Tingkatkan Iklan dengan Jasa Creative Agency

24 Sep 2021 by Laruan

Dulu, mungkin pebisnis tidak akan terpikir untuk melakukan jual beli secara online. Namun, dengan Perkembangan dunia digital khususnya internet, transaksi online kini sudah menjamur di lingkungan masyarakat Indonesia. Dengan semakin tingginya persaingan bisnis di dunia digital maka seorang creative agency sangat dibutuhkan untuk mampu mempromosikan barang atau jasa ke pasar yang lebih luas.

Tingkatkan Iklan dengan Jasa Creative Agency

Dunia sedang mengalami masa sulit, termasuk Indonesia akibat pandemi Covid-19. Pembatasan aktivitas di luar rumah berdampak terhadap berbagai sektor kehidupan manusia termasuk sektor bisnis. Banyak pedagang yang akhirnya gulung tikar karena sepinya pembeli. Tanpa kita sadari, kondisi ini membuat banyak orang beralih ke bisnis online untuk terus menghasilkan uang. Tidak hanya itu, kebiasaan masyarakat pun ikut berubah, jika dulu orang berbelanja ke mall atau supermarket. Maka sekarang cukup melalui handphone yang terkoneksi ke jaringan internet.

Hal ini jugalah yang menyebabkan sektor iklan berkembang begitu pesat di Indonesia untuk menawarkan berbagai barang dan jasa dengan cara yang unik. Mereka dinilai lebih efektif jika dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya.

Pengertian creative agency

Creative agency adalah sebuah agen independen yang dapat berupa perorangan atau badan yang menyediakan layanan kepada konsumen berupa membuat dan merancang sebuah iklan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen, meningkatkan keuntungan dan menaikkan jumlah omset yang diperoleh dari pelanggan  berdasarkan apa yang mereka harapkan. Agensi kreatif ini adalah tempat bagi para pelaku bisnis untuk mempercayakan bisnisnya agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Biasanya orang-orang di dalam agency ini memiliki tingkat kreativitas yang tinggi.

Seorang yang bekerja pada agensi kreatif akan terbiasa dengan pencarian ide yang unik untuk diaplikasikan ke dalam iklan. Creative agency dikenal juga dengan sebutan consultant agency atau advertising agency. Sebenarnya jasa ini sudah ada sejak lama, namun karena keterbatasan dunia digital saat itu. Maka mereka hanya aktif bekerja untuk periklanan di surat kabar, majalah atau brosur.

Waktu berjalan dan teknologipun berkembang, begitu pula dengan dunia iklan yang sudah mulai menjajal sektor digital melalui radio dan televisi. Biaya pengiklanan yang tinggi di masa itu, membuat bisnis kecil gigit jari. Hanya perusahaan-perusahaan besar yang bisa melakukan promosi berbasis radio dan televisi.  Bahkan hingga saat ini, pemasangan iklan di TV nasional baik negeri maupun swasta tetap memerlukan biaya yang besar.

Hal ini menyebabkan, industri kecil terpaksa tetap menggunakan jasa pengiklanan di media cetak. Seperti yang kita ketahui bersama, metode tersebut sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan teknologi yang sudah ada. Pemasaran secara digital melalui media sosial, website dan aplikasi adalah salah satu inovasi yang dapat merangkul semua kalangan pelaku bisnis secara maksimal. Tidak hanya perusahaan raksasa, tetapi juga pelaku UMKM.

Perusahaan creative agency adalah perusahaan yang bertujuan untuk membantu klien untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dengan meningkatkan penjualan, mereka tidak sekedar memperkenalkan produk tetap juga membuatnya laris di pasar.

Fungsi dari creative agency bagi perusahaan

·         Pada dasarnya sebuah perusahaan yang bergerak di bidang creative berfungsi untuk melayani klien sesuai dengan permintaannya dalam melakukan promosi produk dan meningkatkan penjualan.

·         Selanjutnya sebuah perusahaan kreatif berperan dalam membantu pelanggan atau kliennya untuk meningkatkan keuntungan dan menambah omset perusahaan. Semakin besar kenaikan yang diperoleh, maka semakin berhasil agensi tersebut dalam menjalankan fungsinya.

·         Seorang agensi kreatif juga berperan dalam mengelola anggaran pengiklanan produk perusahaan tersebut. Berapa besar biaya yang diperlukan untuk membuat iklan di Facebook dan Youtube Ads. Berapa harga yang harus dibayarkan untuk membuat konten iklan di Instagram termasuk jasa influencer dan brand ambassador.

Tipe-tipe perusahaan creative agency

Sebuah agensi kreatif tidak membatasi dirinya dalam melakukan promosi di bidang apapun dan jenis produk serta jasa apapun. Misalnya, mereka juga bersedia melakukan promosi bagi sebuah perusahaan rokok, kesehatan, pinjaman online berbasis kredit pintar dan bahkan iklan jasa pendidikan.

1. Layanan account executive. 

Bidang ini memiliki peranan yang cukup unik. Yaitu sebagai tempat bagi klien mendapatkan calon agensi kreatif yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Bisa dikatakan, bidang ini bekerja sebagai pemasar agensi kreatif untuk mendapatkan klien baru dan lebih banyak klien.

2. Desain grafis

Tipe selanjutnya adalah agensi yang bertanggung jawab dalam membuat desain yang diminta oleh klien. Desain ini berupa tampilan grafis yang mempu mempresentasikan produk dari perusahaan tersebut.

3. Public relation

Mereka bertugas untuk membangun citra perusahaan di mata masyarakat dan target konsumen. Bagaimana membuat berita yang terkait dengan perusahaan tetap mendapatkan pandangan positif dari publik. Hal ini akan membantu perusahaan untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

4. Sosial media agensi

Tipe ini merupakan agensi yang fokus terhadap pembuatan, pengembangan dan pengelolaan sosial media. Mereka merupakan kumpulan para pembuat konten yang membantu klien nya untuk memaksimalkan jangkauan sosial media.

5. Agensi branding

Sesuai dengan namanya, creative agency yang satu ini berperan dalam branding perusahaan. Seperti pembuatan logo dan berbagai identitas visual lainnya (kartu nama, kop surat dan lain sebagainya). Biasanya mereka akan melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu terhadap perusahaan termasuk sejaran perusahaan dan hubunganya dengan target pasar perusahaan tersebut. Tipe agensi ini cocok digunakan oleh perusahaan yang sedang melakukan perombakan manajemen dan re-branding produk.

6. Advertising

Bagian ini adalah bagian yang mengeksekusi iklan secara kreatif. Mereka memiliki strategi tertentu yang secara keseluruhan dapat meningkatkan penjualan produk perusahaan. Biasanya mereka tergabung dalam sebuah tim yang terdiri dari art director dan copywriter.

7. Media buying

Agensi ini biasanya selalu berkaitan dengan creative advertising. mereka bertugas dalam perencanaan dan pembelian media. Mereka akan membantu klien dalam membuat time line, mengatur anggaran keuangan perusahaan untuk iklan dan meningkatkan daya tarik konsumen terhadap perusahaan.

Tips mencari perusahaan creative agency di Indonesia

·         Pastikan mereka mencantumkan alamat kantor yang jelas untuk menghindari berbagai jenis penipuan.

·         Memastikan kualitas mereka sebanding dengan harga yang mereka minta. Lihat lagi strategi yang mereka gunakan serta layanan apa saja yang mereka tawarkan. Apakah mereka telah mengerjakan banyak proyek untuk berbagai jenis bisnis mulai dari produk makanan, minuman, kosmetik hingga produk jasa kesehatan, pinjaman online berbasis kredit pintar dan layanan masyarakat. Jika ya, kamu bisa mempertimbangkan mereka.

·         Tips mencari perusahaan agensi kreatif selanjutnya adalah dengan meminta merek mengirimkan proposal dan portofolio perusahaan sebagai pedoman bagi perusahaan untuk memutuskan akan menggunakan jasa mereka atau tidak.

·         Memiliki timeline pekerjaan yang jelas hingga tahap pembayaran.

·         Pilihlah perusahaan yang menawarkan garansi. Biasanya perusahaan yang berani melakukan hal ini cenderung dapat dipercaya dan dapat mempertanggung jawabkan hasil pekerjaannya jika terjadi sesuatu di kementerian.Itulah berbagai hal yang perlu kamu ketahui tentang perusahaan creative agency. Apapun jenis usaha yang sedang kamu geluti, kamu dapat mempercayakan pengiklanannya pada agensi ini karena mereka tentu memiliki ide kreatif yang bahkan tidak pernah kamu pikirkan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Sep 2021
mobile-closeKredit PintarDownload