Hindari Kekurangan Vitamin B12 Dengan 6 Makanan Berikut

Hindari Kekurangan Vitamin B12 Dengan 6 Makanan Berikut

26 May 2021 by kreditpintar
Hindari Kekurangan Vitamin B12 Dengan 6 Makanan Berikut

Vitamin B12 adalah vitamin B yang krusial. Vitamin B12 sangat penting untuk produksi sel darah merah dan proses mental. Karena itu kekurangan zat ini akan berdampak buruk bagi tubuh. Penasaran dengan fungsi Vitamin B12, makanan yang mengandung Vitamin B12 dan juga dampak kekurangan zat ini? Yuk simak artikel ini lebih lanjut.

Fungsi Vitamin B12

Vitamin B12 sangat penting untuk fungsi normal otak dan sistem saraf. Di mana terlibat dalam pembentukan sel darah merah dan membantu menciptakan dan mengatur DNA. Metabolisme setiap sel dalam tubuh tergantung pada Vitamin B12, karena memainkan peran dalam sintesis asam lemak dan produksi energi. 

Sumber Vitamin B12

Makanan yang mengandung Vitamin B12 dapat ditemukan secara alami dalam produk hewani, seperti ikan, daging, telur, dan produk susu. 

1. Hati dan ginjal hewan

Bagian dalam tubuh hewan adalah beberapa sumber makanan yang paling bergizi. 

2. Kerang

Kerang adalah sumber protein yang mengandung konsentrasi Vitamin B12 tinggi. Sobat Pintar bisa mendapatkan lebih dari 7.000% DV hanya dalam 20 kerang kecil. Selain itu, kerang juga telah terbukti menjadi sumber antioksidan yang baik.

3. Sarden

Sarden adalah ikan air asin kecil bertulang lembut. Mereka biasanya dikenal dijual kalengan dalam air, minyak, atau saus. Sarden adalah salah satu ikan yang memiliki gizi baik namun lebih murah dibanding ikan bernutrisi lainnya. Selain itu, sarden juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Misalnya masalah peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung.

4. Daging sapi

Daging sapi adalah makanan yang mengandung Vitamin B12 yang paling terkenal dan banyak disukai banyak kalangan. Jika Sobat Pintar mencari konsentrasi Vitamin B12 yang lebih tinggi, akan disarankan untuk memilih  potongan daging rendah lemak. Akan lebih baik memanggang atau mengawetkan daging dengan cara dimasak asap daripada menggorengnya. Ini membantu mempertahankan kandungan Vitamin B12.

5. Sereal 

Sumber Vitamin B12 ini dapat bekerja dengan baik untuk vegetarian dan vegan, karena dibuat secara sintetis dan bukan berasal dari sumber hewan. Meskipun tidak umum direkomendasikan sebagai bagian dari diet sehat, sereal dapat menjadi sumber vitamin b yang baik, terutama b12. 

6. Ikan Tuna

Tuna adalah ikan yang umum dikonsumsi dan sumber nutrisi yang hebat, termasuk protein, vitamin, dan mineral. Tuna mengandung konsentrasi Vitamin B12 yang tinggi.

7. Salmon

Dikenal sebagai ikan dengan kandungan omega-3 tertinggi. Salmon ini juga merupakan sumber vitamin b yang sangat baik.

Gejala Kekurangan Vitamin B12

Gejala kekurangan zat ini lainnya termasuk sembelit, kehilangan nafsu makan, dan penurunan berat badan. Setelah gejala meningkat, mereka dapat mencakup perubahan neurologis, seperti mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki. Beberapa orang pun mungkin mengalami kesulitan menjaga keseimbangan tubuhnya.

Bayi yang kekurangan zat ini dapat menunjukkan gerakan yang tidak biasa, seperti tremor wajah, serta masalah refleks, kesulitan makan, iritasi, dan masalah pertumbuhan akhirnya jika kekurangan zat ini tidak lekas diobati.

Beberapa orang yang kekurangan zat ini  memiliki risiko lebih tinggi terkena psikosis mania, dan demensia. Vitamin B12 yang tidak mencukupi juga dapat menyebabkan anemia. Orang dengan anemia mungkin juga mengalami:

  1. Mulut atau lidah yang sakit.
  2. Penurunan berat badan.
  3. Kulit pucat atau menguning.
  4. Diare.
  5. Masalah menstruasi.

Kelompok yang Berisiko Kekurangan Vitamin B12

  1. Individu dengan anemia pernicious, sebagai penyakit penyebab paling umum dari kekurangan zat ini yang terbukti secara klinis di seluruh dunia. 
  2. Individu dengan gangguan pencernaan. 
  3. Vegetarian. Vegan yang tidak mengkonsumsi produk hewani dan vegetarian yang mengkonsumsi beberapa produk hewani (misalnya, produk susu, telur, atau keduanya) tetapi bukan daging. 

Sudah mengerti bukan seberapa pentingnya peran Vitamin B12 pada tubuh kita? Karena hal itu menghindari kekurangan Vitamin B12 wajib dilakukan sedini mungkin. Setelah mengetahui fungsi Vitamin B12, perbanyak konsumsi sumber Vitamin B12 ya! Apalagi jika Sobat Pintar termasuk kelompok yang berisiko kekurangan Vitamin B12. Jangan sampai menyesal nantinya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk