Dapat Tawaran Dari Pinjol Ilegal? Ini Cara Blokir SMS Pinjol Ilegal

Dapat Tawaran Dari Pinjol Ilegal? Ini Cara Blokir SMS Pinjol Ilegal

10 Jun 2021 by kreditpintar
Dapat Tawaran Dari Pinjol Ilegal? Ini Cara Blokir SMS Pinjol Ilegal

Mendapatkan SMS pinjol secara ilegal tentu merupakan hal yang sangat tidak nyaman bagi kita. Terlebih jika pinjol yang menghubungi kita adalah pinjol tak berizin OJK dan layak untuk diberikan sebutan “ilegal”. Namun Sobat Pintar tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Ada beberapa cara blokir SMS pinjol ilegal.

Salah satu cara paling ampuh untuk keluar dari masalah ini adalah dengan melakukan blokir atas nomor pinjol ilegal tersebut. Ada banyak cara blokir SMS pinjol ilegal yang telah mengganggu Sobat Pintar. Berikut adalah beberapa caranya:

Blokir Nomor Telepon Pinjol Ilegal di Ponsel Android

Berikut adalah cara yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk melakukan blokir nomor telepon pinjol ilegal di ponsel Android:

  1. Buka menu Kontak
  2. Simpan nomor pinjol ilegal yang mengirimi Sobat Pintar SMS
  3. Buka kembali nomor tersebut melalui Kontak
  4. Pilih opsi Details hingga muncul opsi Block Number
  5. Pilih opsi Block Number untuk melakukan blokir nomor pinjol ilegal tersebut

Blokir Nomor Telepon Pinjol Ilegal di Ponsel iPhone

Ada beberapa tahapan yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk melakukan blokir SMS pinjol ilegal yang masuk ke ponsel iPhone-mu. Berikut adalah tahapannya:

  1. Buka Pesan
  2. Buka SMS pinjol ilegal yang Sobat Pintar terima
  3. Tekan ikon kontak, lalu ketuk ikon info
  4. Setelah kontak pinjol ilegal terbuka, tekan lagi ikon info
  5. Pilih opsi Block This Caller

Setelah selesai memblokir nomor pinjol ilegal yang mengirimkan Sobat Pintar SMS, laporkan nomor tersebut ke akun Twitter @aduanBRTI. Hal ini bertujuan agar nomor SMS pinjol ilegal tersebut dapat diblokir oleh pemerintah secara permanen. Sobat Pintar cukup menyiapkan screenshot SMS pinjol ilegal yang Sobat Pintar terima lewat Mention atau Direct Message.

Blokir SMS Pinjol Ilegal di Ponsel Android

Berikut adalah beberapa tahapan yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk melakukan blokir SMS pinjol ilegal di ponsel Android:

  1. Buka SMS
  2. Tekan ikon titik di pojok kanan atas
  3. Tekan Block and Filter
  4. Ketuk Set Rules
  5. Pilih Block Messages
  6. Pilih Keywords for Spam Messages
  7. Tekan ikon “+”
  8. Ketik beberapa kata kunci yang sering Sobat Pintar temukan pada SMS yang dikirimkan pinjol ilegal, seperti pinjaman online, butuh modal, pinjaman bunga ringan, dll. Tekan tanda centang untuk menyimpan kata kunci ini.

Setelahnya, Sobat Pintar akan secara otomatis tidak menerima SMS dengan kata kunci tadi. Cara lainnya agak lama dibandingkan dengan cara ini.

Itulah beberapa cara blokir SMS pinjol ilegal. Meski sudah ada berbagai cara untuk melakukan blokir SMS dari pinjol ilegal, Sobat Pintar juga tetap perlu melakukan beberapa pencegahan. Contoh pencegahan ini adalah dengan tidak membalas SMS tersebut serta jangan mengeklik tautan apapun yang dikirimkan oleh pihak pinjol ilegal.

Mengapa membalas SMS pihak pinjol ilegal akan berbahaya? Karena ini akan membuat nomor Sobat Pintar tersebar di jaringan mereka dan SMS-SMS lain bisa berdatangan ke ponsel Sobat Pintar. Selain itu, Sobat Pintar juga dilarang untuk mengklik tautan yang pihak pinjol ilegal kirim, karena link tersebut mengandung malware. Malware inilah yang membuat sebuah tagihan tiba-tiba berjalan tanpa sepengetahuan Sobat Pintar.

Namun apabila Sobat Pintar adalah seseorang yang senang mengandalkan pinjol untuk memenuhi kebutuhan Sobat Pintar, pastikan pinjol yang Sobat Pintar andalkan adalah pinjol legal seperti Kredit Pintar yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, Kredit Pintar siap menyediakan dana untuk berbagai kebutuhan Sobat Pintar. Jadi hindari pinjol ilegal dan beralihlah ke pinjol legal serta berizin seperti Kredit Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk