Cara Membuat Nasi Bakar Yang Gurih dengan Mudah

16 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 29 Jun 2022

Nasi bakar merupakan salah satu makanan dengan penampilan dan penyajian yang sederhana, tetapi justru sangat menggugah selera dan patut untuk dicoba. Berbagai macam cara membuat nasi bakar kini menjadi solusi dan inovasi beberapa restoran. 

Selain aroma dan rasanya yang khas, nasi bakar ini memiliki kesan bagaikan kembali ke alam, berupa nasi yang dibungkus beserta isiannya dengan daun pisang untuk pembungkus nasinya. Walaupun baunya hangus, tetapi jangan khawatir karena daun pisang menciptakan aroma yang terbakar justru memberikan efek aroma yang sangat kuat dan menggugah selera makan Anda.

Sekilas Mengenai Asal Usul Nasi Bakar

Belum diketahui bagaimana mengenai asal usul nasi bakar itu sendiri. Nasi bakar hanya berupa jenis pilihan makanan yang awal kemunculannya sangat ramai di tahun 2008 silam. 

Namun, saat mendengar “nasi bakar”, maka kebanyakan orang akan mengingat  satu kepal nasi gurih beserta isinya dengan tampilan berupa nasi gurih yang terbungkus oleh daun pisang. Biasanya, satu kepal nasi gurih dilengkapi dengan isian berupa ayam yang sudah disuwir, serta terdapat isian ikan teri.

Berbagai macam nasi bakar yang memiliki banyak variasi dan inovasi produk, semua ditentukan berdasarkan dari tangan kreatif yang membuat atau memasaknya. 

Perlu Anda ketahui bahwa nasi bakar ini menggunakan daun pisang untuk membungkus Nasi & lauknya yang sudah terpilih, ada daun singkong, & jamur. Nasi yang diberi taburan berupa serundeng dengan rasa serundeng yang begitu gurih sehingga  sangat menggoyang lidah beserta serundeng yang bercampur rasa yang manis. Untuk bagian pelengkapnya, tinggal menambahkan kurang lebih 3 potong ikan asin yang dipotong dengan ukurang yang kecil saja.

Baca juga : Manfaat Air Lemon yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Kemudian, apabila telah melipat bungkusan nasi dalam daun pisang tersebut, maka langkah selanjutnya tentu saja lakukan proses pembakaran pada nasi yang sudah selesai dibungkus daun pisang tersebut. Perhatikan, membakar nasi bakar harus dilakukan tepat di atas tempat pemanggangan atau pembakaran, dengan durasi waktu kurang lebih selama sepuluh menit saja. 

Kemudian, ketika daun pisang sebagai pembungkus tersebut sudah mulai menunjukkan wujud daun yang layu, serta pada bagian-bagian berubah warna jadi kering dan kecoklatan, itu artinya sudah saatnya Anda mengangkat nasinya dari tempat pembakaran atau tempat pemanggangan. 

Diketahui, ketika sudah selesai melakukan proses membakar nasi bakar, maka efek dari pembakaran akan menimbulkan asap yang mengepul serta  akan menggoda Anda dengan bau yang harum dan kuat, maka bisa diartikan bahwa nasi bakar sudah siap disajikan di atas meja makan Anda dan keluarga. Terdapat beberapa sambal dan mentimun yang belum layu sebagai “teman” menikmati nasi bakar yang disajikan di atas meja makan, khusus untuk memberi tambahan rasa kenikmatan dari sifat aroma dan rasa nasi bakar itu sendiri. 

Baca juga : 14 Franchise Makanan Terlaris 2022 Untung Banyak

Nah, momen berharga saat membuka bungkus nasi bakar tersebut, maka Anda akan tergoda untuk segera mencicipi nasi bakar tersebut. Mengonsumsi nasi bakar khususnya pada saat cuaca sedang sejuk maka makan makanan dan memilih menu nasi bakar yang kaya akan aroma yang kuat dan menggugah selera yang tradisional tersebut, merupakan keputusan yang sangat tepat.

Sebab, sifat dari nasi bakar sendiri begitu menggoda, selain itu akan lebih baik jika mengkonsumsi makanan dan minuman yang selagi masih hangat terutama saat cuaca sedang dingin. Walaupun terlanjur makannya sudah menjadi dingin, jangan salah ketika Anda masih mencium aroma serta nikmatnya memakan nasi bakar yang dapat menambah nafsu makan.

Nasi bakar menjadi menu pilihan makanan yang dapat Anda nikmati dengan harga yang bersahabat dengan dompet, harga nasi bakar dimulai pada harga Rp 18.500 sampai Rp 26.000 saja setiap porsinya. 

Tips Membuat Nasi Bakar yang Gurih

Perlu Anda ketahui, nasi bakar semakin menjadi menu yang paling populer dan menjadi salah satu menu paling menjadi favorit keluarga. Dengan resep atau cara membuat nasi bakar yang mudah, maka Anda tidak perlu jauh-jauh membeli dan memakan menu nasi bakar di restoran. Anda bisa mencoba resepnya di rumah sendiri. 

Jangan salah, dalam prosesnya, cara membuat nasi bakar sangatlah mudah dan juga sangat praktis. Poin penting dalam membuat menu nasi bakar adalah dengan mencampurkan nasi beserta beberapa bumbu khusus & segala macam lauk yang Anda pilih, biasanya dalam irisan yang kecil atau tipis. Bungkus dengan daun pisang, kemudian tinggal memanggang atau membakarnya di atas alat pembakaran atau di atas alat pemanggangan.   

Namun, perlu Anda ikuti beberapa tips rahasia memasak nasi bakar yang tepat agar hasil masakan dari nasi bakar memiliki cita rasa serta aroma yang lebih gurih dan wangi. Berikut ulasannya mengenai cara membuat nasi bakar agar mendapatkan hasil yang gurih serta hasil yang wangi, intip yuk!

Cermati Penggunaan Nasi atau Beras

Pertama-tama, dalam membuat nasi bakar, Anda bisa menggunakan bahan dasar dalam bentuk langsung berupa nasi yang sudah siap pakai atau masih dalam bentuk beras. Perlu dicermati, pada masing-masing bahan baku dasar pembuatan nasi bakar, maka Anda akan mendapati beberapa kelebihan bahkan kekurangannya. 

Kemudian, jika membahas dari segi keuntungannya, memakai bahan dasar beras yaitu bumbu akan lebih meresap dengan sangat baik. Maka dari itu, cita rasa yang diciptakan nasi bakar dengan cara seperti itu akan lebih terasa enaknya. Namun, kekurangannya perkara waktu memasaknya yang lebih lama. Bayangkan jika sudah sangat lapar, maka butuh waktu lama untuk menunggu sampai benar-benar matang. 

Sedangkan, jikalau membuat nasi bakar langsung dengan nasi yang sudah siap saji, maka dalam proses pembuatannya hanya sebentar saja. Namun, rasa sari nasi bakar dengan cara ini tidak terlalu lezat.

Beri Santan atau Mentega

Nah, berikutnya, kunci penting agar nasi bakar Anda terasa lebih gurih. Tambahkan santan atau mentega.  Caranya, mencampurkan nasi atau beras dengan santan atau mentega, tergantung Anda mau memasak nasi bakar dengan nasi atau beras. Selain yang dijelaskan di atas, Anda harus menambahkan daun pandan atau daun salam untuk menambah aroma yang lebih gurih.

Menentukan Isian Nasi Bakar : Lauk

Isian untuk menu nasi bakar bermacam-macam, jika memasak sendiri Anda tinggal sesuaikan saja dengan selera Anda dan anggota keluarga. Biasanya memakai isian ayam bumbu pedas, daging, ikan, lalu telur asin. Anda juga bisa melakukan variasi berupa menggunakan berbagai bumbu khas masakan Indonesia seperti rendang atau rica-rica agar rasa lebih beragam. 

Cara memasak isiannya bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan selera Anda saja. Anda dapat memasaknya secara terpisah atau dapat langsung mencampurkan isian dengan nasi ketika sedang proses pembakaran. 

Terakhir, agar dapat menambah cita rasa yang kaya dan harum, Anda harus menggunakan daun pisang, namun tidak semua daun pisang cocok untuk memasak nasi bakar. Biasanya para koki memasak nasi bakar atau membungkus nasi yang akan dibakar selalu menggunakan daun pisang batu agar rasa harum lebih keluar. 

Demikian beberapa ulasan singkat mengenai cara membuat nasi bakar, khususnya untuk menambah cita rasa yang gurih dan harum. Resep di atas bisa Anda ikuti dengan mudah dan praktis tanpa beban apapun, gunakan kreativitas Anda dalam kreasi masakan agar keluarga tidak perlu makan nasi bakar di restoran. 

Baca juga : Cara Buat Bakwan Jagung yang Gurih dan Renyah

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download