Rumor Terkait Apple VR Headset yang akan Rilis

30 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 31 Dec 2021

Belakangan ini, Apple VR headset sedang menjadi perhatian masyarakat. Bagaimana tidak, setelah VR dipublikasikan hingga sekarang, raksasa teknologi yang satu ini baru mengeluarkan produk VR sekarang. Meski belum resmi dirilis, tapi sudah banyak rumor bahwa VR dari Apple ini akan sangat canggih. 

Rumor Terkait Apple VR Headset yang akan Rilis

Lalu, apa saja rumor terkait perangkat teranyar dari Apple ini? Yuk, simak ulasannya dalam artikel ini. 

Baca juga: Realme 5 Pro: Smartphone Tangguh, Harga Bersahabat | Kredit Pintar

Apa itu Apple VR Headset?

Pertama mari kita bahas terlebih dahulu sebenarnya apa Apple VR ini. Pada dasarnya Apple VR mempunyai fungsi yang sama dengan VR pada umumnya. Hanya saja, perbedaan yang paling terlihat adalah dari penggunaannya. Dimana untuk headset Apple VR ini tidak lagi membutuhkan koneksi dari perangkat atau PC terdekat. 

Siapapun dapat menggunakan Apple VR ini untuk kebutuhan sehari-hari. Sehingga VR dari Apple ini akan memberikan pengalaman berbeda untuk masuk dunia virtual dengan lebih nyata lagi. Nama dari Apple VR ini adalah N30

Selain VR Headset, Apple sudah membocorkan akan mengeluarkan Smart Glasses atau AR. Di antara keduanya pun banyak yang bingung, karena mengira antar VR headset dan AR Smart Glasses ini sama. 

Keduanya sangatlah berbeda dari segi fungsi. VR headset nantinya akan menangkap data dari perangkat lain, dimana dari hardware ini akan dilemparkan ke smart glasses. Sayangnya untuk Smart Glasses, Apple berencana akan merilis sekitar 2023 atau 2024. Masih terbilang cukup lama. 

Kapan Apple VR Headset Dirilis?

Rumor Terkait Apple VR Headset yang akan Rilis

Hingga saat ini sendiri, tanggal pasti kapan Apple VR akan dirilis masih belum diumumkan. Tapi, Bloomberg memprediksi bahwa perangkat ini akan dirilis sekitar tahun 2022 pertengahan atau quarter ketiga di tahun depan. 

Hal ini sendiri didukung dengan bukti bahwa Apple telah mencari vendor yang akan menyuplai perangkat pembuatan Apple VR. Tidak hanya itu saja, Apple pun sudah mencari pabrik manufaktur yang akan membantu mereka dalam produksi VR ini. Jadi, kita sekarang ini hanya bisa menunggu saja kapan waktu rilisnya. 

Bocoran Desain dan Teknologi Apple VR Headset 

Rumor Terkait Apple VR Headset yang akan Rilis

Kalau membicarakan keistimewaan apa saja yang ada dalam Apple VR ini, jelas kita harus membahas dari segi desain dan juga teknologi yang katanya akan disematkan. Berikut ini adalah penjelasannya: 

  1. Desain 

Secara garis besar, gambaran desain yang dikeluarkan Apple untuk VR Headset ini tidaklah jauh berbeda dengan VR kebanyakan. Tapi, Apple mempunyai rencana untuk membuat ukurannya menjadi lebih kecil. Dimana yang mereka lakukan adalah meletakan headset dekat dengan wajah. 

Tapi, karena ukurannya yang kecil, maka pengguna yang menggunakan kacamata akan kesulitan. Meski begitu, Apple mempunyai inovasi untuk memudahkan masalah ini. Mereka mengatakan bahwa sedang mencoba untuk melekatkan lensa tambahan bagi yang membutuhkan. 

Bahkan Apple pun berencana akan bekerja sama dengan beberapa toko untuk bisa menerapkan lensa kacamata pada perangkat VR yang rencananya akan diluncurkan tahun depan ini. 

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap Asus ROG Zephyrus G15 | Kredit Pintar

  1. System on a Chip 

Systema on a Chip atau SoC yang akan disematkan di Apple VR Headset ini adalah prosesor M1 atau M1 Max yang disematkan pada Macbook Air dan Macbook Pro. Dari performa chipset ini sendiri maka jelas akan lebih bagus dari yang digunakan oleh beberapa VR lainnya. 

  1. Tampilan VR Headset dari Apple 

Apple sepertinya akan mempunyai rencana yang besar dari display pada perangkat yang satu ini. Mereka menyatakan bahwa resolusi yang akan disematkan pada VR akan sangat tinggi dan melebihi dari produk lain yang serupa. 

Lebih hebatnya lagi Apple akan menyematkan retina paten pada layar. Sehingga gambar yang ditangkap oleh VR ini akan lebih jelas serta lebih besar. Sudah pasti ini menjadi salah satu keunggulan yang akan dibanggakan jika memang Apple berhasil membuatnya. 

Jadi, nantinya jika Anda menggunakan VR dari Apple ini maka jumlah piksel tidak akan tampak. Sangat mulus seperti bagaimana Anda melihat dengan mata telanjang. Tidak akan ada perbedaan yang signifikan antara yang asli dengan gambar VR. 

Bahkan ada yang rumor yang mengatakan bahwa display dari VR ini akan menggunakan Micro Oled dan memiliki 3000 pixel per inch. Dari penjelasan ini sepertinya dunia VR seperti yang ada di film–film akan terjadi dalam waktu yang dekat. 

  1. Sensor 

Selanjutnya untuk urusan sensor yang disematkan pada Apple VR sudah terbilang sangat canggih. Dimana kamera yang disematkan pada VR ini dapat membaca gerakan yang terjadi di luar. Bahkan untuk controller pun dibuat sedemikian rupa, sehingga Anda bisa dengan mudah mengaturnya. 

Anda akan merasakan kemudahan untuk menggerakan, pindah posisi, mengatur kecepatan, akselerasi dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, Apple pun menyatakan bahwa akan ada 6 lensa yang akan diterapkan. 2 lensa sudah pasti untuk mata kanan dan kiri, sedangkan sisanya masih belum jelas. 

Namun, bisa dipastikan bahwa adanya sensor ini membuat Apple VR semakin dinanti oleh penggemar teknologi di dunia.

  1. Teknologi LiDar 

Dalam VR headset yang satu ini juga akan disematkan teknologi LiDar atau Light Distance and Ranging. LiDar adalah salah satu teknologi yang menangkap cahaya dan menentukan jarak yang ada pada dalam satu ruangan. Jadi, ketika Anda menggunakan VR, maka bisa mengukur jarak benda yang ada dalam satu ruangan. 

Dimana cara untuk mengukur jarak benda adalah dengan menggunakan tangkapan cahaya. Teknologi yang satu ini sendiri sudah disematkan di banyak smartphone, termasuk untuk Apple product. Maka tidak heran jika teknologi yang satu ini sendiri juga akan disematkan pada Apple VR ini. 

  1. Support Wi-Fi 

Apple juga memastikan bahwa VR ini juga telah support Wi-Fi 6. Jadi, bisa dipastikan bahwa pengguna tidak akan kesulitan dalam urusan jaringan internet. Wi-Fi 6 sendiri sudah jelas memiliki performa yang lebih baik daripada seri sebelumnya. Bahkan pengguna bisa menghubungkan dengan Macbook seri terbaru. 

Perkiraan Harga Apple VR Headset 

Dari seluruh penjelasannya tersebut, Anda pasti penasaran berapa harga yang akan dipasang oleh Apple untuk perangkat keras yang satu ini. Hingga saat ini perkiraan harga yang tersebar adalah mulai dari $1000 hingga $3000. 

Mahal? Sudah pasti. Karena sekali lagi, Apple mempunyai banyak rencana dengan VR yang akan mereka produksi ini. Apalagi tujuan dari VR dari Apple bukan hanya untuk hiburan saja, tapi digunakan untuk sehari-hari. 

Itulah rumor yang tersebar tentang Apple VR headset yang ternyata mempunyai banyak sekali kecanggihan yang hingga sekarang ini masih belum bisa dibayangkan. Tapi, secara garis besar jelas ini akan memberikan banyak perubahan terhadap dunia digital yang sekarang ini. Jadi, kita tunggu saja VR ini dirilis pada tahun depan. 

Baca juga: Vivo V23e: Smartphone Elegant, Spesifikasi Mumpuni | Kredit Pintar

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download