Tips Memilih Kamera hingga Harga Kamera

21 Oct 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 24 Oct 2022

Bagi mereka yang suka bepergian atau berwisata ke tempat-tempat baru, kamera menjadi satu hal yang wajib untuk dibawa. Kamera adalah salah satu alat yang sangat berguna untuk dapat mengabadikan momen yang sedang terjadi. Maka dari itu, kamera seperti menjadi barang wajib yang harus dibawa ketika sedang melakukan momen-momen yang dianggap penting. Ini harga kamera pilihan kami.

Tidak hanya berfungsi sebagai memotret momen penting, kamera juga dapat digunakan untuk merekam momen penting tersebut. Terlebih jika tujuannya adalah hanya untuk sekedar mengabadikan momen, biasanya tidak diperlukan kamera khusus untuk merekam momen yang terjadi.

Ada banyak brand kamera yang terkenal di dunia, yang tentunya memiliki fitur yang cukup lengkap. Nama-nama seperti Canon dan Sony adalah dua brand yang terkenal sebagai produsen kamera terbesar di dunia. Seperti Canon, mereka adalah produsen kamera terbesar yang menghadirkan berbagai macam pilihan kamera, yang dapat diakses oleh pemula, penggemar kamera, hingga professional. Tentunya, ragam pilihan ini menghadirkan berbagai pilihan kualitas gambar, spesifikasi video, dan harga yang beragam.

Sebelum memutuskan untuk membeli kamera, terlebih bagi pemula, ada baiknya memperhatikan tips di bawah ini.

1. Menentukan Budget

Menentukan budget adalah hal pertama yang penting untuk diperhatikan sebelum membeli kamera. Menentukan budget menjadi penting karena hal tersebut akan menentukan jenis kamera apa yang akan dibeli. Anda dapat memilih kamera dengan harga sekitar 6 juta rupiah sampai dengan 10 juta rupiah untuk kamera yang simple dan mumpuni.

Baca Juga: Pentingnya Mulai Detoks Keuangan

2. Fitur Kamera

Hal ini adalah hal yang selanjutnya penting setelah menentukan budget. Selain memikirkan berbagai fitur yang disediakan dalam suatu kamera, pembeli harus memperhatikan fitur khusus yang nantinya akan menentukan hasil gambar yang diambil dan juga harus memperhatikan fitur umum seperti wifi atau bluetooth.

Terlebih bagi pemula, tentunya fitur-fitur seperti wifi, Bluetooth, hingga fitur pengambilan gambar akan sangat membantu dalam memaksimalkan fungsi-fungsi kamera. Sebaliknya, akan sangat merepotkan jika anda membeli kamera yang tidak memiliki fitur wifi atau Bluetooth karena harus membuka dan menutup sd card berulang kali.

3. Pilih Model Kamera

Setelah menentukan dua hal di atas, hal penting selanjutnya adalah memilih model kamera sesuai kebutuhan karena nantinya akan sangat menentukan kenyamanan anda dalam menggunakannya. Bagi pemula, kamera dengan model point and shoot atau mirrorless adalah kamera yang disarankan karena lebih ringan.

Sementara, jenis kamera lainnya adalah kamera pocket, mirrorless, kamera DSLR, hingga kamera action cam. Kamera pocket cenderung lebih mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya yang sangat kecil, sementara kamera DSLR cenderung lebih berat dan banyak digunakan oleh professional. Terakhir, kamera mirrorless dan action cam sangat tepat bagi anda yang menyukai petualangan.

Setelah mempertimbangkan ketiga hal tersebut, ada baiknya anda mengetahui perbedaan fitur dari berbagai brand kamera. Kali ini, kami akan membahas terkait kamera dari Canon dan Sony.

1. Canon

Canon mulai memproduksi kamera 35mm pada tahun 1934. Akan tetapi, sampai saat ini, Canon telah memproduksi semua kategori kamera, termasuk DSLR, mirrorless, dan compact. Berikut beberapa kamera Canon beserta fitur dan harga yang ditawarkan.

1. Canon EOS M100

Kamera Canon EOS M100 merupakan salah satu produk kamera Canon yang memiliki harga terjangkau. Kamera ini merupakan kamera mirrorless dari Canon yang memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni. Kamera ini memiliki resolusi 24 Megapixel yang membantu menjadikan hasil foto ciamik. Selain itu, kamera ini telah dilengkapi dengan layer touchscreen dan wifi.

Harga kamera Canon EOS M100 dibanderol sebesar Rp. 4.700.000 per Februari 2022.

2. Canon EOS 1300D

Kamera Canon EOS 1300D merupakan kamera DSLR yang dirilis oleh Canon pada tahun 2016 lalu. Kamer aini telah dilengkapi dengan fitur wifi yang dapat memudahkan penggunanya untuk memindahkan foto ke smartphone.

Baca Juga: Berapa Gaji Bidan di Tahun 2022 dan Prospek Kerjanya?

Selain itu, musabab kamera ini adalah bentuk kamera DSLR, maka banyak lensa yang dapat dipilih oleh pemilik kamera ini. Kamera Canon EOS 1300D dibanderol dengan harga Rp. 4.350.000 per Februari 2022.

3. Canon EOS 4000D

Kamera ini adalah bentuk kamera DSLR dari Canon. Bedanya, kamera ini dirilis pada tahun 2018. Sama seperti pendahulunya, kamera ini didukung dengan fitur wifi dan terbilang ringan jika dibandingkan kamera DSLR lainnya.

Harga baru kamera Canon EOS 4000D per Februari 2022 dibanderol sebesar Rp. 4.650.000

4. Canon EOS 650D

Kamera Canon EOS 650D adalah kamera DSLR dengan fitur yang lebih lengkap dan lebih baik bagi para pemula maupun semi professional. Salah satu keunggulan kamera ini adalah fitur touchscreen dan dapat dilipat. Hal tersebut tentunya sangat membantu penggunanya.

Harga Canon EOS 650D dibanderol dengan harga Rp. 4.300.000 per Februari 2022

Baca Juga: Ketahui Cara Investasi Emas untuk Masa Depan

2. Sony

Kamera Sony merupakan salah satu kamera terlaris di Indonesia. Sejak dirilis hingga sekarang, cukup banyak pengguna kamera DSLR yang beralih ke mirrorless yang dirilis oleh Sony

1. Sony A7 Mark IV

Sony A7 Mark IV dirilis pada tahun 2021 dan merupakan versi terbaru dari Sony A7 Mark III yang dirilis pada tahun 2018. Pada Sony A7 Mark IV, sensor gambar yang dimiliki adalah 33 megapixel dan memiliki kemampuan merekam video 4K 10-bit 6fps. Harga yang dibanderol untuk versi kamera Sony A7 Mark IV adalah sebesar Rp. 34.500.000.

2. Sony A6000

Kamera Sony A6000 merupakan salah satu kamera mirrorless terbaik dan terlaris selama beberapa tahun ke belakang. Hal tersebut terjadi karena performa yang dimiliki oleh Sony A6000 yang mumpuni dengan harga yang cukup rendah.

Sony A6000 memiliki 179 titik phase detection sampai ke ujung gambar. Hal tersebut berdampak pada kamera Sony A6000 mampu mengikuti atau menangkap subjek bergerak di kondisi cahaya terang atau outdoor. Selain itu, sistem AF yang dimiliki oleh kamera Sony A6000 dapat menangkap foto secara berturut-turut dengan sangat cepat, yakni 11 foto per detik dengan autofocus continuous.

Kamera Sony A6000 juga telah didukung oleh prosesor BIONZ terbaru yang dapat membuat hasil foto menjadi lebih tajam. Dynamic range untuk menangkap detail daerah gelap dan terangnya pun relative lebih baik dibandingkan dengan sensor APS-C lainnya. Kamera Sony A6000 dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 5.499.000.

Selain menggunakan kamera dengan fitur yang cukup lengkap, teknik pengambilan foto juga menjadi penting dalam rangka menangkap momen yang tepat dan ciamik. Setidaknya, kamera dengan fitur yang tepat akan membantu penggunanya untuk memotret momen dengan lebih baik. Maka dari itu, proses penentuan jenis kamera hingga penentuan budget harus pula memperhatikan kemampuan pengambilan gambar.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Oct 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download