Cari tahu 7 Makna Filosofi Logo Untuk Brand Kamu

20 Sep 2021 by Laruan

Setiap logo yang dibuat pasti terdapat filosofi logo di dalamnya. Kedua hal ini memang tidak bisa dipisahkan. Logo dan filosofinya dibuat berdasarkan karakteristik dari brand tersebut. Jika Sobat Pintar memiliki suatu brand, mungkin Sobat Pintar perlu membaca artikel ini sampai akhir untuk mendapat inspirasi logo dan filosofi untuk brand Sobat Pintar.

filosofi logo

Hal yang Harus Ada dalam Filosofi Logo

Ada dua hal yang minimal terdapat dalam makna logo antara lain:

1. Nilai Penting Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan pasti terdapat nilai yang paling menonjol. Sobat Pintar dapat menunjukkan itu pada logo brand Sobat Pintar. Nilai perusahaan yang bisa diterapkan pada logo dapat diwakili oleh warna, bentuk, tagline, dan lain sebagainya. Nilai perusahaan tersebut merupakan eco-friendly, tangguh, stabil, dan masih banyak lagi.

2. Visi Misi Perusahaan

Visi misi perusahaan merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Visi bisa dibilang tujuan yang ingin dicapai dalam jangka panjang. Sedangkan misi merupakan hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencapai visi yang telah dibuat. Maka dari itu visi misi ini minimal bisa tergambar dalam logo. 

Contohnya, dalam logo WWF terdapat bentuk panda di dalam sebuah lingkaran. Maksud dari logo ini, mereka memiliki visi misi untuk melestarikan lingkungan termasuk di dalamnya berbagai jenis hewan langka. Panda sebagai representasi hewan langka tersebut.

Artikel menarik lainnya: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

Jenis-jenis Logo dan Filosofinya

filosofi logo

1. Letterform Logo

Macam logo yang satu ini mungkin sering ditemui pada brand-brand yang Sobat Pintar pakai. Logo ini memakai huruf depan nama perusahaannya sebagai elemen utama, bisa dengan mencantumkan satu sampai dua huruf. Lalu ditambah dengan font unik, elemen pendukung, serta warna yang menjadi ciri khas perusahaan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesan visual yang kuat dan bisa bertahan lama di memori orang-orang.

Salah satu perusahaan yang menggunakan logo macam ini adalah McDonalds. McDonalds sendiri mengambil logo dari huruf depan nama perusahaannya yaitu ‘M’. Lalu ditambah warna kuning yang menggambarkan rasa bahagia. McDonalds memiliki misi ingin memberikan kebahagiaan kepada pelanggannya dengan menyediakan makanan cepat saji yang lezat. 

2. Emblem

Apakah Sobat Pintar pernah melihat logo yang berbentuk seperti perisai (shield)? 

Logo itu termasuk pada macam Emblem. Logo dengan macam emblem biasa diterapkan pada klub sepak bola, universitas ternama, atau bahkan perusahaan otomotif. Logo ini akan memberikan kesan elegan, klasik, dan authentic pada brand Sobat Pintar. Tentunya akan ditambah tipografi, bentuk dan elemen lainnya yang mendukung untuk menggambarkan brand perusahaan. Contoh penerapan logo tipe emblem ada pada Universitas Harvard, BMW, Lamborghini.

Mari kita kupas sedikit filosofi logo dari Lamborghini. Logo Lamborghini berbentuk perisai warna hitam dengan banteng warna emas. Bentuk banteng ini merupakan hewan yang mewakili rasi bintang taurus dan itu merupakan zodiak dari pendiri perusahaan tersebut. Lalu warna emas pada logo mereka juga menggambarkan kekuatan, konsistensi, dan keberanian. Penggambaran tersebut sesuai dengan produk yang mereka pasarkan yaitu mobil sport. 

3. Character Logo / Mascot Logo

Tipe logo yang tidak kalah sering digunakan merupakan mascot logo. Logo tipe ini akan sangat mudah dikenali oleh masyarakat karena keunikannya. Mengingat elemen utama yang digunakan merupakan maskot dari perusahaan. Logo dengan maskot ini akan memberikan image ramah pada publik dan biasanya digunakan pada brand khusus untuk anak dan keluarga. Beberapa brand yang menggunakan logo dengan tipe ini antara lain Wendy’s, HokBen, KFC.

Logo yang paling Sobat Pintar kenali untuk tipe ini mungkin adalah KFC. KFC menggunakan ilustrasi seorang kakek yang sedang tersenyum dengan dasi kupu-kupu dan kacamata andalannya. Ilustrasi tersebut sebenarnya merupakan pendiri perusahaan KFC yaitu Harland David Sanders. Penggambaran ilustrasi Sanders yang sangat ramah menjadi nilai penting yang terus dipegang oleh KFC hingga saat ini. 

4. Pictorial Mark Logo

Berbeda dari mascot logo yang menggunakan maskot perusahaan sebagai elemen utama. Logo dengan tipe ini menggunakan gambar atau simbol unik sebagai elemen utama. Namun, simbol tersebut harus dapat mewakili identitas perusahaan. Logo tipe ini dapat dipakai oleh brand apapun. Contoh beberapa brand yang menggunakan pictorial mark logo antara lain; Gojek, Instagram, Apple.

Untuk tipe logo ini mari kita kupas sedikit tentang brand hasil karya anak bangsa yaitu Gojek. Gojek mengubah logonya dengan sebutan ‘Solv’ yang ternyata diambil dari kata dalam bahasa inggris ‘solve’ yang artinya mengatasi masalah. Hal ini sejalan dengan misi aplikasi Gojek yang dapat membantu memenuhi berbagai kebutuhan penggunanya. Bentuk simbol yang digunakan dalam logo Gojek ini juga memiliki arti yang cukup mendalam diantaranya:

  1. Berbentuk seperti tombol power. Hal ini selaras dengan misi perusahaan untuk memberdayakan masyarakat (empowering) dengan membuka lapangan pekerjaan.
  2. Berbentuk seperti kaca pembesar. Kaca pembesar identik dengan pencarian. Hal tersebut juga selaras dengan tujuan Gojek untuk membantu masyarakat mencari kebutuhan mereka. 
  3. Menyerupai titik atau poin dalam suatu peta digital. Hal ini identik dengan Gojek yang terdapat dimanapun penggunanya berada.
  4. Terakhir, berbentuk seperti driver yang merupakan peran terbesar dalam kesuksesan Gojek hingga saat ini karena kesetiaannya melayani para pengguna. 

5. Logo Berkontur Geometris 

Jika kita tinjau logo tipe emblem yang memberi kesan klasik. Logo berkontur geometris lebih memberikan kesan modern. Logo ini akan terlihat lebih simple. Dengan elemen utama bentuk geometris ditambah tipografi dan warna yang mencolok, akan memberikan kesan stabil, rapi, serta harmonis. Ada beberapa bentuk geometris yang sering digunakan dan filosofinya yaitu:

  1. Bentuk Persegi atau segi empat, menggambarkan stabilitas, keseragaman, dan kepercayaan.
  2. Bentuk Lingkaran, menggambarkan tidak terbatas (abadi), dinamis, kelengkapan.
  3. Bentuk Segitiga, menggambarkan fokus dan ketepatan.

Salah satu perusahaan yang menggunakan logo dengan tipe ini adalah Samsung. Logo samsung berbentuk oval yang diputar beberapa derajat, didominasi warna biru, serta mencantumkan nama perusahaan di dalamnya. Logo ini menggambarkan keunggulan, keagungan, serta dinamis. Hal ini sesuai dengan karakteristik dari brand Samsung yang bergerak di bidang teknologi. 

Artikel menarik lainnya: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021 

Nah itu tadi beberapa inspirasi makna logo yang bisa diadaptasi pada logo brand.Jadi sampai sini, Sobat Pintar tertarik untuk membuat yang seperti apa nih?

mobile-closeKredit PintarDownload