Inilah Kelebihan Utama Aplikasi Data Saham Indonesia

14 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 13 Jul 2022

Semakin berkembangnya teknologi ternyata cukup berimbas bagi para investor saham. Bagaimana tidak, kemajuan teknologi di era sekarang ini telah membantu munculnya alat-alat untuk membantu kegiatan investasi dan trading saham. Contohnya aplikasi Data Saham Indonesia yang sering disebut-sebut sebagai aplikasi saham terbaik.

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\4\Inilah Kelebihan Utama Aplikasi Data Saham Indonesia.jpg

Aplikasi satu ini ternyata punya banyak kelebihan sehingga diandalkan oleh banyak trader dan investor. Seluruh kelebihan tersebut bisa langsung kamu simak dalam review atau ulasan berikut ini.  

Baca juga: Hedging adalah Strategi Penting dalam Investasi! | Kredit Pintar 

Bantu Screening Saham

Aplikasi Data Saham Indonesia diluncurkan oleh Kajo Kangin Studio dan bisa didapatkan di Play Store. Data Saham Indonesia sering dimanfaatkan oleh trader dan investor untuk screening saham. Screening saham dilakukan untuk memfilter saham sesuai dengan kriteria yang kita inginkan. 

Selain itu, screening saham dinilai mampu menghemat waktu apalagi melakukan pengecekan untuk berbagai perusahaan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Nah, dengan adanya Data Saham Indonesia, kamu jadi berkesempatan untuk melakukan screening saham dengan lebih praktis. 

Lalu, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukan screening di DSI. Pertama, kamu bisa mendapatkan saham berkualitas. Ini sangat penting sekali karena saham yang berkualitas juga akan membantu kamu dalam meraih profit. Kedua, manfaat lainnya adalah imbal hasil yang lebih konsisten. Artinya, saat menemukan saham yang berkualitas, imbal hasil yang didapatkan tidak akan jauh berbeda di periode satu ke periode lainnya. 

Ketiga, screening saham dengan Data Saham Indonesia juga memungkinkan kamu untuk memantau performa dari investasi saham yang sedang berjalan. Dengan begitu kamu bisa menilai apakah saham yang kamu beli memiliki prospek yang baik atau tidak kedepannya. 

Baca juga: Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan dengan Mudah | Kredit Pintar 

Menyediakan Sumber Berita Investasi dan Pasar Saham 

Berita investasi dan pasar saham adalah topik yang sering dicari oleh para investor dan trader. Hal tersebut karena berita investasi dan keuangan juga mampu mempengaruhi pergerakan harga di pasar saham. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\4\Menyediakan Sumber Berita Investasi dan Pasar Saham.jpg

Kamu tidak akan ketinggalan dengan berbagai update terbaru di dunia keuangan dan yang terkait dengan investasi. Semua berita yang disediakan di aplikasi Data Saham Indonesia ini telah dirangkum dengan baik dari berbagai sumber. 

Memiliki Fitur Market Data, Candlestick, dan Account Management

Selain sumber berita investasi dan pasar saham, aplikasi Data Saham Indonesia juga menyediakan berbagai fitur utama lainnya. Fitur tersebut diantaranya market data, candlestick, dan account management

Market data menyediakan data saham End-of-Day dan Intraday. Data End-of-Day sendiri adalah data penutupan perdagangan atau trading yang didistribusikan tiap akhir perdagangan di suatu hari bursa. Kemudian, disediakan pula candlestick OHLC di aplikasi ini yang berguna untuk mengetahui tren arah pergerakan harga saham.

Dibandingkan dengan bar chart dan line chart, candlestick memang lebih sering dipakai oleh para trader. Hal ini karena beberapa kegunaan utamanya yaitu untuk menandakan arah Support dan Resistance. Lalu, menentukan breakout Support dan Resistance berdasarkan close serta melihat gap yang ada sesuai dengan Open Candlestick. 

Selanjutnya, fitur account management menjadi salah satu fitur penting yang disediakan oleh Data Saham Indonesia. Dengan fitur ini, kamu bisa memantau pergerakan dari nilai investasi yang kamu miliki tanpa terbatas waktu dan tempat. Kamu juga bisa mengetahui berapa jumlah saldo rekening saham yang kamu miliki. Selain itu, perhitungan laba rugi, nilai portofolio saham, dan fee broker dapat kamu akses dengan mudah lewat aplikasi ini. 

Baca juga: 10 Aplikasi Investasi Saham Terbaik, Terdaftar OJK | Kredit Pintar 

Menyediakan Data Lengkap Teknikal, Fundamental, dan Bandarmology

Analisa teknikal dan fundamental saham adalah dua analisis yang kerap menjadi acuan dari banyak trader dan investor. Data Saham Indonesia tentunya menyajikan dua teknik analisa tersebut. Bahkan, juga tersedia data lengkap bandarmology yang mana tidak banyak disajikan oleh aplikasi saham lainnya. 

Analisa teknikal dalam saham umumnya disajikan berdasarkan data-data harga historis yang ada di pasar saham. Prediksi untuk membeli atau menjual saham ini dilakukan dengan melihat grafik historis tersebut. Kebanyakan pengguna analisa teknikal ini adalah trader yang melakukan investasi jangka pendek seperti trader harian. 

Sementara itu, analisa fundamental adalah analisis berdasarkan dengan kondisi perusahaan, kondisi ekonomi, ataupun kondisi industri terkait. Indikator yang digunakan untuk analisa fundamental ini meliputi laporan keuangan seperti Return to Equity dan Price to Earning Ratio. Berbeda dengan analisa teknikal, kebanyakan yang menggunakan analisa fundamental adalah trader atau investor jangka panjang.

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\4\Menyediakan Data Lengkap Teknikal, Fundamental, dan Bandarmology.jpg

Selain 2 analisa di atas, Data Saham Indonesia juga menyediakan data bandarmology. Menurut definisinya, bandarmology adalah analisa yang bertujuan memahami bagaimana orang menggunakan pergerakan bandar saham. 

Jika dibandingkan dengan analisa yang lain, bandarmology sebenarnya bersifat tidak pasti. Tidak ada bukti dari data masa lalu mengenai analisa satu ini. Dalam kata lain, bandarmology lebih berfokus ke sistem, tingkah laku, dan paham dari bandar dalam memainan harga saham. 

Nah, yang dimaksud dengan ‘bandar’ dalam saham di sini adalah orang-orang yang punya dana besar. Jika mereka memakai dana tersebut di pasar modal, akan terjadi perubahan harga yang sangat signifikan. Secara sederhananya, bandarmology sebenarnya berkaitan tentang bagaimana kamu bisa berada di sisi bandar dan bukan malah menjadi mangsa dari bandar tersebut. 

Ketiga analisa di atas memang sangat penting untuk setiap trader. Dengan menggunakan Data Saham Indonesia, kamu bisa mendapatkan data lengkap untuk ketiga analisa di atas dan bisa disesuaikan dengan tujuan analisa yang kamu butuhkan. 

Baca juga: 3 Cara Menghitung Penyusutan dengan Mudah | Kredit Pintar 

Menyajikan Panduan Bagi Para Pemula

Data Saham Indonesia tergolong sangat ramah digunakan oleh para pemula. Tersedia beberapa panduan penting terkait bagaimana penggunaan aplikasi tersebut bagi pengguna baru. Panduan tersebut diantaranya terkait cara screening untuk saham-saham yang terdaftar di ISSI.

Ada pula panduan terkait penggunaan formula untuk saham ARB, formula scalping, formula untuk saham yang mengalami gap down, dan open low. Panduan-panduan itu akan sangat dibutuhkan bagi kamu yang merasa masih belum begitu paham dengan penggunaan aplikasi Data Saham Indonesia maupun formula screening saham. 

Cara Berlangganan Aplikasi Data Saham Indonesia

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\_6\PIC\4\Cara Berlangganan Aplikasi Data Saham Indonesia.jpg

Aplikasi Data Saham Indonesia pada dasarnya adalah aplikasi premium. Untuk penggunaan yang lebih maksimal, penggunanya memang lebih disarankan untuk melakukan langganan atau subscription. Untuk berlangganan aplikasi satu ini, kamu bisa melakukan tahapan berikut.

  1. Bukalah aplikasi Data Saham Indonesia.
  2. Pilih menu “Upgrade to Premium” dan klik berlangganan bulanan.
  3. Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan diantaranya kartu kredit, pulsa, atau voucher Indomaret/Alfamart.
  4. Masukkan informasi pembayaran sesuai dengan petunjuk yang ada di layar ponsel.
  5. Tunggu sampai proses berlangganan dinyatakan berhasil dan kamu bisa mulai menikmati penggunaan aplikasi DSI secara maksimal.

Baca juga: Ini 10 Keuntungan Investasi Saham | Kredit Pintar 

Jadi, itulah sekilas review mengenai kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Data Saham Indonesia. Aplikasi satu ini punya banyak fungsi yang bukan hanya bisa dipakai untuk screening saham. Namun, juga bisa kamu pakai untuk mengakses data analisis untuk memaksimalkan kegiatan investasi atau trading.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
13 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download