Cara Menemukan Bengkel Mobil Terdekat

25 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 05 Apr 2022

Memilih bengkel mobil terdekat dengan kualitas bagus serta terpercaya memang tidak mudah. Namun ini penting karena bengkel berkualitas bisa menghindarkan kamu dari kemungkinan dicurangi oleh oknum bengkel. 

Sayang sekali, masih banyak bengkel mobil yang kurang bisa dipercaya. Sehingga saat mobil rusak kamu juga kesulitan menemukan bengkel yang tepat. Kabar baiknya, kamu bisa mengikuti tips di bawah ini untuk menemukan bengkel mobil terdekat yang berkualitas.

Baca juga: SPBU Terdekat: Cara Mencari dan Tips Mengisi Bensin

Tips Memilih Bengkel Mobil Terdekat yang Berkualitas

Bengkel mobil terdekat

Agar mobil kesayangan tidak mudah rusak serta berumur panjang, kamu harus merawatnya dengan sangat baik. Caranya bisa dengan melakukan perawatan rutin, ganti oli, servis rutin, cek kondisi ban, dan lain sebagainya. 

Tentu saja kamu harus mempercayakan perawatan mobil kepada bengkel profesional yang sudah berpengalaman. Jadi jangan sembarangan memilih bengkel, meskipun jaraknya dekat dari rumahmu. Yang terpenting adalah kualitas dari bengkel yang kamu pilih. 

Seperti kualitas teknisi yang bekerja, peralatan dan perlengkapan yang digunakan, jenis-jenis spare part mobil yang tersedia, dan yang lainnya harus kamu pertimbangkan dengan matang. Tujuannya agar kamu tidak harus mengeluarkan banyak biaya namun tetap rugi karena mobil justru sering rusak setelah ditangani oleh bengkel. 

1. Mempunyai teknisi profesional

Tips memilih bengkel mobil terdekat yang pertama adalah memastikan bengkel tersebut mempunyai teknisi profesional dan berpengalaman di bidangnya. Hal ini bisa kamu lihat sejak pertemuan pertama dengan teknisinya. 

Biasanya teknisi profesional mempunyai pengetahuan mendalam tentang mobil. Jadi saat ditanya, mereka akan memberikan jawaban yang mudah dipahami bahkan oleh pelanggan yang tidak paham mengenai hal-hal teknis. 

Selain itu, biasanya mereka juga senang mengajak pelanggannya berdiskusi untuk menyesuaikan atau mengkonfirmasi beberapa hal, seperti harga spare part yang digunakan dan lain sebagainya.

Jika kamu menyerahkan perawatan mobil ke teknisi profesional, kamu sudah tidak perlu mengkhawatirkan apa-apa lagi. Semua hal sudah diurus oleh para teknisi dengan tepat dan cepat. 

2. Lokasi dan waktu operasional fleksibel

Selanjutnya pilih bengkel yang lokasinya strategis dengan jam operasional yang fleksibel. Dua hal ini memungkinkan kamu untuk mengunjungi bengkel kapanpun, bahkan ketika hari libur atau tanggal merah. 

Keuntungan lain yang biasa disediakan oleh bengkel mobil yang waktu operasionalnya fleksibel adalah fasilitas derek. Fasilitas derek ini bisa kamu telepon kapan saja saat kamu membutuhkan bantuannya. 

3. Standar operasional jelas

Bengkel yang berkualitas sudah pasti mempunyai standar operasional yang jelas agar pelayanannya lebih terjamin. Biasa para petugasnya lebih telaten dan bekerja sepenuh hati sehingga mobil kesayanganmu akan dirawat dengan baik. 

Ditambah lagi, bengkel berkualitas juga sering melakukan Quality Control untuk mengecek setiap mobil yang mereka rawat. Sebagai tambahan, jika perlu kamu juga bisa menanyakan apakah bengkel pilihanmu punya cabang di kota lain. 

Informasi ini akan sangat membantu kamu jika mobil mengalami kerusakan tiba-tiba saat berada di luar kota. 

4. Mengikuti referensi teman

Kamu juga bisa mencari bengkel mobil terdekat yang berkualitas dari teman atau kerabat dekat. Cara ini terbukti bisa menghindarkan kamu dari risiko kerugian sebab informasi dari teman lebih valid karena mereka sudah merasakan efeknya langsung.

Jika masih ragu dengan rekomendasi temanmu, kamu bisa mencari informasi tambahan melalui forum atau komunitas otomotif, internet, dan media sosial. 

5. Spare part asli dan lengkap

Carilah bengkel mobil terdekat yang menggunakan spare part asli dan juga memiliki koleksi yang lengkap. Ini sangat berhubungan dengan kesehatan mobil kesayangan kamu karena spare part asli dapat digunakan dalam waktu yang lama. 

Walaupun harganya sudah pasti lebih mahal, namun ini sesuai dengan kualitas yang kamu dapatkan. Ditambah lagi, kamu tidak akan sering mengeluarkan uang karena spare part asli lebih awet dan tahan lama. 

Tiga spare part penting untuk mobil yang harus kamu cek keasliannya di bengkel, yaitu ban, cat dan juga knalpot. Ban yang baik dan berkualitas dapat mendukung sistem kerja mobil kamu. Mulai dari menahan beban dengan sempurna, meredam guncangan, meneruskan tenaga dari mesin dengan lancar, dan memaksimalkan fungsi kemudi. 

Begitu juga dengan cat mobil. Fungsinya bukan sekadar mempercantik tampilan mobil, namun untuk melindungi permukaan mobil, memantulkan cahaya, menghantarkan listrik, meredam suara, dan lain-lain. 

Karena itu agar kamu tidak salah dalam memilih, perhatikan beberapa tips berikut ini saat ingin membeli tiga sparepart tadi. 

Baca juga: Ini Informasi Lengkap Tentang Motor Listrik Gesits

Tips memilih Ban di Bengkel Mobil Terdekat

1. Periksa Ukuran dan tahun Ban

Pertama periksa ukuran, kode, dan juga kadar kadaluarsa ban. Kamu bisa menemukan kode ban di bagian permukaan samping ban. Di sini terdapat kode seperti “205/55 R 16 91 V”. Inilah kode yang memuat informasi tentang ban tersebut. 

Kamu juga bisa menemukan kode yang menjelaskan tentang tahun pembuatan ban. Misalnya dalam ban yang kamu pilih terdapat kode 3021. Artinya ban tersebut dibuat pada minggu ketiga puluh pada tahun 2021. 

2. Perhatikan Ketebalan Ban

Yang kedua, perhatikan ketebalan ban. Usahakan kamu memilih ban yang memiliki tingkat ketebalan cukup tinggi. Tujuannya agar ban tersebut lebih awet dan bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama. 

3. Pilih Desain Ukuran yang Sesuai Kebutuhan

Selanjutnya, pilih ban dengan desain alur yang cocok karena desain alur ini punya pengaruh pada gesekan ban dengan aspal. Jika kamu sering melewati jalan yang agak panas, sebaiknya pilih ban dengan alur banyak guratan. 

Sementara jika kamu sering melewati jalanan yang basah sebaiknya gunakan ban yang desain alurnya membentuk seperti huruf V. Dan untuk kamu yang sering berkendara ke jalan bergelombang, bisa memilih ban dengan alur tapak bulat. 

Tips Memilih Knalpot mobil

Untuk memilih knalpot mobil, kamu bisa mengikuti tips berikut ini: 

1. Perhatikan bahan knalpot

Dibanding besi, sebaiknya kamu pilih knalpot yang terbuat dari stainless steel karena lebih kuat dan tahan karat. Di sisi lain knalpot dari besi biasanya membuat kotoran dari gas buang menumpuk. Jika ingin knalpot yang kualitasnya lebih bagus, kamu bisa memilih knalpot berbahan dasar titanium. 

2. Sesuaikan diameter knalpot dengan kapasitas silinder mesin

Diameter knalpot yang sesuai dengan kapasitas silinder mesin dapat menghasilkan tarikan mesin yang lebih baik, karena itu penting untuk mengetahui berapa kapasitas silinder mesin mobilmu. Jika kamu tidak mengetahuinya, lebih baik menyerahkan kepada teknisi bengkel mobil langgananmu. 

Tips Memilih Bengkel Cat Mobil Terdekat

Selain bengkel service mobil, kamu juga pasti akan membutuhkan jasa bengkel cat mobil terdekat. Agar kamu bisa mengetahui kualitasnya, berikut beberapa tips memilih bengkel cat mobil yang bisa kamu ikuti: 

1. Fasilitas

Pertama cek seluruh fasilitas yang ada pada bengkel tersebut. Mulai dari bangunan, tempat parkir, sampai mesin oven yang digunakan. Mesin oven yang baik akan mempengaruhi kualitas pengecatan yang dilakukan di bengkel tersebut. 

2. Kebersihan

Selanjutnya perhatikan apakah bengkel tersebut menjaga kebersihan tempatnya. Karena kebersihan bengkel juga dapat berpengaruh pada kualitas permukaan cat nantinya. Biasanya, bengkel cat yang berkualitas memisahkan tempat pengecatan dengan pemolesan dalam jarak yang lumayan jauh. 

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari debu dari tempat pemolesan yang berpotensi merusak cat.

Baca juga: Panduan Lengkap Seputar Mobil dan Motor

3. Garansi

Bengkel yang berkualitas dan terpercaya selalu menawarkan jaminan cat akan bertahan lebih dari 6 bulan. Hal ini penting karena bengkel tersebut menjamin cat yang mereka gunakan juga berkualitas tinggi. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download