Facebook Lite: Perbedaan dan Review

15 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 01 Mar 2022

Selama masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau biasa kita sebut dengan PPKM, masyarakat di seluruh dunia menjadi lebih aktif bermain media sosial seperti Twitter, Instagram, TikTok, dan Facebook Lite.

Dengan media sosial, masyarakat dapat berinteraksi kepada sesama secara daring. Tentu hal ini mengobati rasa rindu akan aktivitas sosialisasi yang terbatas seperti saat ini.

Selain itu, dengan bermain media sosial, pengguna bisa mendapatkan entertain secara gratis hanya dengan melakukan scrolling saja. Tidak hanya entertainment, tetapi para pengguna juga bisa mendapatkan informasi dan berita terkini yang sedang hits. Jadi, saat berada di rumah saja, Sobat Pintar tidak terlalu kudet (kurang update) lagi sama dunia luar.

Beruntungnya, media sosial seperti Facebook menyediakan aplikasi dalam bentuk yang ringan. Dengan begitu, masyarakat yang masih menggunakan smartphone entry-level atau low-end dapat mengakses Facebook dengan mudah dan lancar.

Baca juga: Apa Itu Facebook Marketplace? Ketahui di Sini

Apa itu Facebook Lite?

Facebook Lite merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Facebook dalam versi yang ringan. Semua orang dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Play Store dan juga Apple App Store.

Pertama kali rilis pada 2015, Facebook sengaja membuat versi “Lite” ini supaya semua pengguna Facebook yang berada di daerah-daerah terpencil dengan koneksi internet yang kurang baik orang dapat mengakses Facebook dengan mudah dan tanpa hambatan.

Hal yang membuat aplikasi ini terbilang “ringan” atau “lite” adalah fungsinya yang minimalis. Ini berarti, pengguna hanya dapat menemukan fungsi-fungsi dasar aplikasi serta tampilan antarmuka yang lebih simple dan sederhana.

Menariknya, mereka yang menggunakan aplikasi Facebook Lite Tetap dapat menerima informasi seperti layaknya aplikasi Facebook biasa. Pada halaman utamanya, kita masih bisa melihat menu-menu dasar seperti News Feed, Messages, Videos, Notifications, Friend Requests, dan masih banyak lainnya.

Secara sekilas, fungsi aplikasi ini kurang lebih sama dengan aplikasi biasa, lalu apa perbedaan antara aplikasi Facebook Lite dengan aplikasi Facebook biasa? Berikut beberapa keunggulannya:

Perbedaan Aplikasi Facebook Lite dan Facebook Standar

Sumber: Unsplash / Alt Text: Perbedaan Facebook Lite dan Facebook Standar

Saat menggunakan aplikasi ini, Sobat Pintar pasti akan langsung merasakan perbedaannya dengan versi standar, seperti:

1. Aplikasi yang Ringan

Sumber: Unsplash / Alt Text: Facebook Lite Lebih ringan daripada Facebook Standar

Facebook Lite memiliki ukuran rendah, yakni hanya sebesar 1,6 MB. Jika kita bandingkan dengan aplikasi Facebook biasa yang sebesar 54 MB, aplikasi ini jauh lebih ringan dan memakan ruang penyimpanan yang lebih sedikit.

Namun, ukuran penyimpanan tersebut memang bervariasi berdasarkan tipe perangkatnya. Namun, biasanya ukuran aplikasi lite ini jauh lebih kecil hingga 96-97 persen daripada versi standar.

2. Minim Tenaga

Selain ukurannya yang rendah, versi lite ini juga menggunakan kapasitas RAM yang jauh lebih kecil daripada versi standar. Dengan begitu, mereka para pengguna smartphone low-end dan low-entry dapat menggunakan aplikasi ini dengan mudah.

3. Hemat Kuota

Selain ringan, keunggulan dari versi lite ini adalah dapat diakses dengan menggunakan jaringan 2G. Ini berarti, pemakaian kuota internet akan jauh lebih sedikit.

Salah satu alasannya adalah, aplikasi ini tidak akan mengunduh gambar dalam resolusi tinggi. Gambar atau foto yang muncul di halaman News Feed akan memiliki resolusi yang rendah.

Sedangkan untuk video hanya dapat berjalan secara otomatis jika smartphone tersebut sudah terhubung dengan konektivitas Wi-Fi.

4. Integrasi Messenger

Perbedaan yang signifikan dari versi lite ini adalah memiliki fitur Messenger. Dengan begitu, para pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi Messenger secara terpisah hanya untuk bersosialisasi dengan teman atau kerabat di Facebook.

Kelebihan dan Kekurangan Facebook Lite

Setelah mengetahui perbedaan signifikan antara Facebook Lite dengan Facebook Standar, kali ini Kredit Pintar akan memberikan daftar kelebihan dan kekurangan dari versi lite.

1. Hemat Data Internet

Kelebihan utama dari aplikasi versi lite ini adalah hemat kuota. Pengguna Facebook dapat dengan bebas menjelajah dunia maya tanpa perlu mengkhawatirkan kuota internet mereka habis dalam waktu singkat. Tentunya, hal ini menjadi salah satu alasan mengapa orang-orang banyak menggunakan aplikasi ini.

2. Akses Cepat

Versi lite ini memiliki proses loading yang sangat cepat. Hal ini dikarenakan, Facebook Lite tidak menampilkan gambar dalam resolusi besar melainkan dalam resolusi rendah. 

3. Bagus Untuk Smartphone Versi Lama

Sumber: Unsplash / Alt Text: Dapat Digunakan Untuk Smartphone Versi Lama

Aplikasi ini memang baru, namun bukan berarti aplikasi ini hanya dapat diakses dengan smartphone terbaru saja. Mereka yang masih menggunakan smartphone versi lama juga dapat menikmati layanan FB Lite ini.

4. Mudah Diakses di Semua Jaringan

Sumber: Unsplash / Alt Text: Facebook Lite Dapat Di Akses di Semua Jaringan

Kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah pengguna dapat menggunakan atau mengakses media sosial FB di semua jaringan. Bahkan, pengguna tetap bisa mengaksesnya meski sinyalnya berada di kondisi “E” atau “Edge.”

5. Tampilan Aplikasi Sederhana

Dalam versi lite ini memiliki tampilan antarmuka yang jauh lebih simpel dan sederhana daripada versi standarnya. Ini bisa terjadi karena Facebook sengaja mematikan atau tidak menyematkan fitur-fitur berat dalam versi lite ini. 

Baca juga: Tips Bikin Toko Online di Facebook

6. Resolusi Rendah

Karena memiliki tujuan supaya semua orang dapat mengakses FB dengan mudah dan cepat, Facebook sengaja membuat aplikasi lite ini tidak secara otomatis mengunduh atau menampilkan gambar dalam resolusi besar.

Jadi, Sobat Pintar hanya dapat melihat gambar dalam resolusi yang rendah saja. Meskipun tidak maksimal, namun hal inilah yang membuat FB Lite menjadi aplikasi yang paling cepat diakses.

7. Fitur Terbatas

Aplikasi Facebook Standar memang memiliki banyak fitur seperti streaming, story, dan masih banyak lainnya. Namun, jika Sobat Pintar menggunakan aplikasi lite ini, kalian jangan berharap dapat menemukan fitur-fitur tersebut.

Facebook sengaja menghilangkan fitur-fitur yang berat tersebut dalam versi lite sehingga semua orang dapat menjelajah dunia maya dengan cepat.

8. Tidak Otomatis Memuat Konten

Meskipun versi lite memiliki keunggulan dalam proses load yang cepat, namun dalam versi ini, semua konten yang ada dalam FB tidak selalu dimuat secara otomatis.

Ini sengaja dirancang seperti itu karena aplikasinya memiliki kapasitas memori yang kecil yang memiliki dampak pada fitur load yang tidak secara otomatis langsung memuat. 

Baca juga: Lupa Password FB? Pakai Cara Ini!

Jadi Kamu Tim Mana? Facebook Lite atau Facebook Standar?

Setelah membaca perbedaan antara Facebook Lite dengan Facebook Standar, Sobat Pintar jauh lebih suka versi yang mana, nih? Pastikan untuk membagikan artikel ini di media sosial kalian. Dengan begitu, teman-teman atau keluarga kamu yang belum tahu informasi ini dapat mengetahuinya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download