Hindari Penyebab Panas Dalam dengan 5+ Cara Ini

02 Aug 2021 by Laruan

Bukan hal aneh jika panas dalam tiba-tiba datang di waktu yang tak terduga. Misalnya saat Sobat Pintar sedang asik beraktivitas, lalu tenggorokan terasa kering dan terasa haus terus menerus. Akan lebih mengganggu lagi ketika sariawan di mulut akhirnya muncul dan membesar. Untuk makan pun rasanya jadi tak nafsu, apalagi berbicara yang jelas membuatnya terasa semakin perih. Kalau sudah begini, aktivitas pun jadi terhambat dan mood juga otomatis turun.

Penyebab Panas Dalam

Bila sudah melakukan pengobatan namun masih belum ada hasil, janganlah khawatir. Dalam artikel ini, Sobat Pintar akan mendapatkan informasi seputar cara mengobatinya. Sebelum membahasnya lebih dalam, marilah kupas terlebih dahulu pemicu serta tanda yang menjadi faktor pemicunya. Jangan lupa untuk mengantisipasi sekaligus menghindari pemicu tersebut setelah memahami penjelasannya agar aktivitas sehari-hari tetap berjalan dengan lancar. Yuk, simak penjelasannya secara saksama sebagai berikut:

Penyebab dan Gejala Panas Dalam

Penyebab Panas Dalam

Selalu ada alasan atau pemicu dibalik timbulnya suatu tanda maupun penyakit. Meskipun begitu, panas dalam bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu tanda yang mengindikasikan penyakit tertentu. Umumnya hal ini terjadi karena pola makan yang tidak baik, namun juga bisa disertai dengan berbagai pemicu lain seperti yang telah dijelaskan di bawah ini:

  1. Makanan Berlemak dan Pedas

Jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan yang berlemak ataupun pedas akan memicu iritasi di saluran pernapasan dan juga mulut. Akibatnya tanda yang ditimbulkan terasa mengganggu dan membuatnya semakin meradang. Seperti sariawan yang tadinya kecil kemudian terus membengkak dan semakin perih. Meskipun mengundang selera, Sobat Pintar mesti berhati-hati dalam mengatur porsi menu makanan berlemak dan pedas sewajarnya saja dan tidak berlebihan.

  1. Kurang Minum Air Putih

Air putih adalah sumber kehidupan, bila sehari saja Sobat Pintar tidak meminumnya dalam jumlah cukup, maka akan terjadi dehidrasi pada tubuh. Jika sudah terjadi, tubuh menjadi rentan akan berbagai virus dan bakteri yang salah satunya dapat menimbulkan kondisi tersebut. Sehingga respon tubuh memberikan sinyal bahwa ia memerlukan air putih untuk menetralisir tubuh. Itulah sebabnya mengapa rasa haus dan tenggorokan gatal dapat dirasakan setelah gejala ini timbul.

  1. Terlalu Kelelahan

Pernahkah Sobat Pintar kelelahan hingga lupa membersihkan mulut sepulang bekerja? Hal ini juga dapat menjadi penyebab timbulnya panas dalam. Selain karena tubuh lelah dan membuat imun menurun, iritasi pada mulut dapat terjadi karena sisa makanan masih menumpuk pada area mulut. Kelelahan jugalah yang membuat tubuh bereaksi terhadap apa yang sedang dirasakan. Oleh sebab itu, virus dan bakteri akan mudah masuk karena sistem imun yang rendah.

  1. Kurang Asupan Bergizi

Terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji yang tinggi kalori namun minim nutrisi adalah penyebab yang dapat memicu kondisi tersebut. Akibatnya gangguan saluran pencernaan dapat dirasakan karena kurangnya serat dan vitamin yang ada pada tubuh. Kalau sudah begini, bukan hanya perut saja yang sakit, tenggorokan juga akan terasa kering dan mengganggu. Bibir pecah-pecah pun muncul dan lama-kelamaan terasa perih. Hal ini tidak akan dirasakan di awal, namun ketika pola hidup tersebut dilakukan secara berkelanjutan.

  1. Adanya Penyakit Tertentu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kondisi ini menunjukkan adanya penyakit dalam tubuh. Penyakit yang biasanya ditimbulkan dalam hal ini di antaranya adalah kenaikan asam lambung, radang tenggorokan, infeksi pada saluran pernapasan dan mulut, hingga masalah pencernaan. Jika terus mengganggu dan semakin terasa parah, ada baiknya Sobat Pintar segera memeriksakan diri ke dokter. 

Bagaimana cara meredakannya?

Jika masih terasa ringan, panas dalam dapat diobati dengan cara sederhana yang sangat mudah dan efektif. Mulai dari mengubah kebiasaan pada pola hidup, hingga meracik obat dengan bahan alami yang dapat dilakukan di rumah. Hal ini juga dapat menjadi antisipasi agar Sobat Pintar dapat lebih berhati-hati dalam menjalankan pola hidup. Untuk lebih detailnya silakan simak tentang cara meredakannya di sini:

  1. Tidur yang Cukup

Mengubah pola hidup atau kebiasaan memang tak mudah di awal, maka lakukanlah secara perlahan. Misalnya adalah dengan tidak tidur terlalu larut dan mulai bangun lebih awal. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya kelelahan, sehingga tubuh dapat terasa bugar dan siap beraktivitas secara optimal. Apabila diharuskan untuk begadang pun, jangan lupa untuk mengkonsumsi suplemen ataupun vitamin agar imun tetap terjaga. Bagaimanapun juga, pola tidur yang teratur sangatlah disarankan setelahnya.

  1. Olahraga Rutin

Jika tubuh bugar, maka daya tahan pun akan terjaga. Hal ini dapat mencegah virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Mengatur jadwal olahraga di tengah kesibukan memang terlihat berat. Namun, cobalah untuk memulainya saja terlebih dahulu. Lama-kelamaan Sobat Pintar pasti bisa melaluinya. Mulailah dengan intensitas yang rendah terlebih dahulu agar terasa lebih mudah. Setelahnya, Sobat Pintar dapat menaikan intensitas menjadi lebih tinggi dan menyesuaikan dengan kemampuan tubuh.

  1. Beralih ke Menu Sehat

Kembali lagi pada pola hidup, cobalah untuk mengganti makanan cepat saji dengan yang lebih sehat. Sobat Pintar tak perlu melakukannya secara ekstrem yang justru akan membuat tubuh merasa tak nyaman. Mulai saja secara perlahan dengan buah favorit dan juga sayur yang tetap menggugah nafsu makan. Mempersiapkan menu sehat dengan memasaknya sendiri pun tentunya jauh lebih aman dan sesuai selera.

  1. Perbanyak Air Putih

Merupakan cara mengobati yang paling mudah karena dapat dilakukan kapan saja di mana saja. Sobat Pintar perlu minum air putih setidaknya 2 liter atau 8 gelas perhari secara teratur dan bukan hanya sesekali saja. Hal ini dapat mencegah terjadinya sariawan, bibir pecah-pecah, hingga nyeri di tenggorokan. Ingatlah untuk mulai mengurangi jumlah konsumsi minuman manis buatan yang tak baik bagi tubuh. 

  1. Meracik Obat Sendiri

Cara mengobati yang paling efektif adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Sobat Pintar dapat membuat larutan air garam atau cukup mengoleskan madu pada sariawan yang mengganggu. Selanjutnya, adalah membuat ramuan minuman jahe dan madu atau air lemon untuk mengatasi sakit tenggorokan yang meradang. Obat racikan sendiri ini tentunya aman dan lebih efektif dibandingkan obat dengan bahan kimia yang berada di pasaran.

Panas dalam memang tidak begitu berat, namun tidak dapat disepelekan begitu saja. Sobat Pintar perlu menjaga daya tahan tubuh secara teratur dengan pola hidup sehat agar dapat terhindar darinya. Memilih menu atau bahan makanan yang sehat terkadang memerlukan biaya yang tak sedikit pula. Hal tersebut dirasa wajar karena investasi kesehatan memang diperlukan guna kelancaran di masa depan. Jika uang menipis di akhir bulan, Kredit Pintar dapat memberikan pinjaman agar pola hidup sehat tetap berjalan dengan lancar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload