Manfaat Bermain Piano Serta Harga Piano Klasik Terbaru

22 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 23 Sep 2022

Musik merupakan salah satu hal yang tentunya sangat menarik untuk dibahas, termasuk jenis alat musiknya. Seperti yang kita ketahui bahwa ada cukup banyak jenis alat musik yang telah dikenal dan salah satunya adalah piano dan kali ini akan membahas tentang Harga Piano Klasik.

Manfaat Bermain Piano Serta Harga Piano Klasik Terbaru

Berbicara tentang piano, alat musik ini memang telah menjadi ikon musik dunia. Sudah dikenal sejak lama memiliki suara yang sangat merdu, piano menjadi pilihan banyak musisi khususnya piano klasik. Jenis piano ini memang memiliki daya tarik yang luar biasa bagi para musisi. Berbeda dengan yang digital, semua bagian di dalamnya dibuat dengan cara yang sama seperti sebelumnya. 

Tak heran jika harga piano klasik cukup mahal jika dibandingkan dengan harga piano digital. Bermain alat musik bukan hanya sekedar hobi, tetapi juga dapat memberikan manfaat, salah satunya adalah bermain piano. Banyak juga mitos yang berkembang tentang manfaat bisa bermain piano sehingga kita nantinya juga bisa memainkan alat musik lainnya. 

Namun, masih belum ada bukti lebih lanjut dari para ahli. Selain itu, belajar piano adalah hal yang bermanfaat. Untuk anak-anak hingga remaja, disarankan untuk mulai belajar piano sedini mungkin. Berikut manfaat bermain piano klasik dan harga piano klasik tahun ini.

Baca juga:  Sejarah Gojek dari Awal Hingga Kisah Sukses Perkembangannya

Manfaat Bermain Piano Klasik

Manfaat Bermain Piano Serta Harga Piano Klasik Terbaru
  1. Prestasi Di Bidang Akademik

Belajar piano untuk anak yang masih sekolah juga akan mempengaruhi prestasi akademik di sekolah. Bagaimana bisa? Menurut Dr. Frances Rausche, bermain piano secara signifikan dapat meningkatkan perkembangan otak dan membantu proses belajar lainnya, termasuk di bidang akademik.

Dengan begitu, tidak hanya kemampuan non akademik saja yang unggul, tetapi dalam bidang mata pelajaran pun akan mendapatkan peringkat di kelasnya. Bagi yang masih sekolah, mulailah mempelajari alat musik ini. Sedangkan bagi orang tua, sebaiknya mulai membiasakan anaknya belajar alat musik. Salah satunya adalah memainkan alat musik piano ini, yang sangat mengasah otak.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Banyak yang sudah mengetahui bahwa musik sangat mempengaruhi kecerdasan seseorang, seperti manfaat mendengarkan musik klasik untuk perkembangan bayi. Begitu juga dengan piano, Dr. Gordon Show mengatakan bahwa belajar piano merangsang sel-sel otak untuk berkembang, sehingga meningkatkan kecerdasan seseorang. 

Banyak orang tua yang mulai membiasakan anaknya belajar piano, karena jika diajari alat musik ini sejak dini akan melatih daya otaknya untuk berkembang lebih cepat. Hal ini karena pertumbuhan sel-sel otak pada usia anak berlangsung dengan cepat.

  1. Melatih Daya Konsentrasi

Saat belajar piano, sebagai keterampilan dasar, Anda harus bisa membaca not balok. Saat memainkan piano, Anda dituntut untuk berkonsentrasi membaca not-notnya. Kemudian koordinasikan dengan gerakan lengan, tangan, dan jari kita untuk menekan tuts agar menghasilkan nada yang indah. 

Dalam memainkan piano, semua jari kita berperan dalam memainkan alat musik ini. Hal inilah yang membuat alat musik piano lebih sulit dari alat musik lainnya, begitu juga dengan manfaat bermain catur yang dapat mengasah fungsi otak.

  1. Tingkatkan Daya Imajinasi

Penelitian di Amerika Serikat tepatnya di Rhole Island dilakukan pada anak sekolah musik, dalam hasil penelitiannya yang berjudul “Learning Improved by Arts Training” yang mengungkapkan bahwa anak yang belajar memainkan alat musik piano memiliki kepekaan dan kemampuan imajinasi yang lebih tinggi. daripada anak-anak yang tidak mempelajarinya.

  1. Memberikan Ketenangan Pikiran

Salah satu esensi lahirnya alat musik adalah untuk memenuhi kebutuhan aktualisasi diri dan rasa aman. Dimana dengan mendengarkan musik, kita akan merasakan ketenangan pikiran. Sama seperti manfaat bermain gitar, nada-nada yang dihasilkan piano ini akan memberikan kesan nyaman dan tenang bagi pendengarnya. Apalagi jika dimainkan dengan mencurahkan pendalaman perasaan, pada lagu yang dimainkan.

  1. Tingkatkan Keyakinan

Manfaat belajar piano bisa mengubah orang pemalu menjadi percaya diri. Mengapa? Karena memiliki kemampuan piano adalah suatu kebanggaan yang tidak semua orang bisa melakukannya. Ketika orang lain tidak memiliki kemampuan bermain piano, maka perasaan bangga dan percaya diri akan muncul dalam diri mereka. 

Karena belajar piano sangat sulit, kita perlu menyeimbangkan otak untuk menekan tuts dengan kedua tangan dengan benar. Kekuatan konsentrasi membaca not dan proses abstraksi setiap perubahan not membutuhkan kerja otak yang tidak mudah.

Baca juga: 8 Sekolah Termahal di Indonesia: SPP Diatas 100 Juta

  1. Mendukung Karir Di Masa Depan

Pendidikan tinggi menjanjikan dalam mencari pekerjaan seperti tunjangan kuliah, tetapi keterampilan bermain piano cukup baik untuk prospek karir masa depan. Kemampuan modal yang dimiliki dapat dikembangkan untuk memperoleh pendapatan. 

Karir yang bisa ditempuh juga sangat beragam, mulai dari membuka sekolah musik sendiri, menjadi mentor, memiliki band hingga memasuki industri musik atau bergabung dengan grup orkestra. Tentu saja hal ini memiliki prospek yang sangat menguntungkan ke depan.

  1. Melatih Disiplin Waktu

Manfaat bermain piano dapat melatih kita untuk disiplin dengan waktu. Hal ini diklaim dalam penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat untuk menemukan fakta bahwa ada kondisi rata-rata di bagian otak yang berkaitan dengan kemampuan konsep, bahasa, dan manajemen waktu. Penelitian dilakukan pada 48 partisipan berusia 19 hingga 21 tahun, pria dan wanita. Mereka yang terpilih sebagai peserta adalah mereka yang menguasai alat musik piano ini.

  1. Keterampilan Komunikasi Yang Baik

Studi lain juga dilakukan di Amerika Serikat yang menguji pianis muda. Studi tersebut menemukan bahwa mereka memiliki kesamaan yaitu memiliki kemampuan respon yang cepat, selain itu mereka memiliki kepekaan yang tinggi terhadap suara di sekitar mereka. 

Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan mendengarkan yang baik akan mempengaruhi keterampilan komunikasi juga. Dengan begitu, manfaat bermain piano juga akan mempengaruhi kemampuan pendengaran kita sehingga berpengaruh pada kemampuan komunikasi kita juga.

  1. Peka Terhadap Orang Lain

Dari hasil penelitian sebelumnya, para ahli juga menambahkan bahwa ada sel-sel otak yang menunjukkan tingkat fokus yang sangat baik. Bahkan dalam kondisi yang kurang menguntungkan, mereka yang mampu memainkan instrumen ini dan tetap fokus di tengah kebisingan. 

Dengan bermain piano kita memang dituntut untuk berkonsentrasi tinggi dan menyesuaikan dengan nada musik lain atau nada vokal pengiring. Jadi tidak jarang kita melihat pemain piano tidak jauh lebih menarik saat pertunjukan dibandingkan alat musik lainnya.

Baca juga: Aplikasi Keluarga Sehat? Ini Fitur Layanan Dan Cara Aksesnya

Harga Piano Klasik Terbaru

Berikut Harga Piano Klasik Terabru dibawah ini :

  • GB1K PAW Grand Piano Rp 136.000.000,-
  • DGB1KE3 PE Disclavier Grand Piano Rp 195.500.000,-
  • DGB1KE3 PAW Disklavier Grand Piano Rp 229.500.000,-
  • C2X PE Grand Piano Rp 399.500.000,-
  • C3X PE Grand Piano Rp 493.000.000,-
  • C2X PWHC Grand Piano Rp 501.500.000,-
  • C3X PWH Grand Piano Rp 603.500.000,-

Demikian ulasan tentang, Manfaat Bermain Piano Serta Harga Piano Klasik Terbaru. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 7 Rekomendasi Charger Aki Motor, Harga Mulai 100 Ribuan!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
23 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download