Tutorial Cek Resi Tokopedia dengan Cepat dan Mudah

06 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 10 Jan 2022

Rutinitas rutin setelah belanja online di marketplace seperti Tokopedia adalah melacak pesanan kita sudah sampai di mana. Dalam sehari mungkin kita bisa tiga kali membuka smartphone untuk cek resi Tokopedia.

Aktivitas belanja online melalui Tokopedia memang sudah jadi hal yang umum. Akan tetapi mungkin masih ada yang belum tahu cara melacak pesanan yang sudah dibeli. Karena itu dalam artikel kali ini Kredit Pintar akan membahas tentang cara cek resi Tokopedia secara lengkap.

Baca juga: Inilah Cara Melihat Tipe Laptop dengan Mudah

Perlu diketahui bahwa untuk melacak resi pesanan bisa dilakukan dengan tiga cara yaitu melalui aplikasi dan website Tokopedia langsung serta melalui jasa cek resi gratis yang disediakan oleh pihak ketiga.

Cara cek resi Tokopedia di hp melalui aplikasi Tokopedia

Untuk melacak resi Tokopedia di hp, kamu bisa melakukannya dengan aplikasi Tokopedia langsung. Berikut ini langkah-langkah nya:

Buka aplikasi Tokopedia

Pertama kamu harus membuka aplikasi Tokopedia terlebih dahulu. Pastikan juga kamu sudah login menggunakan akun pribadi mu. Jika sudah, selanjutnya tekan menu “Transaksi” yang ada di pojok kanan bawah layar hp mu.

Transaksi, Detail Pesanan, dan Detail Status

Setelah masuk ke menu “Transaksi” selanjutnya kamu bisa menekan belanjaan yang mau kamu lacak. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke “Detail Pesanan” di mana terdapat beberapa informasi seperti Nomor Resi, Invoice, Tanggal Pembelian, dan juga Detail Produk.

Di bagian ini, untuk melihat nomor resi, tekan bagian “Lihat Detail” di samping tulisan “Tiba di Tujuan”. Setelah itu kamu akan sampai di menu “Detail Status” yang menampilkan informasi lengkap tentang paket belanjaan dan perjalanannya.

Cara resi tokopedia dengan pc/laptop di website tokopedia

Untuk mengecek tokopedia dengan pc/laptop kamu dapat melakukannya melalui website resmi Tokopedia. Yuk simak penjelasan lengkap langkah-langkahnya:

Buka website Tokopedia

Langakh pertama buka website Tokopedia di alamat www.tokopedia.com, lalu login dengan akun yang kamu miliki. Caranya klik tombol “Login” yang ada di pojok kanan atas layar pc/laptop mu.

Ikon notifikasi

Setelah berhasil login, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah menekan ikon “notifikasi” yang bergambar lonceng. Letaknya ada di atas, berdempetan dengan ikon “belanja” dan “pesan”.

Saat kamu memilih ikon “notifikasi” kamu akan melihat beberapa pilihan seperti “Transaksi” dan “Update”. Pilih menu “Transaksi” untuk melihat informasi paket belanjaan yang kamu inginkan. Caranya dengan klik tombol “Lihat Semua” yang terletak tepat di sebelah kanan.

Daftar Transaksi dan Detail Transaksi

Dari situ kamu akan dialihkan ke menu “Daftar Transaksi” yang memuat detail tentang semua produk yang yang sedang dalam perjalanan atau yang telah sampai ke alamat rumahmu. Pilih pesanan yang ini kamu lacak keberadaannya di sini.

Caranya tinggal klik tombol “Lihat Detail Transaksi” yang ada di samping produk yang ingin kamu lacak keberadaannya.

Lacak Paket dan Informasi Paket

Kemudian akan muncul sebuah “pop up” yang berisi berbagai informasi. Di sini kamu bisa memiliki tombol “Lacak”. Setelah itu, kamu bisa melihat informasi real time dari paket belanjaan mu secara lengkap.

Baca juga: Vivo V23e: Smartphone Elegant, Spesifikasi Mumpuni

Cara cek resi Tokopedia melalui pihak ketiga

Selain melalui aplikasi dan website, kamu juga bisa memanfaatkan pihak ketiga untuk cek resi Tokopedia. Pihak ketiga di sini adalah website resmi layanan pengiriman yang kamu gunakan atau website cek resi yang lain.

Cek resi tokopedia melalui website layanan pengiriman

Sampai sekarang, ada 10 layanan pengiriman yang bisa kamu gunakan saat belanja online di Tokopedia. Masing-masing memiliki website-nya sendiri, berikut ini adalah daftar nama kurir dan link untuk cek resinya.

JNE: https://www.jne.co.id/en/tracking/trace 

TIKI: https://www.tiki.id/id/tracking

J&T: https://jet.co.id/track 

AnterAja: https://anteraja.id/tracking 

Sicepat: https://www.sicepat.com/checkAwb 

NinjaExpress: https://www.ninjaxpress.co/en-id/tracking 

GoSend: Melalui aplikasi langsung 

GrabExpress: Melalui aplikasi langsung 

Wahana Logistic: https://www.wahana.com/ 

Pos Indonesia: https://www.posindonesia.co.id/id/tracking

Untuk melacak resi paket belanjaan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Salin nomor resi paket belanjaan mu dari aplikasi tokopedia
  • Buka website layanan pengiriman yang kamu gunakan melalui link di atas
  • Tempel nomor rosi yang sudah kamu salin sebelumnya
  • Tekan tombol “cari”

Kamu bisa melacak sesuai dengan jasa pengiriman barang yang kamu pilih saat membeli barang di tokopedia. Dengan begitu kamu sudah bisa melihat informasi lengkap keberadaan paket belanjaanmu.

Cara cek resi Tokopedia bagi penjual (Seller)

Selain pembeli, seller juga harus selalu update tentang posisi barang pesanan dari pembeli. Hal ini untuk memastikan barang sampai dengan selamat ke tangan pemiliknya.

Selain itu, penjual bisa memberikan respon cepat kepada pembeli jika terjadi dalam masalah pengiriman. Seperti tiba-tiba dikembalikan ke alamat penjual, paket terlalu lama diam di satu titik, atau salah alamat pengiriman.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengecek resi Tokopedia bagi penjual (seller):

Cek resi melalui aplikasi Tokopedia Seller

Selain aplikasi Tokopedia untuk belanja, ada juga aplikasi khusus penjual yang bernama “Tokopedia Seller”. Setiap orang yang menjual barang di Tokopedia pasti memiliki aplikasi nya.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Tokopedia Seller.

Setelah itu, klik menu “pesanan” yang berada di bawah layar hp

Lalu pilih produk yang ingin dilacak nomor resinya

Terakhir, tekan tombol “Lacak” yang berada di bawah layar

Cek resi melalui website Tokopedia seller

Penjual juga bisa melakukan pengecekan nomor resi melalui website khusus penjual di alamat seller.tokopedia.com

Di sini kamu bisa mengontrol banyak hal yang berkaitan dengan produk yang kamu jual di Tokopedia, salah satu nya melacak nomor resi. Langkah-langkahnya adalah:

Buka website seller.tokopedia.com

Klik menu “Pesanan” yang ada di sebelah kanan layar. Tepatnya di bawah menu “Produk”

Pilih tombol “lacak” yang ada di setiap daftar produk yang dibeli oleh konsumen.

Mudah, bukan? Setiap pembeli dan penjual bisa mengecek resi Tokopedia dengan cara yang sudah dijelaskan di atas. Dijamin 100% berhasil dan bisa dilakukan kapan saja. Jika paket b belanjaanmu mengalami masalah dalam pengiriman, sebaiknya hubungi CS Tokopedia dan CS layanan pengiriman yang kamu pilih.

Baca juga: 3 Cara Cek Resi JNE yang Mudah, Cepat dan Akurat

Tujuannya agar kamu mengetahui dengan pasti apa penyebab dari masalah yang sedang terjadi. Dan tentu saja kamu akan mendapatkan jawaban yang lebih lengkap dari kedua belah pihak.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Jan 2022
mobile-closeKredit PintarDownload