Mengulas Coating Mobil Beserta Harganya

18 Oct 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 19 Oct 2022

Penggemar otomotif tentunya sudah tidak asing dengan istilah coating. Coating bukanlah hal baru, terlebih dengan munculnya nano ceramic coating yang sedang tren di kalangan pecinta otomotif. 

Dengan melakukan coating, tampilan mobil akan menjadi lebih bagus dan tampak seperti baru. Coating mobil merupakan penambahan lapisan khusus pada permukaan cat mobil agar lebih awet dan terlihat kinclong. 

Mengulas Coating Mobil Beserta Harganya

Meskipun cara ini menutup lapisan warna cat mobil, lapisan coating bisa dihilangkan kapan saja tanpa merusak warna asli. Maka coating menjadi solusi alternatif untuk menjaga tampilan warna cat mobil agar selalu tampak bening dan terlihat cerah.

Baca juga: Panduan Lengkap Seputar Mobil dan Motor

Mengenal Coating Mobil

Secara umum, coating bermanfaat untuk mencegah pudarnya warna cat mobil. Lapisan coating akan memberikan perlindungan cat sekaligus warna cat dari paparan sinar ultraviolet yang membuatnya cepat pudar dan kusam.

Adapun beberapa manfaat coating antara lain:

  1. Meningkatkan daya tahan terhadap goresan

Manfaat pertama dari coating adalah membuat permukaan mobil menjadi lebih memiliki daya tahan terhadap goresan yang lebih baik jika dibandingkan tanpa coating. Semakin tebal lapisan coating yang digunakan, maka daya tahan cat mobil terhadap goresan dan baret akan semakin kuat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan berbegai risiko goresan yang bisa muncul. 

  1. Meningkatkan daya tahan terhadap air dan jamur

Permukaan mobil akan sering lembab apabila sering terkena air hujan yang akan memunculkan jamur. Kondisi ini harus diatasi dan dicegah agar jamur tidak merambat dan merusak permukaan mobil yang lain. Dengan coating, bodi mobil menjadi lebih tahan terhadap bercak air. Maka dengan coating membuat water repellent effect. Efek ini juga dikenal dengan efek daun talas yang akan mencegah air hujan dan kotoran agar tidak mudah menempel dan akan tergelincir langsung saat menyentuh permukaan cat mobil.

  1. Mobil lebih mengkilap

Jika menggunakan wax atau sealant, mobil dapat mengkilap dalam 1-3 bulan saja, maka coating bisa lebih dari itu. Bahkan, untuk jenis nano coating bisa membuat mobil mengkilap selama tiga tahun lebih. Lapisan coating terbaik pastinya akan melindungi permukaan cat sekaligus warna cat dari paparan sinar ultraviolet yang akan berdampak buruk untuk warna cat mobil. Pastikan Anda melakukan coating dengan ahlinya agar hasilnya jadi lebih maksimal. 

Baca juga: Cara Menemukan Bengkel Mobil Terdekat

Meskipun coating mobil bisa membuat lebih awet, namun bukan berarti tidak ada kekurangan. Diantaranya kekurangannya seperti harganya sangat mahal di antara produk proteksi mobil lainnya. Proses coating akan lebih sulit dilakukan jika warna cat sudah terlalu pudar dan baret terlalu banyak. Biasanya, coating pada mobil baru akan menghabiskan waktu seharian. Sementara pada mobil pakai harian bisa 2 sampai 3 hari. 

Selain itu, karena dikerjakan manual, kesalahan atau human error mungkin saja terjadi. Jika terdapat kesalahan dalam melakukan coating akan memberi tampilan kurang bagus. Bodi mobil akan terlihat belang karena coating tidak merata. Coating juga wajib diimbangi dengan cara menjaga kendaraan agar tetap bersih.

Harga Coating Mobil

Biaya coating mobil bisa terbilang mahal dengan range harga mulai dari dua juta hingga delapan juta Rupiah. Biaya ini berdasarkan ukuran mobil serta lapisan coating yang akan diaplikasikan pada mobil.

Semakin besar ukuran mobil, pastinya semakin banyak lapisannya dan membuat biayanya semakin mahal. Berikut adalah estimasi harga coating mobil berdasarkan jenis coating  dan ukuran mobil.

  1. Nano ceramic coating

Biaya ini ditujukan bagi coating mobil dengan menggunakan empat lapisan

  • Luxury car Rp8 juta
  • Large size car Rp6 juta
  • Medium size car Rp5,5 juta
  • Small size car Rp4,5 juta
  1. Nano Supreme Coating

Biaya ini ditujukan khusus untuk mobil jenis LCGC

  • Medium size car Rp2,5 juta
  • Small size car Rp2 juta

Tahapan Melakukan Coating

Meskipun harga coating terbilang mahal, ternyata Anda masih dapat melakukan coating sendiri. Proses coating memiliki tahapan yang cukup rumit yang tidak boleh diabaikan karena membutuhkan proses pelapisan cat, lapisan pernis, dan lapisan coating. Berikut tahapan melakukan coating:

  1. Cuci mobil hingga bersih

Langkah pertama adalah mencuci mobil sampai bersih agar debu dan kotoran yang menempel di cat mobil bisa hilang. Setelah itu lap mobil sampai kering.

  1. Detailing

Setelah permukaan mobil kering, selanjutnya bersihkan kembali. Ini bertujuan untuk mengangkat residu dan oksidasi yang masih menempel pada permukaan cat mobil. 

  1. Polish

Selanjutnya adalah menghilangkan baret mobil menggunakan mesin poles mobil dengan kecepatan dan tekanan yang konstan. 

Mengulas Coating Mobil Beserta Harganya
  1. Waxing

Proses waxing ini bisa dikerjakan atau tidak. Ini berguna untuk mengkilapkan cat mobil yang bersifat sementara. 

  1. Coating

Tahapan terakhir adalah menggosokan cairan lapisan coating searah dan jangan memutar. Tunggulah hingga kering lalu ulangi kembali dua hingga tiga kali. Gunakan kain yang lembut atau kain microfiber dan lakukan di ruangan tertutup.

Beda Nano Coating dan Ceramic Coating

Perbedaan kedauanya adalah dalam hal teknik melapisi dan jenis lapisan coating yang digunakan. Berikut penjelasannya:

  • Nano coating

Pelapisan cat mobil dengan nano coating menggunakan cairan khusus berukuran nano atau kecil. Dengan menggunakan lapisan ini, maka perlindungannya pun leih dalam karena bisa melapisi mobil sampai lapisan terkecil. 

Kendati demikian, penggunaan nano coating tidak terlalu direkomendasikan sebab cukup berbahaya untuk lingkungan dan juga manusia. Di dalam nano coating ada kandungan kimia beracun yang berbahaya apabila masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, saat melakukan coating mobil sebaiknya menggunakan baju yang aman.

  • Ceramic coating mobil

Salah satu teknik melapisi permukaan cat mobil menggunakan cairan mengandung keramik khusus. Kelebihan menggunakan lapisan ini adalah bisa tahan lama dan aman. Namun, sayangnya Anda harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk melapisi mobil menggunakan ceramic coating.

Baca juga: Ketahui Biaya Ganti Oli Mobil di Bengkel dan di Rumah

Perawatan Setelah Melakukan Coating Mobil

Mengulas Coating Mobil Beserta Harganya

Setelah melakukan coating mobil. Anda juga harus melakukan beberapa perawatan agar coating tetap awet dan mobil kamu tetap tampak seperti baru. Berikut ini beberapa tips perawatan setelah melakukan coating mobil.

  1. Parkir di tempat yang teduh

Setelah melakukan coating, sebaiknya hindari mobil terletak lama di bawah sinar matahari langsung. Sebab akan membuat lapisan pada coating rusak hingga akhirnya kusam. 

  1. Rutin mencuci mobil

Rutinlah membersihkan dan menyiram mobil menggunakan air bersih. Air yang disarankan seperti air PDAM. Setelah dicuci, bersihkan dengan lap hingga kering. Pastikan menggunakan lap halus untuk menghindari baret. 

  1. Menambah proteksi dengan wax

Selain mencuci, Anda juga dapat menambahkan wax untuk proteksi ekstra. Wax berfungsi untuk melapisi cat mobil agar tahan lama. Namun, gunakanlah wax secukupnya dan lakukan setiap 2 minggu hingga 1 bulan sekali.

Coating mobil bisa membuat cat mobil jadi lebih awet. Kendati demikian, setelah melakukan coating, Anda tetap harus merawatnya. Jika tidak dirawat dengan baik, hasilnya juga akan jadi cepat kusam.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
19 Oct 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download