Cara Menggunakan OVO Paylater Paling Mudah

28 Sep 2021 by Laruan

Paylater menjadi salah satu fasilitas yang dimiliki oleh beberapa e-money dengan cara memberikan pinjaman kepada pengguna dengan pembayaran di lain waktu. Paylater ini memberikan berbagai kemudahan, khususnya ketika pengguna sedang butuh uang atau belanja barang dalam waktu secepatnya. OVO menjadi salah satu e-money yang memiliki faslitas paylater ini. Di OVO Paylater, Anda dapat melakukan kredit hingga Rp1.000.000 dengan pembayaran dilakukan pada akhir bulan. Lalu bagaimana cara menggunakan OVO Paylater ini?

Cara Menggunakan OVO Paylater Paling Mudah

Cara menggunakan OVO Paylater ini pastinya sangat mudah karena bisa langsung dilakukan dari smartphone Anda. Anda dapat membaca penjelasan cara menggunakan OVO Paylater ini di bawah ini, namun sebelum itu yuk simak beberapa informasi terkait OVO dan OVO Paylater yang ada di bawah ini:

Pengertian OVO dan OVO Paylater

OVO merupakan salah satu e-money atau uang elektronik yang tidak asing di Indonesia. OVO sendiri adalah uang elektronik yang akan memberikan kemudahan kepada para penggunanya untuk bertransaksi secara cashless dan membeli berbagai kebutuhan di merchant yang telah bekerja sama dengan OVO.

Dengan keberadaan OVO ini, pengguna tidak perlu menyediakan uang cash karena semua transaksi dapat langsung dilakukan dari smartphone Anda. Sedangkan OVO Paylater merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh OVO yang akan memberikan pinjaman kepada pengguna dengan pembayaran dilakukan pada akhir bulan.

Dengan fitur paylater dari OVO ini, Anda dapat melakukan berbagai transaksi di merchant yang bekerja sama dengan OVO untuk membeli berbagai kebutuhan tanpa harus menyediakan uang terlebih dahulu.

Cara Menggunakan OVO

Cara Menggunakan OVO Paylater Paling Mudah

Berikut cara menggunakan OVO yang dapat Anda ikuti:

Cara Daftar OVO

Sebelum Anda bisa melakukan top-up OVO, Anda harus melakukan instal aplikasi OVO dan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran OVO ini cukup mudah karena Anda cukup memasukan nomor HP dan email. Nomor HP yang Anda gunakan untuk mendaftar ini nantinya akan digunakan sebagai rekening Anda tempat Anda bisa menerima transfer atau top-up.

Cara Top-Up OVO 

Sedangkan untuk top-up, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi OVO yang ada di smartphone Anda;
  2. Pilihlah menu Top Up;
  3. Setelah masuk ke menu Top Up, pilih dan tab Metode Lain;
  4. Ada berbagai pilihan metode top-up yang dapat dipilih, mulai dari Kartu Debit, ATM, Internet/Mobile Banking, Booth, Grab, hingga Tokopedia.
  5. Setelah memilih metode, Anda akan mendapatkan petunjuk untuk melakukan top-up sesuai metode yang telah dipilih.

Cara Cek Saldo OVO 

Untuk melakukan cek saldo OVO, Anda cukup membuka aplikasi OVO yang ada di smartphone Anda. Pada halaman home atau beranda aplikasi, saldo yang Anda miliki di sana akan terlihat, yaitu terdiri dari OVO Cash dan OVO Point yang Anda miliki.

Cara Bertransaksi Menggunakan OVO 

Untuk bertransaksi menggunakan OVO, ada berbagai pilihan yang bisa Anda gunakan, yakni scan kode QR, scan barcode, memasukan nomor ponsel, hingga untuk membayar parkir. Berikut penjelasan lebih lengkap cara menggunakan OVO ini:

  1. Scan Kode QR 

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan OVO adalah dengan cara scan kode QR. Untuk melakukannya Anda cukup buka aplikasi OVO dan pilih menu Scan. Kemudian tunjukan ke kasir kode QR untuk melakukan pembayaran, setelah itu akan ada notifikasi pembayaran, dan Anda menyetujui pembayaran tersebut dengan memasukan kode keamanan OVO yang Anda miliki.

  1. Scan Barcode

Cara kedua adalah dengan melakukan scan barcode. Cara ini kurang lebih sama seperti scan kode QR, bedanya terletak pada pilihan menu yakni untuk scan barcode pilih menu OVO ID. Setelah itu berikan kepada kasir untuk proses scanning dan konfirmasi pembayaran dengan memasukan kode keamanan OVO Anda.

  1. Memasukan Nomor Ponsel

Untuk pembayaran dengan memasukan nomor ponsel ini cukup mudah dan biasanya digunakan untuk pembayaran langsung melalui ponsel atau smartphone. Anda cukup memasukan nomor ponsel yang terdaftar untuk OVO dan konfirmasi dengan memasukan kode keamanan atau password OVO Anda.

  1. Untuk Membayar Parkir

Selain untuk pembayaran di berbagai merchant, OVO juga dapat Anda gunakan untuk membayar parkir. Anda cukup masuk ke aplikasi, pilih scan tiket parkir, pilih pembayaran dengan OVO Cash atau OVO Point, dan konfirmasi pembayaran dengan memasukan kode keamanan OVO Anda.

Fitur-Fitur OVO 

Ada berbagai fitur yang dimiliki oleh OVO, apa saja?

  1. Home 

Home merupakan tampilan pertama yang akan Anda lihat ketika membuka aplikasi OVO. Di sini Anda dapat melihat saldo OVO Cash dan OVO Paint, serta menu-menu untuk melakukan transaksi di OVO.

  1. Transfer

Transfer merupakan salah satu fitur yang akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengirim uang ke sesama pengguna OVO atau rekening bank.

  1. Scan

Scan ini digunakan untuk melakukan scan QR code yang biasanya dibutuhkan untuk pembayaran dengan metode scan kode QR.

  1. OVO ID

Hampir mirip dengan fitur Scan, OVO ID juga digunakan untuk pembayaran di merchant namun ini dengan scan barcode.

  1. Deals

Deals merupakan fitur yang akan menampilkan berbagai promo menarik yang dimiliki oleh OVO. Promo menarik ini antara lain Cashback Lagi dan Lagi, Kolom Kebahagiaan, Yang Favorit Dan Irit, dan kategori Nikmat Dunia Lainnya.

  1. Finance

Finance merupakan fitur yang dapat Anda gunakan untuk berinvestasi yang akan memberikan keuntungan sebesar 7% per tahun dengan minimal investasi Rp10.000. Di fitur ini Anda juga dapat mengatur budget bulanan Anda dengan aplikasi OVO ini.

  1. Wallet

Wallet merupakan fitur dimana Anda dapat melihat kartu keanggotan OVO Anda.

  1. History

Ingin melihat seluruh transaksi Anda selama menggunakan OVO? Anda dapat melihatnya di fitur History ini.

  1. Paylater

Terakhir dan paling terbaru yakni fitur Paylater OVO dimana Anda dapat mengajukan pinjaman dengan pembayaran dilakukan pada akhir bulan. Anda harus melakukan pendaftaran untuk menggunakan fitur ini.

Cara Daftar OVO Paylater

Cara daftar OVO Paylater cukup mudah, Anda cukup menyiapkan KTP dan Anda berada di daerah yang telah bergabung dengan OVO Paylater, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Bandung, Bekasi, Malang, Makassar, dan Palembang. Daftar ini dapat juga dilakukan melalui aplikasi Tokopedia. Untuk langkah daftar, berikut penjelasannya:

  1. Pilih menu Aktifkan Ovo Paylater;
  2. Kemudian pilih Aktifkan Sekarang;
  3. Masukan kode verifikasi;
  4. Upload foto selfie;
  5. Isi data diri yang diminta;
  6. Tunggu hingga pengajuan OVO Paylater disetujui.

Cara Menggunakan OVO Paylater

Setelah mendaftar dan pengajuan OVO Paylater disetujui, Anda dapat menggunakan OVO Paylater ini untuk berbagai transaksi di Tokopedia. Berikut cara menggunakan OVO Paylater di Tokopedia:

  1. Lakukan belanja di aplikasi Tokopedia;
  2. Pilih produk yang ingin Anda beli;
  3. Pada saat memilih metode pembayaran, pilih OVO Paylater;
  4. Masukan kode keamanan dan cek tagihan setiap tanggal 27 setiap bulan melalui aplikasi OVO.

Itulah penjelasan mengenai cara menggunakan OVO Paylater. Cara menggunakan OVO Paylater ini sangat mudah namun Anda tetap harus menggunakan sebaik mungkin. Jangan sampai salah langkah dan membuat finansial Anda menjadi berantakan. Selain OVO Paylater, Anda juga bisa mengajukan pinjaman online di Kredit Pintar. Kredit Pintar sudah terdaftar dan diawasi OJK jadi terjamin aman.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload