Berapa Gaji Perawat di Indonesia?

30 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 31 Dec 2021

Perawat merupakan salah satu profesi yang sangatlah mulia. Tidak hanya membantu orang, terkadang perawat pun akan bertugas tanpa memandang waktu. Di Indonesia sendiri gaji perawat sudah terbilang sangatlah cukup. 

Tapi, perlu Anda ketahui bahwa setiap ada beberapa jenis perawat dan besaran gajinya sangatlah berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak dulu ulasannya berikut ini. 

Gaji Perawat di Indonesia Berdasarkan Bidangnya 

Bidang kesehatan terbagi menjadi beberapa bagian lagi. Dimana selain dokter, perawat juga mempunyai bidangnya sendiri-sendiri. Dari gajinya pun juga rata-rata sangatlah berbeda dan berikut ini adalah daftarnya: 

  1. Gaji Perawat di Rumah Sakit 

Kalau berbicara perawat, maka sudah pasti akan teringat suster yang bekerja di rumah sakit. Untuk bisa menjadi perawat di RS, maka Anda harus lulusan D3 atau S1 sertifikasi keperawatan. Setelah lulus, Anda pun harus mendapatkan STR atau Surat Tanda Registrasi. 

STR sendiri hanya bisa dikeluarkan oleh pemerintah dan Anda harus memenuhi syarat dengan menunjukan bahwa sudah lulus uji komptentsi dari universitas atau lembaga pendidikan. Untuk mengajukan STR sendiri sangatlah mudah, Anda bisa mendaftar online di web Kementerian kesehatan. 

Jika STR ini sudah didapatkan, maka Anda bisa mendaftar sebagai tenaga kesehatan di seluruh rumah sakit yang ada di Indonesia. Perkiraan gaji untuk perawat di RS pemerintah biasanya sekitar 4 juta rupiah hingga 7 juta rupiah. 

Baca juga: Besaran Gaji PNS Golongan 3A, Lengkap! | Kredit Pintar

  1. Perawat di Unit Gawat Darurat 

Unit Gawat Darurat adalah bagian terdepan di seluruh fasilitas kesehatan. Unit yang satu ini sendiri menangani berbagai macam kondisi pasien yang memang membutuhkan perawatan urgent atau darurat. Sama seperti divisi lainnya, di UGD pun ada perawat khusus yang akan selalu standby selama 24 jam. 

Perawat di unit ini sendiri juga bukan sembarang perawat, karena biasanya harus yang berpengalaman setidaknya 6 bulan. Kenapa? Perawat baru masih membutuhkan bimbingan dan terkadang masih harus dibantu. Sedangkan di UGD, tidak ada waktu untuk memberikan bimbingan atau membatu. 

Karena harus benar-benar fokus untuk menyelamatkan pasien. Sehingga perawat yang ada di UGD mempunyai karakter yang harus cepat dalam bertindak dan mengambil keputusan yang tepat. Tidak heran jika perawat di unit ini biasanya mempunyai gengsi yang tinggi. 

Bagi Anda yang ingin mendaftar menjadi perawat di UGD, maksimal sudah harus mempunyai beberapa sertifikasi khusus. Tapi, jika Anda berhasil menjadi perawat di UGD, perkiraan gaji yang akan diterima adalah sekitar 4,4 jutaan hingga 7,7 jutaan rupiah per bulannya. 

  1. Perawat di ICU 

Selanjutnya juga ada perawat yang bekerja di ICU atau Intensive Care Unit. Dalam unit ini difungsikan untuk pasien yang benar-benar dalam kondisi yang benar-benar berbahaya. Sehingga membutuhkan pengawasan yang sangat intens. 

Perawat yang bekerja di ICU juga harus memiliki karakter yang sabar dan telaten. Karena satu kesalahan bisa sangat membahayakan nyawa pasien. Selain itu, perawat di unit ini juga harus mencatat dan mengobservasi perkembangan pasien tiap harinya. Hal ini tentu saja bukan pekerjaan yang mudah. 

Baca juga: Jarang Diketahui! Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat! | Kredit Pintar 

Maka tidak heran jika perawat di ICU harus tenaga yang benar-benar handal. Sedangkan untuk gaji perawat ICU sekitar 4 jutaan rupiah hingga 7 juta rupiah. Sama dengan perawat lain yang juga masih dalam angkat tersebut. 

  1. Gaji Perawat di Puskesmas 

Selain rumah sakit, di Puskesmas pun juga harus ada perawat yang membantu dokter yang bertugas. Tapi, untuk perawat di Puskesmas sendiri ada dua kategori, PNS dan honorer. Keduanya pun memiliki gaji yang berbeda. 

Keputusan dari pemerintah dalam aturan upah yang diberikan ke perawat Puskesmas adalah Rp. 2.250.148,-. Tapi ini adalah gaji pokok bagi yang sudah mendapatkan STR. Besaran gaji tersebut belum dengan tunjangan yang diberikan. Kalau di kota besar, tunjangan yang diberikan juga besar. 

Perawat di Puskesmas kota biasanya bisa mendapatkan gaji total hingga 4 juta rupiah hingga 7 juta rupiah. Tapi, kalau di daerah tunjangan yang diberikan tidak selalu besar. Karena tergantung dari kebijakan masing-masing daerah. Kadang ada beberapa perawat yang memperoleh gaji lebih kecil. 

  1. Perawat Untuk Merawat Di Rumah 

Sebutan untuk perawat ini adalah tenaga medis Homecare. Biasanya mereka akan dipanggil untuk membantu merawat pasien yang memang tidak bisa selalu ke rumah sakit. Semisalnya perawatan pasca operasi diabetes yang membutuhkan perawatan khusus untuk luka serta berbagai macam kebutuhan pasien dengan kondisi yang berbeda-beda. 

Untuk gaji dari perawat Homecare ini beragam, karena biasanya mereka akan dibayar per hari atau per tindakan. Tapi, kalau di total mungkin bisa mencapai 2,5 juta hingga 5 juta rupiah. Tergantung kesulitan. Perlu Anda ketahui bahwa perawat homecare juga harus memiliki STR dan ini adalah syarat yang paling umum. 

  1. Perawat di Rumah Sakit Jiwa 

Untuk perawat yang bekerja di rumah sakit jiwa sepertinya mempunyai tantangan tersendiri. Karena pasien yang dihadapi sangatlah beragam dan bisa bertindak tidak menyenangkan. Pasien kejiwaan biasanya membutuhkan perawat yang tegas dan juga sedikit tega. Mengingat bahwa pikiran mereka suka melantur. 

Sama seperti perawat di fasilitas kesehatan lainnya, untuk menjadi perawat di RSJ maka sudah harus mengantongi STR yang sudah menjadi standarnya. Kalau misalnya Anda ingin mendaftar menjadi perawat di RSJ, pastikan bahwa Anda adalah orang yang sabar dan tegas. Sedangkan untuk masalah gaji, rata-rata sekitar 4 juta rupiah hingga 6 juta rupiah. 

  1. Perawat di Klinik Kecantikan 

Adapun perawat yang bekerja di klinik kecantikan. Untuk perawat di fasilitas kesehatan yang satu ini akan membantu dokter ketika ada tindakan, seperti prosedur pencerahan kulit, mencegah penuaan dan lain sebagainya. 

Untuk bisa menjadi perawat di klinik kecantikan, biasanya akan dimintai bukti STR. Syarat yang satu ini sendiri memang wajib untuk seluruh fasilitas kesehatan dalam menerima perawat. Karena memang berhubungan dengan kesehatan, jadi tidak bisa asal mengambil tenaga medis. Sedangkan untuk upah perawat di klinik kecantikan mulai dari 2,5 juta hingga 5 juta rupiah. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa | Kredit Pintar

Demikianlah perkiraan rata-rata gaji perawat di Indonesia. Kalau dilihat nominalnya, sepertinya minimal yang bisa didapatkan oleh perawat adalah sekitar 2 jutaan hingga 7 jutaan rupiah. Angka tersebut sudah pasti sudah sebanding dengan kerja keras mereka. Tapi, beberapa daerah terpencil, tentu saja gaji tidak sebesar perawat yang bekerja di kota. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download