Rekomendasi Headset Bluetooth Terbaik

12 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 24 Feb 2022

Sobat Pintar, sedang mencari rekomendasi headset bluetooth terbaik? Baca artikel ini, yuk! Headset merupakan salah satu jenis alat elektronik yang bekerja dengan konsep mengubah energi listrik menjadi gelombang suara. 

Alat ini digunakan dengan disumpalkan pada kedua telinga dan berfungsi sebagai alat reproduksi suara agar terdengar lebih jernih. Umumnya, headset dilengkapi dengan mikrofon sehingga selain dapat mendengarkan audio, alat tersebut juga bisa digunakan untuk melakukan komunikasi dua arah (telepon). 

Baca juga: Rumor terkait Apple VR Headset yang Akan Rilis

Seiring dengan perkembangan teknologi, muncul berbagai inovasi baru di bidang elektronik, salah satunya kemunculan headset bluetooth atau headset tanpa kabel. Inovasi ini dinilai lebih praktis karena membuat pengguna memiliki ruang gerak yang lebih bebas. 

Selain itu, ketika hendak menggunakan headset jenis ini, pengguna tidak perlu repot membetulkan letak kabelnya yang kadang-kadang terlilit. 

Kepraktisan yang ditawarkan membuat banyak orang mulai berbondong-bondong memiliki headset jenis ini. Jika kamu adalah salah satunya, berikut kami rangkum rekomendasi headset bluetooth terbaik dan berkualitas yang bisa kamu pertimbangkan untuk beli. Lets, check it out

Sony WH-1000XM4

Sebagai salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia, Sony tentu tidak mau kalah dalam mengeluarkan produk-produk paling up to date, yang layak jadi headset bluetooth terbaik. Salah satu headset bluetooth keluaran Sony yang langsung diminati oleh banyak pengguna ialah Sony WH-1000XM4 dengan spesifikasi sebagai berikut.

  1. Jenis headphone : tertutup
  2. Unit driver : 40 mm (koil CCAW voice)
  3. Response frekuensi : 4 Hz−40.000 Hz
  4. Response frekuensi (komunikasi bluetooth): 20 Hz−20.000 Hz (sampling 44,1 kHz)/20    Hz−40.000 Hz (sampling LDAC 96 kHz, 990 kbps)
  5. Sensitivitas (DB/MW): 105 dB/mW (1 kHz) saat menyala, dan 101 dB/mW (1 kHz) saat unit dimatikan
  6. Konektor : mini stereo L
  7. Pengisian daya : 3 jam (USB), pemakaian maks 30 jam (NC on)/200 jam (NC off)
  8. Spesifikasi bluetooth : versi 5.0
  9. Rentang efektif : 30 ft (10 meter)

Dengan spesifikasi seperti di atas, headset ini dibanderol dengan harga Rp4.990.000. Meskipun harganya lumayan mahal, tetapi headset ini telah dilengkapi berbagai fitur, seperti noise cancelling yang menjauhkan suara berfrekuensi menengah hingga tinggi, teknologi sensor dual noise dengan dua mikrofon pada tiap earcup, pengoptimalan tekanan atmosfer yang didesain untuk perjalanan udara, kontrol suara sekitar, speak to chat, adaptive sound control yang dapat disesuaikan dengan aktivitas pengguna, voice assistant, koneksi multi titik, dan tentunya kebebasan nirkabel hingga jarak 10 meter.

Headset Olahraga JETE Open Ear 2

Bagi kamu yang memiliki hobi berolahraga, headset bluetooth ini bisa menjadi pilihan yang cocok. Selain bentuknya yang kece, headset ini juga telah didesain khusus untuk aktivitas olahraga, seperti jogging dan bersepeda. Bentuk yang berbeda dengan headset biasa (tidak menutup telinga) membuat kamu masih bisa mendengar suara di sekitar, seperti suara klakson dan panggilan orang. 

JETE Open Ear 2 bisa jadi rekomendasi headset bluetooth terbaik dengan menyandang berbagai spesifikasi sebagai berikut.

  1. Jenis headset : open ear
  2. Response frekuensi : 20−20.000 Hz
  3. Pengisian daya : 2 jam, play time 5 jam, stand by time 220 jam
  4. Spesifikasi bluetooth : versi 5.0
  5. Rentang efektif : 10 m

Headset ini dibanderol dengan harga mulai dari 900 ribu-an. Harga tersebut terbilang cukup murah mengingat banyak fitur keren yang bisa kamu dapatkan, seperti kemampuan menyimpan file sampai dengan 1225, fitur IPX8 yang melindungi headset saat terkena air, bone conduction untuk membuat telinga tidak terasa sakit saat mendengarkan musik, fitur magnetic charge, dan terdapat tambahan strap untuk membuat headset lebih nyaman saat digunakan. 

Baca juga: Review Headset Robot RH-G20: Spesifikasi dan Harga

Apple AirPods Pro

Dari segi merek, headset satu ini jelas sudah tidak diragukan lagi untuk bersaing sebagai headset bluetooth terbaik. Siapa yang tidak tahu Apple? 

Perusahaan multinasional yang berpusat di California ini telah mengeluarkan banyak produk yang berhasil merebut hati para pengguna barang elektronik. Harga produk-produknya memang terbilang mahal, tetapi sejalan dengan kualitasnya yang juga sangat baik.

Salah satu produk headset keluaran Apple yakni Apple AirPods Pro yang memiliki spesifikasi sebagai berikut.

  1. Chip : chip headphone H1
  2. Pengisian daya : 5 menit pengisian daya setara dengan 1 jam waktu dengar dan 1 jam waktu bicara
  3. Spesifikasi bluetooth : versi 5.0

Apple AirPods Pro dibanderol dengan harga Rp4.199.000. Headset ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, antara lain teknologi audio yang mampu meredam kebisingan, mode transparansi yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan lingkungan sekitar, ukuran silikon yang dapat diatur sesuai tingkat kenyamanan, desain yang ringkas, tahan air dan keringat, teknologi isi daya tanpa kabel, dan lain-lain.

Mi True Wireless Earphones

Xiaomi merupakan salah satu merek barang elektronik yang saat ini sedang naik daun. Banyak pengguna tertarik dengan produk ini karena harganya yang relatif affordable, tetapi kualitasnya dapat bersaing dengan produk-produk ternama lainnya.

Salah satu produk headset bluetooth yang dikeluarkan oleh Xiaomi yakni Mi True Wireless Earphones yang memiliki spesifikasi sebagai berikut.

  1. Input : 52 V, 1,1 A
  2. Pengisian daya : 1 jam, masa pakai 4 jam (pengisian tunggal), 14 jam (casing pengisian daya)
  3. Spesifikasi bluetooth : versi 5.0
  4. Rentang efektif : 10 m tanpa penghalang

Harga produk Mi True Wireless Earphones yakni Rp899.000. Harga tersebut cenderung sangat murah mengingat produk ini menawarkan berbagai fitur, seperti teknologi transmisi sinkron binaural baru yang dapat mengirim sinyal suara ke earphone kiri dan kanan secara bersamaan, decoding bluetooth HDC, fitur smart voice yang dapat merespons perintah pengguna, dan teknologi yang mengurangi derau dengan mikrofon ganda

Selain itu, terdapat fitur lain, meliputi koil dinamis komposit suara yang dapat memulihkan tekstur suara, pengisian daya nirkabel dan kapasitas baterai yang cukup besar, fitur ketuk ganda untuk mengontrol musik dan panggilan, sensor inframerah bawaan yang dapat menjeda pemutaran secara otomatis ketika earphone dilepas, desain yang nyaman, dan teknologi nirkabel yang menawarkan ruang gerak yang lebih bebas.

Demikian tadi beberapa headset bluetooth kualitas terbaik yang belakangan ini banyak dicari oleh para pemburu barang elektronik. Tentunya, masing-masing produk di atas memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pertimbangan yang cukup matang sebelum memutuskan untuk memilih headset tertentu. Selain memperhatikan spek, headset yang akan dibeli juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. 

Misalnya jika kebutuhanmu adalah untuk berolahraga di luar ruangan, kamu bisa memilih JETE Open Ear 2. Jika kamu pengguna iOs, tentu kamu harus membeli Apple AirPods Pro. 

Selanjutnya, apabila kamu membutuhkan headset untuk keperluan menonton film atau mendengarkan musik, kamu bisa memilih Sony WH-1000XM4. Terakhir, jika kamu membutuhkan headset pintar dengan harga murah dan desain simpel, Mi True Wireless Earphones adalah pilihan yang cocok.

Gimana, sudah tahu harus memilih yang mana? 

Baca juga: 3 Headset Gaming Murah Terbaik di Tahun 2022

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download