Berapa Gaji Kurir Shopee dan JNT?

28 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 31 Dec 2021

Menjamurnya bisnis online beberapa tahun ke belakang ini berpengaruh terhadap menjamurnya pula jasa pengiriman barang. Sobat Pintar mungkin sudah familiar dengan J&T, salah satu jasa pengiriman barang yang sudah beberapa tahun ini mungkin beberapa kali digunakan oleh Sobat Pintar untuk mengirimkan atau menerima barang. Mungkin ada juga beberapa Sobat Pintar yang suka bertanya-tanya, berapa sih gaji kurir J&T?

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai gaji kurir J&T, kita kenalan dahulu lebih lanjut dengan J&T.

Kenalan dengan J&T

Dilansir dari laman Wikipedia, PT Global Jet Express atau kerap disebut J&T Express adalah sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Jakarta. Didirikan pada tanggal 20 Agustus 2015, J&T Express umumnya bergerak di bidang ekspedisi. Pada tahun 2018, J&T Express membangun gudang sortir otomatis di Semarang dan Surabaya.

Setelah didirikan di Indonesia pada tahun 2015, J&T sudah melakukan ekspansi ke Malaysia dan Vietnam pada tahun 2017, Filipina dan Thailand di tahun 2018, Singapura dan Kamboja di tahun 2019, dan China di tahun 2020. 

Jika kita kunjungi situs resmi J&T lebih lanjut yaitu jet.co.id, disebutkan bahwa J&T Express berkomitmen untuk memanfaatkan sistem IT yang canggih untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas bagi pelanggan. Berikut beberapa poin yang disebutkan dalam situs resmi J&T :

  • Melayani 24 jam keluhan pelanggan
  • Sistem pantauan real time
  • Sistem klaim yang cepat
  • Operasional 365 hari
  • Menjangkau seluruh Indonesia

Baca juga: Lengkap, 7 Cara Cek Resi J&T Express

Kenalan juga dengan J&T Cargo

Meningkatnya kebutuhan pengiriman barang atau paket yang memiliki ukuran dan volume besar, J&T juga menyediakan layanan pengiriman paket tersebut yang kemudian disebut J&T Cargo. Dilansir dari Liputan6, CEO J&T Cargo yaitu Mr. Jonathan menyampaikan bahwa ke depannya J&T Cargo akan bekerjasama dengan platform e-commerce dan produsen pabrik sehingga dapat mendukung bisnis online dan offline secara bersamaan.

Demi menjaga konsistensi kenyamanan bertransaksi, J&T Cargo menyediakan layanan tambahan seperti asuransi, kemasan yang aman, dan ke depannya akan ada layanan warehouse, Cash on Delivery (COD) dan pengiriman waktu tertentu.

Jenis-jenis pekerjaan kurir J&T

Dilansir dari lifepal, ada dua jenis pekerjaan kurir di J&T:

  1. Sprinter (kurir lapangan)

Mengantarkan paket dari counter ke alamat tujuan dengan jam kerja pukul 08:00-20:00 WIB setiap harinya adalah tugas dari sprinter atau kurir lapangan. Kurir sprinter masih akan terus bekerja mengantarkan paket selama masih berada di dalam jam kerja tersebut.

  1. Kurir ekspedisi

Kurir ekspedisi bertugas untuk mengantarkan paket dari satu drop point ke drop point lainnya, Pekerjaan ini bisa hadir karena adanya kerjasama antara J&T dengan beberapa perusahaan penyedia layanan transportasi sehingga pengiriman barang bisa tepat waktu.

Gaji kurir JNT (J&T)

Masih dilansir dari lifepal, disebutkan bahwa besarnya gaji kurir J&T disesuaikan dengan UMR daerah masing-masing kurir. Diketahui pada umumnya gaji pokok yang diterima oleh kurir J&T per bulan bisa mencapai Rp 2.500.000.

Selain mendapatkan gaji pokok tersebut, kurir J&T juga mendapatkan tambahan uang bensin yang biasanya diberikan satu minggu sekali. Kurir J&T juga akan mendapatkan gaji tambahan Rp 1.000 per paket jika sudah berhasil mengantarkan paket ke alamat tujuan dengan kondisi paket yang utuh.

Sehingga jika kita asumsikan kurir J&T dalam sehari bisa mengirimkan paket sebanyak 50 unit, maka kurir J&T tersebut bisa mendapatkan gaji tambahan sebesar Rp 50.000 per harinya. Jika dijumlahkan dalam sebulan estimasinya gaji kurir J&T bisa mendapatkan tambahan Rp 1.500.000. Sehingga jika dijumlahkan, setiap bulan gaji kurir J&T bisa mencapai Rp 4.000.000.

Berapa gaji kurir shopee?

Selain J&T, masih banyak jasa pengiriman paket yang lainnya, salah satunya adalah Shopee Express atau biasa disingkat SPX. Dilansir dari Kompas, Shopee Express merupakan jenis ekspedisi yang dimiliki oleh PT Shopee International Indonesia (Shopee), yaitu salah satu marketplace terbesar di Indonesia.

Menurut Executive Director Shopee Indonesia yaitu Handhika Jahja, nilai insentif yang didapatkan oleh kurir Shopee Express cukup kompetitif jika dibandingkan dengan rata-rata industri jasa logistik. Jika kurir Shopee Express membawa paket sebanyak 80 paket dalam 1 hari, maka gaji kurir Shopee yang didapat  rata-rata adalah Rp 2.213 per paketnya.

Masih menurut Handhika Jahja, skema insentif Shopee selalu mengikuti peraturan yang berlaku di daerah tersebut. Selain itu juga, nilai insentif akan mengikuti tingkat harga di pasar untuk bisa mencapai titik temu terbaik antara permintaan pengguna dengan ketersediaan kurir.

Bagaimana dengan gaji kurir JNE?

Satu lagi jasa pengiriman paket yang sering kita temui adalah JNE. Sama dengan dua jasa pengiriman paket  lainnya, gaji kurir JNE biasanya menyesuaikan dengan UMR daerah tersebut.

Dikatakan di lifepal, bahwa rata-rata gaji kurir JNE per bulannya berkisar antara Rp 2.800.000 – Rp 4.500.000. Selain gaji tersebut, kurir JNE bisa mendapatkan insentif lebih karena adanya tunjangan kehadiran, insentif servis kendaraan dan biaya penjualannya, uang bensin, uang makan, dan lain sebagainya.

Masih banyak lagi jasa pengiriman paket yang biasanya banyak kita temui di e-commerce selain tiga di atas. Jika Sobat Pintar tertarik untuk menjadi kurir salah satunya tetapi masih belum memiliki kendaraan yang memadai, Sobat Pintar tidak perlu khawatir karena Kredit Pintar punya solusinya!

Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman kepada Kredit Pintar dengan proses yang sangat mudah dan praktis. Dan Sobat Pintar tidak perlu khawatir karena Kredit Pintar sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download