Gaji Pertambangan Tergolong Besar? Inilah Alasannya

11 Jul 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 15 Aug 2022

Pekerjaan di bidang pertambangan bisa dikatakan adalah pekerjaan yang tergolong berat. Hal ini yang kemudian menjadi salah satu alasan mengapa gaji pertambangan berada dalam kisaran yang besar. Selain alasan tersebut, masih ada alasan lain yang membuat gaji pertambangan ini kerap disebut-sebut sebagai gaji yang fantastis di antara pekerjaan yang lain. Alasan atau faktor tersebut akan dikupas sebagai berikut sekaligus dengan prospek pekerjaan di bidang pertambangan. Mari simak selengkapnya.

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\7\Gaji Pertambangan Tergolong Besar Inilah Alasannya.jpg

Baca juga: Apa itu Dividen: Definisi, Jenis, dan Cara Hitung | Kredit Pintar 

Daftar Profesi dan Gaji di Bidang Pertambangan

Pekerjaan di bidang pertambangan pada dasarnya cukup beragam sehingga kisaran gaji pertambangan juga tidak sama di setiap profesi yang berbeda. Setidaknya ada 2 jenis profesi yang cukup populer di bidang pertambangan yaitu teknisi tambang dan K3 pertambangan. Penjelasan mengenai kedua profesi ini beserta kisaran gajinya bisa kamu simak di bawah ini.

Teknisi Tambang, Minyak, dan Mineral

Para teknisi tambang, minyak, dan mineral memiliki tanggung jawab dalam penambangan dan pengolahan minyak bumi, gas alam, dan material baru (logam dan keramik). Disamping itu, teknisi tambang juga bertugas melakukan pengembangan teknologi pengolahan. 

Melihat akan tanggung jawab tersebut, seorang teknisi tambang, minyak, dan mineral diharuskan memiliki pengetahuan di bidang teknik. Selain itu, mereka juga diharuskan mempunyai kemampuan mengontrol biaya produksi untuk keperluan komersialisasi. 

Dengan tanggung jawab yang tergolong berat, kebanyakan yang melakoni pekerjaan ini adalah laki-laki. Namun, diketahui profesi ini tidak hanya terbatas untuk laki-laki saja. Lebih dari 70 perempuan yang turut bekerja dalam pengoperasian alat berat tambang bawah tanah. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\7\Teknisi Tambang, Minyak, dan Mineral.jpg

Karier sebagai teknisi tambang, minyak, dan mineral sebenarnya juga sangat bervariasi. Ada beberapa posisi yang kerap ditempati oleh para pekerja teknisi ini. Contohnya, drilling engineer, petroleum engineer, process engineer, field services technician, dan machine operator

Posisi yang ditempati ini juga berhubungan dengan divisi tempat para teknisi bertugas, seperti halnya produksi, logistik, atau pengolahan. Pertumbuhan karier sebagai teknisi umumnya dimulai dari junior engineer, engineer, senior engineer, supervisor, junior manager, manager, dan senior manager

Gaji pertambangan sering disandingkan dengan gaji di sektor keuangan. Kedua sektor tersebut punya gaji yang tergolong fantastis per bulannya. Untuk entry level, gaji pertambangan diketahui berada di kisaran Rp4.500.000 per bulan. Gaji ini pun berpeluang untuk terus meningkat hingga Rp10 juta per bulan seiring bertambahnya pengalaman dan naik ke jabatan yang lebih tinggi. 

Baca juga: Panduan Singkat Cara Monetisasi YouTube Untuk Pemula | Kredit Pintar 

K3 Pertambangan

Faktor keselamatan di bidang pertambangan adalah hal yang krusial. Oleh karenanya, profesi ini sangat dibutuhkan di sektor pertambangan. Diketahui ada 4 macam profesi yang ada di sektor K3 pertambangan diantaranya HSE manager, HSE advisor, technical safety advisor, dan technical safety manager

Keempat profesi tersebut memiliki tanggung jawab yang tidak jauh berbeda. Secara umum, mereka bertanggung jawab memastikan perusahaan melaksanakan program K3 secara efektif di tempat kerja. Para pekerja ini akan melakukan prinsip plan, do, check, dan act untuk mendukung supaya tahapan pekerjaan bisa berhasil dengan maksimal. Selain itu, mereka juga harus memastikan prinsip K3 bisa diaplikasikan ke dalam manajemen standar perusahaan. 

Dengan rangkaian tugas dan tanggung jawab tersebut, gaji pertambangan untuk posisi HSE manager berada di kisaran Rp28-40 juta untuk pengalaman 5-10 tahun. Kemudian, HSE advisor dan technical safety advisor memiliki kisaran gaji Rp95-125 juta dengan pengalaman 10-20 tahun. Technical safety manager umumnya mendapatkan gaji senilai Rp77,5-95 juta dengan pengalaman 5-10 tahun. 

Faktor Mengapa Gaji Pertambangan Tergolong Besar

Besarnya gaji pertambangan mungkin membuat banyak orang penasaran mengapa profesi satu ini bisa memiliki standar gaji yang tinggi. Ada beberapa alasan yang membuat gaji para teknisi dan sektor lain di pertambangan terbilang fantastis. Beberapa diantaranya bisa disimak lewat penjelasan berikut.

Tanggung Jawab Pekerjaan Berat

Gaji suatu pekerjaan yang besar biasanya akan dibarengi dengan tanggung jawab dan tugas yang besar pula. Begitu juga dengan pekerja yang bergelut di dunia pertambangan. Tanggung jawab yang mereka emban tidaklah mudah. Misalnya saja, teknisi di bidang pertambangan harus melakukan pencarian barang tambang, minyak bumi, dan material seperti logam dan keramik. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\7\Tanggung Jawab Pekerjaan Berat.jpg

Kemudian, mereka juga harus melakukan pengolahan untuk material tersebut sekaligus mengembangkan teknologi pengolahan. Pengembangan metode juga harus diupayakan untuk keperluan produksi. Jadi, mereka tidak hanya mengerjakan satu tanggung jawab saja dan semua tanggung jawab tersebut membutuhkan keahlian khusus yang tidak semua orang mampu melakukannya. 

Berkaitan dengan Pengelolaan Sumber Daya Alam

Selanjutnya, alasan yang menjadikan gaji pertambangan besar tidak lain karena berkaitan dengan pengelolaan SDA. Pengelolaan sumber daya ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Begitu juga dengan pemanfaatannya harus diupayakan sebaik mungkin. Jangan sampai proses pengolahan dan pemanfaatan SDA ini justru semakin merusak lingkungan. 

Karena hal ini, tidak jarang para teknisi tambang juga bekerja sama dengan teknisi lingkungan. Tujuannya untuk memastikan jika tindakan penambangan ini tidak sampai membahayakan ataupun membuat lingkungan menjadi semakin rusak.

Baca juga: Mengenal Apa yang Dimaksud Biaya Peluang, Ciri-Ciri, dan Manfaatnya | Kredit Pintar 

Risiko Keselamatan dan Kesehatan

Selain mengemban tugas dan tanggung jawab besar, seorang teknisi juga memiliki risiko keselamatan dan kesehatan. Kegiatan penambangan mengharuskan seorang teknisi melakukan pencarian sumber mineral maupun material lainnya ke perut bumi. Semakin dalam proses pencarian yang dilakukan maka semakin tinggi risiko keselamatannya. 

Hal ini karena semakin dalam proses penambangan, semakin berkurang pula oksigen yang dihirup. Belum lagi adanya zat dan senyawa kimia yang ada di tiap material yang ditambang yang bisa berisiko pada kesehatan. Paparan radiasi juga bisa ditimbulkan dari proses penambangan yang mana cukup membahayakan kesehatan. 

Ini yang kemudian menjadi alasan sektor pertambangan membutuhkan K3 untuk menjamin jika prosedur yang dilakukan tidak membahayakan pekerja tersebut. Dengan risiko yang besar pula, tidak mengherankan jika gaji pertambangan yang diterima berada di kisaran nominal yang besar. Dalam kata lain, gaji yang mereka terima sebanding dengan risiko yang bisa saja didapatkan. 

Panjang Durasi Pekerjaan yang Lama

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\7\Panjang Durasi Pekerjaan yang Lama.jpg

Alasan lainnya yang menjadi faktor besarnya gaji pertambangan adalah lamanya durasi pekerjaan yang mereka lakukan. Pekerjaan di sektor tambang tidaklah sama dengan pekerjaan kantoran. Durasi pekerjaan mereka tidak mengikuti durasi 8 jam kerja pada umumnya. Proses yang mereka butuhkan bergantung pada prosedur yang sudah direncanakan dan prosedur tersebut tidak bisa diabaikan begitu saja. 

Aturan kerja tersebut umumnya berlaku bagi para pekerja yang langsung terjun ke lapangan. Sehingga pekerjaan mereka tidak hanya tergolong berat dalam tanggung jawabnya saja. Melainkan juga dari segi lamanya proses yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas. 

Baca juga: Penjelasan tentang Apa Itu Premi dan Tujuan-Tujuannya | Kredit Pintar

Jadi, itulah penjelasan mengenai kisaran gaji pertambangan yang didapatkan oleh teknisi maupun pekerjaan lain di sektor pertambangan. Besarnya gaji yang diterima oleh para pekerja ini juga disesuaikan dengan risiko dan tanggung jawab yang mereka pikul. Sehingga gaji tersebut juga terbilang sebanding dengan pekerjaan yang mereka lakukan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download