Apa Itu dan Cara Kerja Facebook Marketplace?

15 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 18 Nov 2021

Dari tahun ke tahun, cara berjualan online semakin mengalami perkembangan. Ada banyak platform yang membangun marketplace. Termasuk media sosial seperti Facebook. Siapa sangka kalau berjualan di Facebook Marketplace ternyata sangat efektif.

Apa Itu dan Cara Kerja Facebook Marketplace?

Nah, bagi Anda yang berminat menambah pemasukan atau memperluas pasar, tidak ada salahnya mempelajari apa itu Facebook Marketplace, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana cara mengoptimalkan keuntungan dari platform ini.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca artikel ini sampai akhir.

Apa Itu Facebook Marketplace?

Sesuai dengan namanya, Facebook Marketplace adalah sebuah fitur gratis yang disediakan oleh Facebook. Melalui fitur ini, anda bisa berjualan dan mempromosikan barang jualan Anda tanpa harus memiliki website toko.

Sebagai sosial media, banyak orang yang berkumpul di Facebook. Karena itu, berjualan di Facebook bisa dikatakan cukup potensial. Anda bisa menawarkan apapun barang dagangan yang Anda miliki. Dari mulai makanan, pakaian, hingga barang koleksi seperti jam tangan atau mainan.

Selain itu, pembeli dapat menghubungi penjual secara langsung melalui Messenger. Kemudahan interaksi ini membantu penjual mendapatkan kepercayaan dari pembeli. Sehingga, kemungkinan pembeli menyelesaikan transaksi akan menjadi lebih besar.

Cara Berjualan di Facebook Marketplace

Berjualan di Marketplace sebenarnya cukup mudah. Tapi jika Anda masih baru, wajar jika Anda merasa sedikit bingung. Karena itu, Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini agar bisa berjualan di Marketplace Facebook.

1. Posting Jualan di Facebook

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk berjualan secara online adalah dengan jualan atau penawaran Anda di Facebook. Jangan lupa untuk mengaturnya sebagai tawaran publik. Sehingga, semua orang di Facebook bisa melihat penawaran Anda.

Untuk memposting jualan di Facebook, Anda bisa mulai dengan memilih opsi “Marketplace” di menu sebelah kiri. Selanjutnya, klik “Buat Tawaran Baru”, dan klik “Barang Dijual”. Kemudian, unggah foto barang dan lengkapi info tentang barang tersebut.

Jangan lupa untuk mencantumkan harga barang tersebut di kolom harga jual. Anda juga bisa membuat giveaway atau menawarkan barang gratis di sini. Caranya, cukup isi kolom harga dengan angka nol.

Setelah menginput harga barang, klik tombol “Berikutnya”. Tombol ini baru bisa di-klik jika semua informasi sudah diisi lengkap. Jika tombol masih berwarna abu-abu, periksa lagi apakah ada bagian yang Anda lewatkan.

2. Jualan di Grup Facebook

Anda bisa menemukan banyak komunitas jual – beli yang aktif di grup Facebook. Untuk memperluas cakupan penjualan, Anda bisa masuk ke grup-grup tersebut. Pastikan Anda memilih grup yang memang sesuai dengan target pasar Anda.

Sebagai contoh, jika Anda menjual barang seperti ikan hias, Anda bisa masuk ke grup komunitas atau jual beli ikan hias. Anda juga bisa memilih grup Facebook sesuai regional Anda. Seperti grup jual beli Samarinda, dan lain sebagainya.

3. Manfaatkan Fitur Pengiriman di Facebook

Saat menjual barang di Marketplace, barang Anda bisa saja memenuhi syarat untuk pengiriman melalui marketplace. Ada beberapa kurir yang bisa melayani pengiriman di Marketplace. Yaitu Lion Parcel, J&T, dan SiCepat. Serta Gosend, Grab, dan DPEX.

Akan tetapi, pengiriman ini masih terbatas di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi. Selain itu, barang yang bisa dikirim pun hanya barang berukuran kecil hingga sedang.

Tips Mengoptimalkan Penjualan di Facebook Marketplace

Perilaku pengguna merupakan salah satu faktor penting dalam algoritma Facebook. Dengan memahami ini, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengoptimalkan penjualan Anda di Facebook Marketplace. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan algoritma Facebook untuk meningkatkan penjualan?

1. Lakukan Riset

Sebelum melakukan penjualan, pastikan Anda telah melakukan riset terlebih dahulu. Periksa apa saja barang yang banyak dicari untuk kategori barang yang sejenis dengan produk yang Anda tawarkan. Kemudian, periksa halaman toko yang menjual barang tersebut.

Riset atau eksplorasi Marketplace di Facebook adalah langkah yang perlu Anda lakukan sebelum mulai menjual barang di Facebook. Dengan melakukan eksplorasi, Anda bisa mendapat gambaran bagaimana ekosistem jual beli, standar harga, dan apa yang perlu Anda lakukan untuk menarik perhatian calon customer Anda.

2. Manfaatkan Facebook Ads

Setelah melakukan riset dan menemukan target pasar, jangan ragu untuk menggunakan Facebook ads. Dengan beriklan, Anda bisa memperluas jangkauan pasar Anda dan menjangkau pelanggan baru. Facebook ads juga dapat membantu pembeli lama menemukan produk Anda kembali sehingga terdorong untuk melakukan pembelian ulang.

Anda bisa memilih tarif Facebook ads sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Memilih tarif tertinggi tidak selalu berarti hasil yang lebih baik. Karena itu, Anda perlu memahami bisnis Anda dan cara kerja Facebook ads terlebih dahulu. Sehingga, Anda bisa mengetahui bagaimana iklan yang paling efektif untuk bisnis Anda.

3. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Penggunaan kata kunci juga menjadi hal penting saat berjualan di Facebook. Kata kunci yang tepat dapat membantu calon customer menemukan produk Anda. Optimalkan penggunaan kata kunci dengan meletakkan kata kunci utama pada judul dan deskripsi produk.

Tidak ada salahnya untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Temukan kata kunci yang paling relevan dan ideal untuk produk Anda. Selanjutnya, jangan lupa untuk melengkapi info produk. Mulai dari nama produk, warna, model, jenis atau bahan yang digunakan, kondisi barang, dan hal lain yang berkaitan dengan produk Anda.

4. Pilih Kategori yang Tepat

Hindari memasukkan banyak kategori untuk satu produk. Apalagi jika kategori yang Anda pilih tidak sesuai dengan produk yang Anda tawarkan. Misalnya, jangan memasukkan kategori elektronik jika yang Anda jual adalah produk pakaian.

Memasukkan kategori yang tidak sesuai akan membuat produk Anda sulit ditemukan. Sehingga kemungkinan calon pembeli membeli produk Anda juga akan semakin rendah.

5. Gunakan Foto yang Jelas

Penggunaan foto memberikan pengaruh yang signifikan pada penjualan. Banyak orang mengandalkan tampilan visual sebagai pertimbangan dalam membeli produk. Produk yang buram, berkualitas rendah, dan tidak jelas dianggap tidak menarik dan lebih jarang dilirik.

Untuk mendapatkan foto yang jelas dan berkualitas, pastikan Anda menggunakan pencahayaan yang baik. Selain itu, latar polos seperti hitam atau putih juga akan membantu pembeli melihat detail produk dengan lebih baik.

6. Pertahankan Reputasi Toko

Terakhir, pastikan Anda selalu menjaga reputasi toko yang baik. Salah satu cara Facebook Marketplace menunjukkan reputasi toko adalah dengan pemberian badge. Ada dua jenis badge yang bisa toko Anda dapatkan.

Yang pertama adalah badge untuk penjual yang memberikan respon cepat kepada pembeli. Dan yang kedua adalah badge untuk penjual dengan rating tinggi di Marketplace. Dengan adanya dua badge ini, pembeli akan lebih percaya pada toko Anda. 

Itulah beberapa informasi mengenai Facebook Marketplace yang perlu Anda ketahui. Termasuk cara berjualan dan cara mengoptimalkan penjualan di Marketplace. Dengan memanfaatkan Marketplace di Facebook, Anda bisa memperluas jangkauan target pasar Anda dan meningkatkan penjualan Anda.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download