Ini 7 Hobi yang Menghasilkan Uang

23 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 23 Sep 2022

Ada banyak hobi yang menghasilkan uang, khususnya di era digital seperti sekarang ini. Selama Anda dapat memanfaatkannya dengan baik, maka hobi yang selama ini hanya Anda lakukan untuk diri sendiri, dapat bermanfaat untuk orang lain dan paling terpenting, bisa cuan.

Ini 7 Hobi yang Menghasilkan Uang

Tapi, apa saja hobi yang menghasilkan uang tersebut? Apakah semua hobi dapat menghasilkan cuan di era digital? Bagaimana cara untuk memanfaatkan hobi yang menghasilkan uang? Anda datang di artikel yang tepat, berikut informasinya khusus untuk Anda. 

Apa Segampang Itu Menghasilkan Uang dengan Hobi?

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah Anda dapat menghasilkan uang hanya dengan melalui hobi melukis Anda? Atau dari hobi Anda yang pandai menari tradisional? Jawabannya adalah bisa.

Tentu saja, semua itu bukanlah hal yang mudah. Bukan seperti legenda yang mampu membangun candi hanya dalam satu malam. Untuk dapat menghasilkan melalui hobi, Anda perlu tekad yang kuat dan ketekunan, serta semangat tidak pantang menyerah. 

Hobi yang menghasilkan uang bukannya tidak mungkin diwujudkan. Semua hobi berpeluang untuk menghasilkan cuan. Namun, sedikit orang yang bersabar dan menyerah lebih awal. Berharap cuan di awal, tanpa ingin merasakan susahnya membangun personal branding

Baca juga: Ketahui 4 Cara Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis

Kita semua haruslah berterima kasih kepada kecanggihan internet. Berkat internet, semua orang dari seluruh dunia dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi. Di sinilah panggung Anda. Di sinilah ladang Anda jika ingin menggali potensi serta mendapatkan cuan.

Walau harus diakui bahwa untuk menghasilkan cuan dari hobi tidaklah mudah, namun dengan kerja keras, apapun dapat terwujud, bukan? 

Baiklah, mungkin Anda sudah penasaran, apa saja daftar hobi yang menghasilkan uang. Namun sebelum lanjut ke topik utama artikel, Anda harus mengetahui bahwa jika hobi Anda tidak masuk ke dalam daftar, ini bukan berarti hobi Anda tidak ada peluang menghasilkan. 

Kembali lagi, semua hobi memiliki potensi dan peluang untuk menghasilkan. Jangan membatasi diri, serta terus mencoba untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Berikut informasinya untuk Anda.

10 Hobi yang Menghasilkan Uang di Era Digital

Ini 7 Hobi yang Menghasilkan Uang

Hobi merupakan salah satu aktivitas yang mampu menenangkan hati dan pikiran. Ini merupakan aktivitas Anda yang memerlukan energi lebih serta memikirkan hal-hal lain yang berhubungan dengan karir, pekerjaan di kantor, atau rekan serta teman yang toxic.

Baca juga: Apa Saja Hobi yang Bisa Menjadi Peluang Bisnis Bagi Anak Muda?

Berikut 10 hobi yang menghasilkan uang khususnya di era digital seperti sekarang ini. 

  1. Menulis
    Apakah Anda merupakan penulis blogger? Atau Anda sangat menyukai aktivitas menulis fiksi, non-fiksi, dan artikel? Jika iya, maka Anda dapat memanfaatkan hobi menulis tersebut untuk dapat dijadikan uang.

    Hobi menulis merupakan salah satu hobi yang menghasilkan uang. Anda dapat menukarkan waktu dan tenaga Anda menjadi uang dengan membuka jasa menulis atau menjadi seorang freelance.

    Faktanya, banyak perusahaan yang ingin meng-hire freelance untuk menjadi seorang content writer demi kepentingan marketing, seperti menjadi copywriter, content writer, email marketing, hingga UX writer.
  2. Fotografi
    Hobi yang menghasilkan uang selanjutnya adalah fotografi. Sama seperti menulis, fotografi menjadi salah satu pekerjaan yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan, khususnya brand yang bergerak di bidang makanan.

    Anda yang memiliki keahlian fotografi dapat membuka jasa freelance dengan harga yang dapat Anda tentukan sendiri.

    Untuk semakin meyakinkan para klien, cantumkan juga beberapa hasil tangkapan kamera Anda dan hasil editing yang Anda selesaikan. Jika memungkinkan, Anda juga dapat meminta social-proof atau testimoni dari klien-klien Anda yang puas.

    Ada banyak jenis fotografi yang dapat Anda coba, seperti fotografi pernikahan, produk makanan, pemandangan, ulang tahun, atau bahkan membangun foto studio pribadi.
  3. Desain Grafis
    Anda dapat mengubah garis-garis yang membosankan menjadi mahakarya digital yang luar biasa? Mampu mendesain pamflet, logo, atau bahkan social media ads? Jika iya, maka Anda dapat memanfaatkan hobi tersebut untuk menghasilkan uang.

    Hobi desain grafis merupakan hobi yang menghasilkan uang yang cukup menguntungkan di era digital. Menjamurnya start-up yang ingin berkompetisi di dunia digital menyebabkan angka kebutuhan pekerja desain grafis meningkat.

    Ini dapat menjadi peluang besar bagi Anda yang ingin meraup cuan dengan mudah. Anda dapat membuka jasa membuat logo, pamflet, atau social media editing dan memasang tarif sesuai yang Anda inginkan.

  4. Bermain Video Gim
    Jika dulu bermain video game dianggap sebagai sesuatu yang membuang waktu dan hanya membuat seseorang menjadi malas, di dunia modern bermain video gim justru mendatangkan keuntungan.

    Ada banyak video game streamer yang menghasilkan keuntungan hanya dengan me-review suatu permainan keluaran terbaru, bermain gim secara live streaming, atau yang paling terbaru adalah vtuber.

    Semua penghasilan gamers tersebut didapat dari subscription audiensnya, ads, hingga brand gim besar yang bekerjasama dengan mereka. 
  5. Memasak
    Nyatanya, banyak orang yang lebih memilih mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli makanan di luar atau berlangganan katering, daripada membeli bahan makanan dan mengolahnya.

    Hal di atas disebabkan karena jam kerja masyarakat kota yang cukup padat. Selain itu, dunia teknologi yang serba instan membuat gaya hidup perlahan mengalami perubahan. Dan fenomena ini dapat Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis yang cuan.

    Jika Anda hobi memasak, membuka toko olahan makanan atau jasa katering dapat menjadi opsi terbaik sebagai hobi yang menghasilkan uang. Anda bisa membuat menu khusus untuk katering, atau membuka warung sederhana untuk berjualan makanan.

    Baca juga: Cara Membuat Nasi Bakar yang Gurih dengan Mudah
  6. Melukis
    Tidak hanya menyenangkan, kegiatan melukis juga merupakan hobi yang menghasilkan uang. Anda dapat berkolaborasi dengan beberapa seniman lainnya dan menjual hasil karya tersebut pada kolektor, atau mengikutsertakan maha karya ke pameran seni.

    Anda juga dapat beralih ke digital art untuk menambah penghasilan dengan cara membuka afiliasi atau menjualnya di NFT.
  7. Programming
    Hobi yang menghasilkan uang selanjutnya adalah melalui programming atau coding. Walau hobi ini termasuk salah satu hobi yang membutuhkan daya konsentrasi yang tinggi, namun banyak orang tak segan untuk mempelajarinya.

    Ternyata, kegiatan yang menguras otak dan energi tersebut sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan khususnya dalam membuat website yang interaktif, serta membuat aplikasi mobile.
  8. Hobi Crafting
    Sejak pandemi covid-19, banyak orang yang mulai menyibukkan diri dan mencari hobi baru, salah satunya adalah crafting. Anda yang terampil dalam membuat kerajinan tangan bisa menjadi salah satu hobi yang menghasilkan uang.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
23 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download