7 Rekomendasi Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

16 Nov 2021 by Laruan

Tersedianya banyak pilihan pekerjaan membuat terciptanya semakin banyak kesempatan. Ada pekerjaan yang menghasilkan barang dan ada pekerjaan yang menghasilkan jasa. Anda bisa memilih salah satu ataupun keduanya. Jika dulu pilihan pekerjaan tidak banyak, saat ini Anda bisa bekerja sesuai hal yang Anda sukai. Anda bisa bekerja sesuai dengan passion dan tetap menyenangi pekerjaan yang Anda lakukan.

7 Rekomendasi Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

Saat ini pekerjaan yang menghasilkan jasa mulai digemari karena dianggap tidak memerlukan modal dan mudah dikerjakan. Siapapun bisa melakukan pekerjaan yang menghasilkan jasa walaupun masih berstatus sebagai pelajar, Anda bisa mendapatkan uang tambahan. Kemudahan akses internet dan aplikasi-aplikasi pendukung lain, membuat pekerjaan akan semakin mudah dikerjakan.

Beberapa pekerjaan yang menghasilkan jasa di bawah ini, bisa menjadi referensi bagi Anda. Jika Anda masih mencari tahu pekerjaan apa yang cocok, siapa tahu referensi ini bisa membantu Anda. 

1. Desainer

Pekerjaan yang menghasilkan jasa yang pertama adalah desainer. Bekerja sebagai seorang desainer membutuhkan kreativitas yang tinggi, namun bukan berarti sulit dilakukan. Ada banyak bidang desain yang bisa Anda pilih jika tertarik dengan pekerjaan sebagai desainer. Desain produk, desain pakaian, desain interior, dan lainnya adalah bidang yang bisa dipilih. Namun saat ini kebutuhan akan desain semakin berkembang.

Biasanya desainer akan bekerja pada klien, misalnya sebuah perusahaan. Anda bisa mendesain sesuatu untuk keperluan perusahaan sesuai yang perusahaan inginkan. Contoh, jika perusahaan membutuhkan jasa Anda untuk mendesain produk minuman yang akan perusahaan produksi. Menjadi seorang desainer merupakan pekerjaan yang menjanjikan, apalagi saat ini Anda bisa memanfaatkan beragam software untuk memudahkan desain.

2. Fotografer

Kecanggihan kamera yang dimiliki kamera ponsel bisa dimanfaatkan untuk menjadi fotografer amatir. Tentu dengan keahlian mengatur foto sedemikian rupa, Anda bisa menawarkan keahlian fotografi kepada klien. Pekerjaan sebagai fotografer mulai banyak digemari, pasalnya, saat ini fotografer digunakan pada banyak acara. Pernikahan, foto keluarga, foto wisuda, dan foto produk, pasti memerlukan jasa fotografer.

Anda bisa mencoba bekerja sebagai fotografer profesional sebagai pekerjaan tetap. Pekerjaan ini cukup menjanjikan. Akan lebih bagus jika keahlian Anda ini didukung juga dengan kamera-kamera terbaik yang membuat hasil foto semakin sempurna. Anda juga bisa menjual hasil foto pada website-website tertentu untuk mendapat uang dari setiap foto yang terjual.

3. Translator

Pekerjaan yang menghasilkan jasa yakni sebagai translator adalah pekerjaan yang berpotensi cerah di masa depan.  Jika dulu citra seorang translator hanya sebagai orang yang menerjemahkan seseorang yang berbahasa asing, namun saat ini pekerjaan sebagai translator bisa masuk ke berbagai bidang. Perfilman yang beragam dari banyak negara, membutuhkan jasa translator untuk menerjemahkan ke bahasa lain. 

Anda juga bisa bekerja menjadi penerjemah pada perusahaan-perusahaan multinasional yang pekerjanya memiliki beragam latar belakang. Keahlian Anda memahami bahasa asing selain Bahasa Indonesia, bisa menjadi peluang untuk mendapat pekerjaan. Anda juga bisa ke luar negeri untuk menjadi penerjemah Bahasa Indonesia bagi pekerja Indonesia yang ada di luar negeri.

4. Tour guide

Banyaknya tempat wisata, membuat banyak pekerjaan bermunculan, salah satunya menjadi tour guide. Sebagai tour guide, Anda harus memiliki banyak pengetahuan tentang tempat-tempat wisata. Anda bisa bekerjasama dengan agen wisata atau travel agent dalam memberikan pelayanan kepada para wisatawan. Menjadi tour guide, Anda bisa mendapat pengalaman untuk datang ke tempat-tempat baru untuk dieksplorasi.

Menjadi tour guide juga bisa mengenalkan Anda kepada banyak konsumen dari berbagai macam daerah. Pekerjaan sebagai tour guide bisa dilakukan siapa saja, asalkan memiliki pengetahuan mendalam tentang tempat yang akan dikunjungi. Penghasilan yang didapatkan dari pekerjaan sebagai tour guide bisa dibilang banyak, apalagi jika Anda sudah menjadi bagian dari agen wisata yang terpercaya.

5. Influencer

Istilah influencer sering digunakan bagi seseorang yang memiliki banyak pengikut di sosial media atau yang mempunyai pengaruh besar terhadap masyarakat. Sebutlah, YouTuber, Selebgram, SelebTikTok, dan lainnya, adalah influencer yang mendapat penghasilan dari mempromosikan barang. Siapapun yang memiliki banyak pengikut di sosial media, sering dicap sebagai influencer, maka siapapun bisa menjadi influencer.

Penghasilan influencer rata-rata didapatkan dari adanya endorsement atau mempromosikan produk tertentu dengan tujuan agar meningkatkan pembelian.  Jika Anda ingin menjadi influencer, pastikan public speaking yang Anda miliki baik. Dampak yang Anda berikan kepada para audiens akan memiliki dampak besar, apalagi jika berkaitan dengan penjualan produk atau jasa di sosial media.

6. Editor

Editor memiliki banyak bidang lainnya, misalkan editor foto atau editor video. Tugas editor adalah mengatur sedemikian rupa agar foto atau video yang ditampilkan hasilnya bagus. Editor foto ataupun video banyak dicari karena saat ini banyak orang yang membutuhkan editing pada konten ataupun video. Jika Anda tertarik, Anda bisa mempelajari ilmu editing melalui tutorial-tutorial di YouTube.

Selain itu, pekerjaan menjadi editor juga merupakan pekerjaan yang fleksibel karena Anda bisa mengerjakannya di mana saja. Asalkan memiliki software dan aplikasi pendukung, Anda bisa melakukan editing hanya melalui komputer. Pekerjaan sebagai editor menjadi pekerjaan yang digemari para anak-anak muda, terutama pelajar karena mudah dipelajari dan kesempatan pekerjaannya terbuka lebar.

8. Konsultan

Menjadi seorang konsultan memang bukanlah hal yang mudah, namun menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Jasa seorang konsultan diperlukan untuk merencanakan strategi pada sebuah perusahaan ataupun usaha. Konsultan akan memberikan saran pada usaha agar lebih baik. Jasanya dibutuhkan bagi keberlangsungan usaha ke depannya. Pekerjaan sebagai konsultan menjanjikan untuk masa depan, karena perusahaan bahkan individu memerlukan konsultan untuk menentukan apa saja yang harus dilakukan.

Sebagai konsultan, keterampilan yang sangat penting bagi konsultan adalah komunikasi. Anda bisa mencoba asah kemampuan komunikasi dengan terus berlatih dengan lawan bicara atau berlatih di depan cermin. Anda bisa mulai dari belajar mendengar secara aktif. Lainnya, kemampuan untuk menganalisis sebuah permasalahan tentu penting untuk dikuasai.  

Beberapa pekerjaan yang menghasilkan jasa bisa menjadi pilihan bagi Anda.  Jika Anda menyukai salah satu diantara beberapa pekerjaan di atas, tak ada salahnya untuk Anda coba. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
16 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload