki lain berada sejauh mungkin di belakang. Kaki belakang harus lurus sempurna dengan bertumpu pada tumit, bukan ujung kaki. Tempelkan dua telapak tangan pada tembok.

Sobat Pintar akan merasakan sensasi tarikan pada otot kaki. Kondisi ini sangat baik untuk mengecilkan paha dan betis. Tahan posisi selama 15-30 detik, lalu tukar posisi kedua kaki.

11. Tangan di bawah kaki

Gerakan ini cukup mudah. Silakan berdiri tegak dengan dua kaki rapat, lalu bungkukkan tubuh dan taruh tangan di bawah kaki. Hadapkan kepala ke belakang untuk memudahkan Sobat Pintar meraih posisi ini. Tahan posisi sampai Sobat Pintar merasakan sensasi tarikan pada otot kaki.

Latihan ini sangat mudah karena tidak butuh alat tambahan dan bisa dilakukan kapan saja. Sobat Pintar bahkan bisa melakukannya sembari mendengarkan musik atau menelepon orang.

12. Ubah cara berjalan

Pastikan Sobat Pintar berjalan dengan bertumpu sempurna di bagian tumit. Jadi, tumit kaki harus benar-benar menapak tanah sebelum melangkah. Kebiasaan jalan terburu-buru adalah salah satu penyebab utama betis membesar. 

Rutinitas pekerjaan kadang memaksa Sobat Pintar untuk berjalan cepat kesana-kemari. Pastikan tumit kaki berada pada posisi yang benar.

13. Konsumsi makanan sehat

Mulailah menerapkan pola hidup sehat dengan menghindari makanan yang mengandung terlalu banyak gula, karbohidrat, dan minyak. Sobat Pintar bisa menggantinya dengan konsumsi makanan rendah lemak, makanan berserat, sayur, dan buah. Mengkombinasikan olahraga dan makanan sehat akan mengecilkan paha dan betis Sobat Pintar dengan cepat.

Itulah 13 cara mengecilkan betis yang bisa Sobat Pintar coba. Cara ini cukup beragam, mulai dari yang tidak butuh banyak media (jalan kaki, yoga, tangan di bawah kaki) hingga yang perlu effort lebih (bersepeda, berenang, lompat tali). Sobat Pintar juga bisa berlatih mengecilkan betis sambil menonton TV, seperti latihan berjinjit. Silakan sesuaikan latihan yang dipilih dengan kondisi Sobat Pintar.

Menabung Lebih Banyak Dengan Penghasilan Lebih dari Mengisi Survey Berbayar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload