Dimanakah Valuta Asing Dijual Belikan? Cari Tahu di Sini!

04 Jan 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Pasar modal adalah salah satu pasar yang mempunyai peranan berarti dalam aktivitas ekonomi. Tipe pasar modal terdapat banyak, salah satunya merupakan pasar valuta asing.  Sayangnya masih banyak orang yang tertarik tetapi tidak tahu dimanakah valuta asing dijual belikan.

Dimanakah Valuta Asing Dijual Belikan? Cari Tahu di Sini!

Dikutip dari novel Kamus Lengkap Sebutan Ekonomi (2020) karya Regu Panca Aksara, pasar valuta asing ataupun foreign exchange market merupakan sesuatu pasar yang mempertemukan pembelian serta penjualan mata duit asing. 

Aktivitas penawaran serta permintaan valuta asing pada umumnya bisa Sobat Pintar coba di bursa valuta asing yang biasanya diselenggarakan oleh bank. Selain itu, Sobat Pintar juga dapat membeli duit asing di money changer

Terdapat sebagian tipe mata duit dunia yang dapat diperdagangkan di pasar valuta asing, antara lain US Dollar (USD), Pound Sterling (GBP), Euro (EUR), Japanese Yen (JPY), Australian Dollar (AUD), Canadian Dollar (CAD), Chinese Yuan (CNY), serta Singapura Dollar (SGD).

Baca juga: Ini dia, informasi mata uang tertinggi di dunia

3 Jenis Pasar Valuta Asing

Ada 3 sebutan berarti dalam pasar valuta asing, ialah:

  1. Kurs jual, kurs dimana orang dagang quoting bank menjual serta calling bank/ customer membeli.
  2. Kurs beli, kurs dimana orang dagang valuta asing membeli serta nasabah menjual.
  3. Spread, ialah selisih antara kurs jual serta kurs beli.

Guna Pasar Valuta Asing

Terdapat sebagian fungsi pasar valuta asing, antara lain:

  1. Memudahkan proses pertukaran valuta asing serta pemindahan dana dari negeri pertama ke negeri yang lain sehingga membolehkan terbentuknya kliring internasional.
  2. Selaku penyedia kredit, artinya merupakan pasar valuta asing menyajikan kemudahan buat dilaksanakannya perjanjian ataupun kontrak jual beli dengan sistem kredit.
  3. Menghalangi efek, artinya merupakan pasar valuta asing membagikan mungkin dilaksanakannya hedging (menghalangi resiko terhadap mungkin pergantian harga).
  4. Spekulasi, artinya melalui pasar valuta asing seseorang bisa melaksanakan spekulasi, menerima, dan mencari risiko dengan harapan memperoleh cuan yang banyak.

Masalah-Masalah yang Terjadi di Pasar Valuta Asing

Aktivitas dalam pasar valuta asing tidak senantiasa berjalan dengan mudah. Terdapat kalanya pasar valuta asing dilanda permasalahan yang menimbulkan aktivitas di pasar valuta asing jadi tidak normal. Dikutip dalam formal Bank Indonesia, terdapat 9 permasalahan yang sempat menyerang pasar valuta asing, ialah:

  1. Krisis Malaysia (1985)
  2. Black Weenesday (1992)
  3. Runtuhnya Bank Barings (1995)
  4. Krisis Finansial Asia (1997- 1998)
  5. Dot. com Crisis (2000) Krisis Finansial Global (2008)
  6. Krisis Utang Eurozone (2009)
  7. Skandal Libor (2012)
  8. Manipulasi NDF Singapore (2013)

Aspek yang Mempengaruhi Nilai Valuta Asing

Dilansir dari idxchannel, sedikitnya terdapat 5 aspek yang pengaruhi kurs yang terdiri dari:

  1. Tingkatan Inflasi merupakan suatu peningkatan harga pada benda ataupun jasa. Inflasi pula merupakan penyusutan nilai mata duit lokal. Dalam pasar valuta asing, yang jadi bawah utama merupakan perdagangan internasional, baik berupa jasa maupun benda. 

Dengan begitu, perubahan nilai harga mata uang dalam negara dapat terjadi karena pengaruh dari gerakan nilai mata uang asing..

  1. Kebijakan Pemerintah Bermacam kebijakan yang terbuat oleh pemerintah sesuatu negeri hendak mempengaruhi pada nilai ubah mata duit di negeri tersebut.

Bermacam contoh dari kebijakan tersebut merupakan upaya pemerintah dalam menjauhi permasalahan nilai ubah valuta asing serta pula perdagangan internasional, dan mengintervensi pasar duit.

Jangan lupa baca: Simak Tips Ampuh Untuk Investasi di Mata Uang USD

  1. Perbandingan Tingkatan Suku Bunga Arus modal internasional dipengaruhi oleh pergantian tingkatan suku bunga suatu negeri. Dengan kata lain, peningkatan suku bunga hendak memancing masuknya modal asing. 

Tingkatan suku bunga hendak pengaruhi pembedahan pasar valuta asing serta pasar duit. Kala terjalin kegiatan transaksi, hingga bank hendak memikirkan perbandingan suku bunga di pasar modal nasional serta global dengan pemikiran yang berasal dari keuntungan. 

Pihak Bank lebih memilih memperoleh pinjaman murah di pasar duit asing karena memiliki tingkatan bunga yang lebih rendah karena kredit dalam negeri memiliki bunga yang relatif besar.

  1. Kegiatan Neraca Pembayaran Nilai ubah mata duit pula dipengaruhi oleh neraca pembayaran. Neraca pembayaran aktif dikabarkan akan meningkatkan nilai mata duit dalam negeri dengan meningkatnya jumlah debitur asing. 

Bila saldo pembayaran pasif, perihal ini hendak menyebabkan menyusutnya nilai ubah mata duit dalam negeri sehingga debitur hendak hendak menjual seluruhnya dengan mata duit asing buat membayar kembali kewajiban eksternal mereka. 

Akibat dari neraca pembayaran diukur terhadap nilai ubah yang telah ditetapkan oleh tingkatan keterbukaan ekonomi. Pembatasan impor, pergantian tarif, kuota perdagangan, serta subsidi hendak pengaruhi neraca perdagangan.

  1. Ekspektasi Aspek yang lain yang ikut mempengaruhi nilai ubah pada valuta asing merupakan ekspektasi nilai ubah yang dapat terjalin di masa depan. Pasar valuta asing hendak membagikan respon yang lumayan kasar pada tiap kabar maupun isu yang dapat berimbas di setelah itu hari. 

Selaku contoh, kabar tentang meningkatnya inflasi Amerika Serikat yang dapat menimbulkan orang dagang valuta asing menjual mata uang asing dolarnya, sebab nilai mata duit dolar dapat jadi menyusut di masa depan. 

Sehingga, mengenai masalah tersebut dapat menekan nilai mata uang dolar di pasar valuta asing.

Tipe Transaksi Valuta Asing

Dimanakah Valuta Asing Dijual Belikan? Cari Tahu di Sini!

Sumber: Unsplash / Alt Text: Dimanakah Valuta Asing dijual belikan

Bila dilihat dari jangka waktu, pasar valas dapat digolongkan jadi 2 berbagai transaksi:

1. Transaksi Spot

Transaksi valas diiringi pula kewajiban dari kedua belah pihak pembeli serta penjual buat dapat silih menyerahkan mata duit yang mereka miliki dalam waktu maksimum 2 hari kerja sehabis terdapatnya kontrak.

2. Transaksi Forward

Nyaris sama semacam transaksi spot, namun perbedaannya merupakan di waktu penyerahan mata duit dari tiap- tiap pembeli serta penjual yang dalam kurun waktu lebih dari 2 hari kerja sehabis bertepatan pada terbentuknya kontrak. Ini mempunyai makna kalau serah terima bisa dituntaskan dalam kurun waktu berbeda- beda, contohnya satu hari, satu pekan, satu bulan, 6 bulan, maupun satu tahun sehabis value spot.

Berikut merupakan tipe transaksi yang dikelompokkan secara lebih rinci, antara lain:

  1. Funding: Pinjaman valas, kebutuhan cash flow.
  2. Investasi: Komersial, properti, and portfolio investment.
  3. Komersial: Impor- Ekspor traffic modal serta traffic jasa.
  4. Hedging: Keperluan hedging atas efek dari pergantian kurs valas.
  5. Orang: Wisatawan serta kebutuhan- kebutuhan orang yang lain.

Baca juga: Konversi Mata Uang, Apa Itu? Ketahui Selengkapnya di Sini

Dimanakah Valuta Asing Dijual Belikan?

Jika Sobat Pintar tertarik dengan pasar valuta asing, kalian semua bisa mulai membeli mata uang asing di tempat penukaran mata uang asing atau money changer

Namun, sebelum membeli mata uang asing, Sobat Pintar harus melakukan riset harga terlebih dahulu. Jangan sampai, saat Sobat Pintar ingin membeli valuta asing, ternyata nilai mata uang tersebut sedang turun. Jadinya Sobat Pintar bukannya untung tapi malah buntung.

Jadi seperti itulah penjelasan lengkap mengenai valuta asing dan dimanakah valuta asing dijual belikan. Semoga artikel ini membantu  Sobat Pintar! Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download