Ini Dia Kumpulan Cara Belajar Efektif Dan Efisien

01 Jul 2021 by Laruan
Ini Dia Kumpulan Cara Belajar Efektif Dan Efisien

Bagi semua orang, khususnya para pelajar dan mahasiswa, belajar adalah sebuah kewajiban yang harus dijalankan. Hal ini bertujuan agar setiap materi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik dan dapat diaplikasikan dalam dunia nyata. Maka dari itu pelajar dan mahasiswa perlu mencari cara belajar yang efektif dan efisien supaya mereka benar-benar paham dengan materi yang diajarkan. 

Pernah mendengar istilah SKS? Bukan ‘Sistem Kredit Semester’, loh ya! Tapi ‘Sistem Kebut Semalam’. Sobat Pintar pasti tahu bahwa itu bukan cara belajar efektif.  Belajar sehari sebelum ujian memang gampang, tetapi semua yang dipelajari akan hilang setelah tidur karena tidak benar-benar memahami apa yang dipelajari. Kegiatan belajar harus dilakukan secara rutin, tidak cukup hanya dilakukan ketika sedang akan ujian.

Lalu apakah dengan belajar serius selama 8 jam sehari, ikut pelajaran tambahan, ikut les pelajaran diluar jam sekolah dan mengerjakan tugas hingga malam termasuk dalam tips belajar agar mudah paham?

Jawabannya adalah TIDAK!

Aktivitas belajar yang seperti itu malah akan membuat Sobat Pintar lelah dan bad mood sehingga yang Sobat Pintar pelajari tidak dapat Sobat Pintar serap secara maksimal. Secara teori, proses belajar harus dilakukan secara efektif dengan mempertimbangkan kemampuan seseorang. Dengan begitu proses pembelajaran akan mendapatkan respon yang maksimal dan mampu meningkatkan motivasi dan keyakinan pelajar. Intinya, cara belajar efektif adalah dengan proses belajar yang menyenangkan.

Setiap pribadi memiliki keunikan dan teknik masing-masing dalam belajar. Langkah pertama adalah pastikan bahwa Sobat Pintar merasa nyaman saat akan belajar. Hal ini akan membuat Sobat Pintar semakin fokus dalam belajar. Selanjutnya adalah menerapkan teknik atau gaya belajar yang menyenangkan, efektif dan efisien.

Berikut ini adalah beberapa cara belajar efektif yang bisa Sobat Pintar pakai untuk belajar:

1. Olahraga

Olahraga

Mungkin Sobat Pintar berpikir, bukannya lebih baik memanfaatkan waktu olahraga untuk belajar?

Faktanya, olahraga ringan akan membuat tubuh Sobat Pintar rileks dan peredaran darah ke otak lancar. Hal ini akan membuat Sobat Pintar fokus dalam menerima pelajaran. Apalagi ada sebuah penelitian di tahun 2013 yang menguatkan teori ini. Penelitian tersebut menyatakan bahwa laki-laki yang bersepeda selama 15-30 menit punya kemampuan kognitif dan ingatan yang lebih tajam dibanding yang tidak bersepeda.

Perlu diingat, olahraganya yang ringan saja. Seperti berenang, bersepeda, senam, atau jogging. Lakukan sebentar saja di waktu pagi sehingga olahraga dapat menjadi salah satu cara belajar efektif. Kalau terlalu berat olahraganya, yang ada malah Sobat Pintar lelah dan mengantuk. 

2. Cari tempat yang nyaman

Jangan di tempat tidur, ya! Nanti bukannya Sobat Pintar belajar malah mengantuk. 

Tempat yang nyaman disini maksudnya adalah tempat yang tidak terlalu bising dan membuat Sobat Pintar semakin termotivasi untuk belajar. Agar tidak terganggu, pilihlah ruang belajar yang jauh dari ruang tamu dan ruang keluarga karena disitulah keluarga berkumpul dan bercengkrama sambil menonton TV. Sobat Pintar juga dapat memasang poster atau kata-kata motivasi di dinding ruang belajar agar ketika Sobat Pintar merasa bosan, poster-poster tersebut dapat mengembalikan motivasi belajar Sobat Pintar.

Belajar di alam terbuka juga merupakan tips belajar agar mudah paham. Menurut sebagian orang, alam terbuka memberikan efek segar dan energi positif sehingga membuat Sobat Pintar semangat dan fokus. Sobat Pintar dapat memanfaatkan taman kota, pantai, atau bahkan halaman rumah untuk belajar.

3. Jangan terburu-buru

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel ini, mempelajari banyak materi di waktu yang sangat singkat bukanlah tips belajar agar mudah paham. Sobat Pintar akan merasa cepat lelah dan tidak dapat berkonsentrasi, alhasil materi yang Sobat Pintar pelajari tidak terserap dengan baik. Belajarlah sedikit demi sedikit dan pahami dengan baik setiap materi. 

Belajar tentang satu materi selama 30 menit setiap hari selama satu Minggu lebih baik daripada belajar semua materi selama berjam-jam di satu hari. Belajar dengan metode ini akan terasa lebih menyenangkan karena durasi yang singkat namun pemahaman lebih mendalam. Sobat Pintar punya banyak waktu untuk memperkuat pemahaman tentang materi yang Sobat Pintar pelajari. Sobat Pintar dapat mengeksplor referensi dari internet, buku, atau berdiskusi dengan teman dan guru.

4. Teman belajar

Belajar secara berkelompok lebih efektif daripada belajar sendiri. Sobat Pintar dan teman Sobat Pintar dapat berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai materi pelajaran. Usahakan untuk selalu fokus kepada materi pembelajaran karena jika tidak dijaga dengan baik belajar kelompok dapat berubah menjadi bermain kelompok. Buatlah suatu aturan untuk menjaga kelompok agar tetap fokus sehingga belajar kelompok menjadi tips belajar agar mudah paham.

Dengan belajar kelompok Sobat Pintar juga mempunyai kesempatan untuk mencoba menyampaikan materi kepada teman Sobat Pintar. Jika teman Sobat Pintar dapat memahami materi yang Sobat Pintar sampaikan, maka Sobat Pintar pun sudah benar-benar memahami materi tersebut. 

5. Siapkan bahan belajar

Akan sangat menjengkelkan dan membuat malas ketika Sobat Pintar harus beranjak dari tempat duduk dan mencari-cari sesuatu yang Sobat Pintar butuhkan. Maka dari itu, siapkanlah bahan belajar di dekat Sobat Pintar sehingga Sobat Pintar tidak perlu beranjak dari tempat Sobat Pintar ketika membutuhkannya. Hal ini juga membuat waktu belajar lebih efisien, tidak terbuang untuk mencari bahan belajar. 

Jangan lupa untuk melengkapi bahan belajar dengan sumber yang relevan. Sobat Pintar dapat mengambilnya dari buku dan internet untuk menambah referensi buku catatan sekolah Sobat Pintar.

6. Bersantai

Percaya atau tidak, bersantai merupakan tips belajar agar mudah paham yang selanjutnya. Belajar tidak boleh terlalu lama karena itu akan membuat Sobat Pintar lelah. Jadi, atur waktu untuk sejenak bersantai dan mengusir kejenuhan. Yang penting jangan terlalu lama bersantai, malah nanti jadi lalai. Sobat Pintar bisa bersantai sejenak dengan bermain piano, gitar, bernyanyi, melukis dan lain sebagainya.

Setelah dirasa kejenuhan hilang, Sobat Pintar dapat melanjutkan belajar. Dengan begitu daya tangkap dan fokus Sobat Pintar akan kembali pulih dan siap untuk menerima materi selanjutnya. Gunakanlah waktu seefektif dan seefisien mungkin.

7. Kursus online 

Dengan kondisi dunia sekarang yang sedang menghadapi pandemi, maka tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini belajar secara online adalah salah satu tips belajar agar mudah paham. Ada banyak layanan kursus online di internet yang menawarkan berbagai pilihan metode belajar. Kursus online dapat memperkaya pemahaman materi yang Sobat Pintar dapatkan dari sekolah.

Jangan takut Sobat Pintar akan kehabisan banyak waktu dengan mengikuti kursus online. Waktu belajar di kursus online sangat fleksibel sehingga waktu dapat disesuaikan dengan kebutuhan Sobat Pintar. Dengan pengaturan waktu yang tepat, kursus online dapat mendukung pembelajaran Sobat Pintar menjadi lebih efektif. 

Tunggu apa lagi! Mulailah kursus online sekarang juga untuk membantu Sobat Pintar belajar dengan efektif. Jika Sobat Pintar ingin memulai kursus online, Sobat Pintar dapat mendaftar dengan Kredit Pintar. Dengan bunga yang ringan dan syarat yang mudah, Sobat Pintar dapat langsung menerima dana yang dapat digunakan untuk mendaftar kursus online. Manfaatkan kursus online sebagai tips belajar agar mudah paham Sobat Pintar untuk masa depan cemerlang.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload